5 Cara Mewarnai Rambut Secara Alami dan Menjaganya Tetap Sehat

Jan 11, 2018 by Alifah Puarada

Sebagai wanita sudah alami kalau kita pengen nyoba-nyoba berbagai hal yang berhubungan dengan kecantikan termasuk rambut. Mulai dengan model dan style yang berbeda, pernak pernik rambut dan juga warna warni yang membuat hidup kita lebih berwarna. Untuk mendapatkan warna rambut yang berbeda kita awam dengan pewarnaan rambut secara kimiawi. Teorinya kita pergi ke salon favorit kita, berbincang dengan stylist dan melakukan proses dye. Keuntungannya, kita bisa mendapatkan hasil yang tampak lebih nyata. Kerugiannya? Semua proses chemical tersebut membuat rambut rusak dan kering. Butuh beberapa bulan untuk mengembalikan kilau rambut kita.

NOTE : Secara alamiah mewarnai rambut yang dimaksud disini adalah membuat warna rambut lebih terang karena rambut wanita Indonesia yang pada umumnya bewarna hitam.

Membuat warna rambut lebih terang artinya menghilangkan pigmen warna dari rambut kita, artinya rambut kita bakal jauh lebih rapuh dan kering dari biasanya. Untuk mengatasinya, selalu jaga rambut kita agar tetap lembab. Selalu ingat untuk menggunakan Conditioner atau Leave-In Conditioner dan masker rambut seminggu sekali.

Baca juga : 3 Cara Mengembalikan Kilau Rambut Alamimu

Kalau kamu masih belum siap untuk melakukan Bleaching di salon, berikut beberapa DIY’s yang bisa kamu lakukan untuk membuat warna rambutmu lebih terang. Ingat, karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami, hasil yang kamu dapatkan tidak akan instant. Kamu harus melakukan proses ini beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

5 Cara Mewarnai Rambut Secara Alami

1. Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Madu

Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Madu pic
Source : pixabay.com

Yang kamu butuhkan disini adalah Madu Asli bukan madu kemasan yang sudah banyak campuran kimianya. Usapkan madu sebanyak-banyaknya pada rambut basah dan biarkan madu pada rambut selama beberapa jam sampai semalaman. Setelah itu bilaslah dengan air dingin.

Baca juga : 5 Hal Wajib Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

2. Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Chamomile

teh chamomile img
Source : pixabay.com

Buatlah teh chamomile yang sangat pekat, lalu bilas larutan ke rambut yang kering. Biarkan kering, kalau bisa biarkan kering di paparan sinar matahari. Setelah itu bilas dengan air bersih. Kamu nggak usah menggunakan shampoo dan conditioner setelahnya.

3. Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Kayu Manis

Source : pixabay.com

Kamu bisa mencampurkan beberapa sendok bubuk kayu manis dengan conditioner atau madu asli sampai mendapatkan pasta kental. Usapkan pada rambut yang lembab lalu biarkan kering (sebaiknya dengan paparan matahari). Kayu manis disini berguna sebagai agen pencerah.

4. Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Lemon

Source : pixabay.com

Ambil sari buah Lemon dan campurkan dengan air dengan perbandingan 1:1/4. Kalo kamu menggunakan 1 cangkir sari buah Lemon maka kamu butuh 1/4 cangkir air. Semprotkan pada rambut dan biarkan kering. Usahakan rambut mendapatkan cahaya matahari selama proses pengeringan. Lalu bilas dengan air bersih dan gunakan conditioner setelahnya.

Baca juga : Makin Bersinar Dengan 7 DIY Krim Pencerah Wajah Alami Ini

5. Mewarnai Rambut Secara Alami dengan Sunshine

Kamu sudah pasti menyadari bahwa sinar matahari sangat berperan penting disini. Dalam semua proses diatas, sinar matahari membantu membuat proses jadi lebih efektif. Ini karena sinar matahari mempunyai efek bleaching alami pada rambut.

 

Related Articles