Cari Jodoh Online: Membuka Kesempatan Tapi Takut Penipuan

Jul 20, 2017 by carmelw

Cari jodoh online, ibarat memilih kucing dalam karung. Benar nggak sih?

Di jaman serba canggih, semua hal bisa diusahakan secara online, termasuk urusan mencari jodoh. Banyak sekali situs jodoh online yang memanfaatkan adanya media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Bahkan ada juga aplikasi berbasis android yang memberikan layanan serupa.

Pernah dengar tentang aplikasi Tinder?  Ini adalah sebuah aplikasi kencan yang nggak cuma populer di Indonesia, bahkan di berbagai negara di dunia. Aplikasi ini mengambil data berdasarkan foto, lokasi bahkan teman-teman yang memiliki hubungan denganmu. Jika kamu dan seseorang di seberang sana sama-sama tertarik, maka hasilnya akan disebut match. Pada dasarnya sih penilaian pertama para user yang menggunakan aplikasi ini berdasarkan penampilan di foto yang juga belum tentu jelas kebenarannya. 

Oleh sebab itu yang perlu diingat, tetap waspada dengan adanya berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Berbagai kasus kriminal seperti penipuan, penculikan seringkali menimpa orang yang sedang mencari pasangan secara online.

So, bagaimana caranya cari jodoh online yang aman di dunia maya? Dan bagaimana sih caranya menekan resiko agar jangan sampai bertemu dengan penjahat cyber atau orang yang memanfaatkan kita di dunia maya?

Tips cari jodoh online yang aman

Pilih situs jodoh yang terpercaya

cari jodoh online - buka situs terpercaya img
Sumber: pumpic.com

Misalnya kamu inginmencoba cari jodoh online, pilihlah situs yang terpercaya dan memiliki track record yang baik. Penting sekali untuk mencari informasi terlebih dahulu apakah situs tersebut memiliki reputasi yang baik dan terekomendasi. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pertemuan dengan orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai situs tersebut, dan jangan malu bertanya dengan teman yang lain apabila ada dari mereka yang menggunakan layanan ini.  

Jangan mudah membagikan data pribadi

cari jodoh online
Sumber: cosmo.ru

Sebelum kamu yakin bahwa si dia adalah orang yang bisa dipercaya, jangan sekalipun memberikan alamat rumah, tempat kerja, ataupun informasi apapun yang berhubungan dengan data pribadimu. Usahakan untuk tetap menggunakan fasilitas pertama yang kamu gunakan. Misalnya saling berkirim pesan melalui fasilitas chat di situs tersebut. Jangan pula menggunakan nama lengkap yang memudahkan untuk melacak keberadaanmu. Sebaiknya kamu bersabar sebab semuanya butuh waktu, Girls. 

Realistis dalam membaca profil seseorang

realistis membaca profil picSumber: crosswalk.com

Berkenalanlah secara wajar dengan orang yang baru kamu kenal secara online. Jangan mudah percaya dan langsung kepincut dengan profil seseorang yang belum kamu tahu kebenarannya. Ajaklah dia untuk berinteraksi lebih jauh tetapi tetap menjaga jarak agar tidak terlihat sebagai seorang yang gampangan. Jaga image kadang perlu dilakukan lho. Tapi, yang wajar-wajar saja. Jangan terlalu jual mahal yang berujung calon kandidatmu malah kabur menjauhi.

Berusahalah untuk bersikap realistis dan tidak memaksakan diri saat ia tidak sesuai dengan harapanmu, daripada menyesal di kemudian hari. Hentikan komunikasi sesegera mungkin jika dia sudah menunjukkan karakter yang tidak baik di hadapanmu.

Oh ya, yang juga harus diwaspadai dalam situs cari jodoh online, bahwa siapapun bisa memasang dan memakai foto orang lain serta mengakui sebagai dirinya. Hati-hati ya, Girls

Pertemuan yang aman

cari jodoh online
Sumber: cnn.com

Setelah merasa ada seseorang yang cukup menarik bagimu, tiba saatnya kamu maju ke arah pertemuan langsung dengannya. Saat melakukan kopi darat usahakan di area publik yang ramai dan aman. Pastikan kamu mengajak teman atau setidaknya ada seseorang di antara mereka yang mengetahui pertemuanmu ini.

Waspada itu penting, lho Girls. Sebab kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya. Jika ada hal yang tidak menyenangkan selama kopdar, laporkan pada pengelola situs cari jodoh online tempat kamu berkenalan dengannya. Yang pasti, jangan mudah percaya orang yang belum kamu kenal ya, Girls.

Segera laporkan para scammer 

cari jodoh online - laporkan jika ada scammer pic
Sumber: dirtyandthristhy.com

Bukan nggak mungkin saat sedang apes,  kandidat yang kamu lirik adalah scammer atau penipu cyber. Kalau ini terjadi, segera laporkan mereka pada pengelola situs agar dapat segera diambil tindakan atau bahkan ke pihak berwenang jika sifatnya sudah mengancam.

Biasanya motif ekonomi yang mendasari munculnya para scammer ini. Oleh sebab itu jangan pernah sekalipun dan dengan alasan apapun kamu meminjamkan atau memberikan uang atau materi lain kepadanya. 

Para scammer ini seringkali menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang sukses secara materi. Kata-kata yang mereka gunakan biasanya manis dan penuh rayuan bahkan kadangkala terkesan berlebihan untuk diungkapkan kepada seseorang yang baru dikenalnya. Dan ujung-ujungnya setelah korban terpikat, dengan cara terselubung para scammer ini akan meminta ditransfer sejumlah uang ke rekening tertentu, yang tentu saja semua ini adalah rekayasa. 

Penting untuk diwaspadai terutama untuk para wanita, jangan sekalipun mau jika diminta untuk melakukan hal yang kurang pantas terutama berkenaan dengan norma kesopanan. Jaga benar- benar kehormatan dan harga dirimu sebagai wanita sebelum kamu benar sah dan resmi sebagai seorang istri. Kalau kandidatmu itu orang yang serius dan baik pasti akan  menghargaimu. Percaya deh, Girls.

Nah, Girls sebenarnya cari jodoh online adalah alternatif untuk berkenalan dengan orang baru. Tidak ada yang perlu ditakutkan, selama kita cukup berhati-hati dalam melakukannya. Siapa sangka melalui jalan ini, pria atau wanita idamanmu sedang dipersiapkan di sana. Ya, siapa sangka. 

Related Articles