Cheese Tea! Minuman yang Lagi Nge-Hits Ini Patut Kamu Coba!

Apr 12, 2018 by Larissa

Dua kata ini mungkin enggak pernah kamu dengar berdampingan sebelumnya: teh dan keju. Yup, minuman unik yang terdengar janggal ini sekarang sedang digemari. Enggak hanya di Jakarta, tapi di banyak belahan dunia, loh. Untuk kamu yang belum tahu, tenang saja. Ketahui berbagai hal tentang cheese tea, sekaligus cara membuatnya di sini.

 

Apa itu cheese tea?

cheese tea kekinian img
Shutterstock

Teh bisa dikombinasikan dengan hampir apa saja. Kalau teh bisa dicampur dengan susu, buah, bubbles dan aneka campuran lainnya, kenapa keju tidak bisa? Sesuai dengan namanya, cheese tea adalah teh yang dicampur dengan keju. Terdengar menjijikkan? Eits, keju yang dimaksud di sini bukanlah keju sembarangan, melainkan cream cheese dengan konsistensi yang lembut dan kental. Krim yang memiliki rasa asin dan manis sekaligus ini memang paduan yang cocok untuk teh. (Baca juga: 6 Minuman Kekinian Yang Ngehype dan Instagrammable)

 

Dari mana asal cheese tea?

cheese tea minuman ringan img
Shutterstock

Menurut Food Network, cheese tea berasal dari Taiwan dan kepopulerannya mulai naik beberapa tahun terakhir ini. Di Cina, orang sampai rela antri berjam-jam untuk meminum minuman segar nan unik ini. Menurut orang Cina, cara meminum cheese tea itu bukanlah diaduk lalu diminum memakai sedotan. Cara meminumnya yang benar adalah dengan tidak mengaduk dan mencampur kejunya, lalu minum langsung dari gelasnya tanpa menggunakan sedotan. Dengan begitu, kamu akan merasakan dua lapis rasa. Kejunya lebih dulu, baru tehnya. (Baca juga: Restoran di Jakarta Yang Punya Minuman Butterbeer, Minuman Favorit Harry Potter!)

 

Cara membuat cheese tea

cheese tea enak img
Shutterstock

Bahan untuk lapisan krim keju:

1. 250 ml UHT whip cream
2. 30 gr krim keju
3. 30 gr bubuk krim keju
4. 100 ml susu segar (full cream)
5. Sedikit garam
6. 50 gr gula

Untuk membuat cheese tea, mungkin bagian yang sedikit tricky adalah bagian membuat kejunya. Jadi, pertama-tama, kamu bisa buat tehnya lebih dulu. Buatlah teh seperti biasa, yaitu seduh teh dengan air panas lalu berikan gula sesuai selera. Setelah itu, kamu bisa masukkan teh ke dalam kulkas.

Setelah teh selesai, kamu bisa mulai membuat krim kejunya. Pertama, pastikan semua bahan dalam keadaan dingin. Masukkan krim keju, bubuk krim keju, dan susu segar ke dalam mangkuk, lalu mix menggunakan whisk. Setelah memastikan ketiga bahan larut menjadi satu, tambahkan whip cream, gula, dan garam ke dalam adonan krim keju. Kocok terus krim keju hingga mengental. Setelah itu, tutup mangkuk dengan plastik, lalu diinginkan di lemari pendingin.

Setelah teh dan krim keju menjadi dingin, keluarkan keduanya dari kulkas. Tuangkan teh pada gelas yang tinggi, lalu dengan perlahan tambahkan krim keju di atas teh tersebut. Setelah itu, minuman cheese tea siap untuk dicoba!

Related Articles