Cara Mudah Konsumsi Chia Seed yang Super Sehat

Aug 09, 2017 by Karina Mustika

Sudah pada dengar belum tentang Chia Seed? Walaupun bentuknya sangat kecil namun biji ini memiliki banyak manfaat lho girls. Berikut sedikit info tentang biji Chia yang perlu kamu tahu. Biji ini memiliki bentuk oval kecil berwarna hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Banyak orang salah mengira Chia sama dengan biji Selasih, karena memang Selasih yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Cara membedakannya dapat dilakukan dengan melihat warnanya, jika biji Selasih hitam pekat dan polos, Chia memiliki beberapa warna diatas dan terdapat motif seperti sisik jika dilihat dari dekat.

Nutrisi yang terkandung dari Chia Seed meliputi Omega 3, antioksidan, kalsium, magnesium, zat besi, mangan, fosfor, dan seng. Tidak heran kan kalo biji satu ini sering disebut sebagai “Super Chia” karena bentuknya yang kecil tapi memiliki banyak sekali manfaat. Cara mengonsumsi Chia juga tidak sulit kok, ikuti cara-cara ini agar kamu dapat manfaat dari biji ini.

Chia Seed Smoothies

Chia seed
Sumber: huffingtonpost.ca

Kamu sudah sering membuat smoothies, kali ini coba tambahkan biji Chia dengan buah-buahan beku seperti strawberry dan pisang. Kamu juga bisa menambahkan topping Chia lagi di atasnya untuk mendapatkan tekstur renyah.

Chia Seed Tea

Chia seed
Sumber: wikihow.com

Tambahkan ke dalam apupun teh favoritmu seperti teh melati, teh hijau, teh krisan, atau teh lainnya.

Chia Seed Salad

Chia seed
Sumber: dominfo.ba

Salad sayur maupun salad buah bisa menjadi pilihan untuk menambahkan biji Chia di atasnya. Selama kamu tidak mencampur Chia menjadi satu dengan buah atau sayuran tersebut, kamu masih akan tetap merasakan renyahnya biji tersebut.

Chia Seed Sereal

Chia seed
Sumber: vitacost.com

Bagi kamu yang senang sarapan pagi dengan sereal, Chia juga dapat kamu masukkan ke mangkuk serealmu. Topping kacang-kacangan favoritmu dan sedikit buah juga akan membuat sarapanmu makin bernutrisi girls.

Chia Seed Pudding

Chia seed
Sumber: kitchen.nutiva.com

Hmmm keliatannya lezat kann.. Kamu cukup mencampurkan susu skim atau susu kedelai, madu, coklat bubuk, dan tentu saja biji Chia. Diamkan semalaman di dalam kulkas dan nikmati keesokan hari sebelum beraktifitas.

Chia Seed Oatmeal

Chia seed
Sumber: naturalchow.com

Buat yang doyan sama oatmeal, Chia juga bisa kamu tambahkan dengan oatmeal lho. Cukup aduk rata dengan oatmeal yang sudah siap makan, diamkan 30 menit lalu tambahkan dengan peanut butter kesukaanmu. Yum!

Related Articles