10 Cara Tak Terduga Untuk Membersihkan Tubuh Kita Dari Racun (Detoks)

Mar 13, 2018 by Alifah Puarada

Begitu banyak racun dan zat berbahaya lainnya yang bertebaran di tempat kita tinggal ini dan membuat kita rentan terhadap efeknya. Ada racun kimiawi lewat makanan, udara bahkan dari hal-hal yang tiap hari kita pegang. Smartphone, Uang, dan banyak lagi. Ada pestisida, merkuri, bahkan uranium pun berkontribusi terhadap kemerosotan kesehatan kita. Oleh karena itu penting sekali untuk mendetoks atau membersihkan tubuh kita dari racun. Nah berikut ini adalah beberapa hal simple dan bahkan nggak kamu duga, yang dapat membersihkan tubuh dari racun.

10 Cara Membersihkan Tubuh Dari Racun

 

#1 Belajar Cara Membuat Detox Smoothies

Mengubah kebiasaan makanmu mungkin akan sangat efektif untuk membersihkan tubuh. Kita adalah apa yang kita makan. Tubuh kita akan bereaksi terhadap makanan yang kita asumsi. Mengkonsumsi banyak serat makanan akan membantu memperbaiki pencernaanmu dan membantu membersihkan sistem tubuh kita secara alami.

Cara paling gampang? Belajarlah dan mulai membiasakan diri membuat smoothies dengan buah dan sayuran atau makanan probiotik seperti kefir dan yogurt. Kamu bisa bereksperimen dengan ramuannya. Pastikan semuanya belum dimasak dan natural. Jangan lupa dicuci ya sebelum dikonsumsi.

membersihkan tubuh detox smoothies img
Source : pixabay.com

#2 Jadikan Makanan Probiotik Sebagai Makanan Favoritmu

Sistem pencernaan kita dan seberapa baik kerjanya adalah kunci utama dari proses detoksifikasi. Untuk memudahkan fungsi perut dan usus, konsumsilah makanan probiotik. Salah satu makanan kaya probiotik adalah kefir atau yogurt. Pastikan kamu mengkonsumsinya sekali sehari dan sistem pencernaanmu akan sangat berterima kasih.

#3 Sauna dan Olahraga

Berkeringat adalah cara alami membersihkan tubuh dari racun. Semakin banyak kamu berkeringat, semakin “bersih” lah kamu. Kamu bisa pergi ke sauna dan berkeringat. Tapi ada baiknya konsultasikan dengan dokter sebelum pergi. Karena ada beberapa orang yang punya masalah kesehatan dan sangat tidak dianjurkan terkena paparan suhu tinggi.

Cara lain untuk berkeringat? Ya pastinya dengan olahraga dong. Pilih olahraga yang paling sesuai untukmu. Jangan lupa mandi sesudahnya untuk membersihkan kulit dari semua keringat ya.

#4 Coba Puasa Dari Waktu ke Waktu

Kita makan dan makan setiap hari.  Dan sebagian besar yang kita makan adalah makanan olahan dan gula. Puasa satu dua hari (atau bagi yang muslim Senin Kamis) bisa membantu membersihkan tubuh kita dari zat berbahaya. Kamu juga bisa menyiapkan dirimu untuk diet yang lebih sehat dengan menurunkan nafsu makanmu.

#5 Morning Coffee? No. Green Tea? Yes.

membersihkan tubuh green tea gbr
Source : pixabay.com

Kopi, apalagi yang tanpa filter, mengandung cafestol, sebuah molekul diterpenoid yang bisa meningkatkan kadar kolestrol. Hindari penumpukan kolestrol jahat dan beralih minum green tea atau teh herbal lainnya.

#6 Bersihkan Udara Sekitar Dari Racun

Racun dan zat berbahaya lainnya bisa masuk ke rumah melalui jendela dan bukaan lainnya. Jadi untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan Air Purifier. Jangan lupa juga membersihkan perabotan dan mengepel lantai secara teratur.

#7 Makan Makanan Organik

Makanan organik mulai dari Buah-buahan, Sayur-sayuran, bahkan daging yang tumbuh besar tanpa menggunakan pestisida atau antibiotik. Dengan makan makanan organik, kamu akan memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu sistem pencernaanmu bekerja dengan lebih baik dalam menghilangkan unsur-unsur racun yang tidak diperlukan tubuh. Makanan olahan juga tidak akan memberikasn nutrisi sebanyak makanan organik. Kalo bisa, beli makanan dari petani setempat. Lebih murah dan jadi tambah kenalan dong.

membersihkan tubuh makanan organik image
Source : pixabay.com

#8 Hindari Gula dan Pemanis Buatan

Gula olahan dan pemanis buatan menghalangi metabolisme alami tubuh dan membuat terlalu banyak glukosa dalam darah. Terciptalah lingkaran setan yang menyebabkan kenaikan berat badan, dan meningkatkan kesempatan kita untuk terkena diabetes dan penyakit jantung.

Gantilah pemanismu dengan gula organik, madu, sirup maple dan pemanis sehat lainnya. Kamu akan merasakan dimana tubuh tidak akan craving gula lagi.

#9 Minum Banyak Air Putih

Minum air putih adalah cara paling alami untuk “membilas” racun dalam tubuh. Semakin banyak kamu minum air putih semakin bersih tubuhmu. Kamu juga bisa menambahkan 2sdm cuka apel ke dalam 1 gelas air putih. Minum setiap pagi dan kamu akan merasakan manfaatnya.

#10 Activated Charcoal

Activated Charcoal (arang aktif) pada dasarnya adalah sisa-sisa kayu bakar, puing-puing atau tempurung kelapa yang tidak mengandung oksigen dan punya daya serap yang tinggi. Ini akan menyerap sebagian besar racun, logam berat dan zat berbahaya lainnya dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum pilnya sebelum mengkonsumsi makanan.

Related Articles