Cara Ampuh Mengontrol Rasa Cemas Yang Berlebihan

Apr 14, 2018 by Karina Mustika

Menghadapi saat-saat penting dalam kehidupan memang membuat kita menjadi cemas dan khawatir. Tidak jarang jika kecemasan tersebut berubah menjadi ketakutan. Yang menjadi berbahaya jika kamu memiliki rasa cemas yang berlebihan. Ciri-cirinya biasanya adalah selalu menghawatirkan hal-hal kecil, mudah panik, dan terburu-buru.

Jika ciri tersebut semua ada di kamu, maka sudah saatnya kamu perhatikan dan mulai mengontrol perasaan tersebut. Karena rasa cemas yang berlebihan dapat berdampak buruk baik bagi kesehatan mental dan fisikmu. Contohnya seperti menurunkan kualitas tidur, sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan resiko terhadap stres. Gak mau kan mengalami itu semua? So, baca dari Miignon berikut ini ya girls!

Cara untuk mengontrol rasa cemas yang berlebihan

cemas yang berlebihan
Image: shutterstock.com

Beri waktu khusus untuk rasa cemasmu

Agar kamu gak terus-terusan cemas dan khawatir, maka buat waktu dimana kamu bisa memikirkan semua hal tentang masalahmu. Misalnya selama 30 menit per hari. Jadi jika kamu mencemaskan sesuatu diluar waktu tersebut, kamu harus segera mengalihkan pikiran ke hal lain. Dan selama waktu tersebut, kamu juga harus berusaha untuk menemukan solusi dari kekhawatiranmu.

Tuliskan kekhawatiranmu

Membiarkan semua emosimu tertuang diatas kertas merupakan salah satu cara ampuh untuk mengurangi kekhawatiran. Karena menulis sama seperti mengosongkan rasa takut dari pikiranmu. Terutama saat kamu akan menghadapi hal penting seperti wawancara kerja atau ujian masuk universitas. Saat kamu menulis, kamu akan menilai kembali semua yang telah kamu tuliskan. Sehingga kecil kemungkinan hal tersebut masih menjadi ancaman yang sama buat kamu.

Menyibukkan diri dengan kegiatan positif

Karena faktanya, saat memiliki banyak waktu luang tanpa ada yang kamu kerjakan hanyalah semakin memperparah keaadaan. Kecemasan dengan berbagai pikiran negatif lainnya akan muncul dengan mudah di kepalamu. Jadi penting sekali kamu mencari kesibukan dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat menyibukkan tangan dan pikiranmu. Hal ini juga mencegah kamu teringat pengalaman traumatis yang pernah terjadi.

cemas yang berlebihan
Image: shutterstock.com

Hentikan kecanduan terhadap media sosial

Semua waktu yang kamu habiskan untuk sosial media tanpa disadari akan mempengaruhi kesehatan mentalmu. Dan ini membuat kamu menjadi kecanduan dengan media sosial. Tanda yang terlihat jelas adalah kamu akan merasa cemas dan gak nyaman saat jauh dari media sosial. Maka hentikan secepatnya girls, jangan biarkan media sosial memili kendali dalam kehidupanmu.

Meditasi dan workout

Meluangkan waktu untuk meditasi memang dapat membantu dalam menurunkan tingkat kecemasan pada otak. Kegiatan yang membutuhkan ketenangan pikiran serta latihan pernapasan ini juga mampu mengontrol emosimu lho girls. Buatlah jadwal rutin satu minggu sekali, dan kamu dapat mengendalikan rasa cemas yang berlebihan semakin lama semakin baik.

Kebalikan dari meditasi, olahraga membutuhkan banyak gerakan dan membuat berkeringat. Namun dampak yang kamu dapatkan juga sama baiknya. Memacu kerja jantung ternyata dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Hal ini jauh berbeda dibanding dengan orang-orang yang banyak mengahbiskan waktu mereka dengan duduk di sofa.

Baca juga:

Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Ilfil Sama Kamu

Jalan Kaki, Cara Sehat yang Mudah dan Murah

Duduk Seharian? Ini Bahaya yang Wajib Kamu Ketahui

Related Articles