Cara Ampuh Untuk Keluar Dari Kecanduan Mobile Games

Jun 25, 2018 by Karina Mustika

Dirumah, di kampus, di cafe, dan banyak tempat lainnya pasti sering kamu temukan orang-orang yang menunduk ke arah layar smartphone dengan wajah serius. Dan kamu pasti paham betul bahwa yang mereka kerjakan adalah bermain game. Kegiatan ini dapat dikatakan cukup mengganggu, selain karena membuat orang yang kecanduan mobile games banyak melupakan kewajibannya tapi juga karena mereka jadi menjauh dengan interaksi sosial secara langsung.

Siapa nih orang terdekatmu yang seperti ini? Adik, pacar, teman kuliah, atau malah kamu sendiri. Yang jelas kecanduan ini memang cukup sulit dihindari. Tapi kamu tahu kan kalau gak ada yang mungkin, disamping harus dengan tekad yang kuat ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk keluar dari kecanduan mobile games.

Cara mengatasi kecanduan mobile games

cara mengatasi kecanduan mobile games img
Image: shutterstock.com

Jangan mendadak berhenti bermain sama sekali

Bermain mobile games biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang. Jika kamu tiba-tiba berhenti dan tidak bermain sama sekali malah akan menimbulkan kekosongan besar dalam rutinitasmu. Dan ini malah akan memicu kecanduanmu kambuh dan bikin kamu tenggelam lebih dalam lagi dalam permainan tersebut.

Buat jadwal kapan untuk bermain

Cara yang lebih efisien adalah mencoba untuk disiplin. Teteapkan jadwal untuk diri sendiri, kapan kamu boleh bermain dan kapan kamu harus berhenti. Kalau perlu gunakan alarm pengingat di HP-mu. Jam berapa kamu boleh main hingga selesai. Kamu dapat mengurangi frekuensi jadwal ini setiap harinya.

Fokus pada satu jenis permainan saja

Hapus atau uninstall berbagai macam mobile games yang ada di smartphone-mu. Sisakan satu permainan saja yang paling menjadi favoritmu. Dengan begitu kamu bisa fokus dan tidak menggunakan banyak waktu hanya untuk bermacam-macam permainan.

Buat istirahat rutin selama bermain

Bermain game memang tidak dapat dilakukan dalam waktu sebentar. Dan itu bikin kamu diam di satu tempat dalam waktu lama. Kamu harus tahu bahwa membiarkan tubuh tidak bergerak bukanlah hal yang baik. Jadi biasakan untuk “break” sejenak paling tidak setiap jam saat bermain. Di waktu tersebut kamu harus berdiri atau berjalan-jalan agar tubuhmu bergerak.

Batasi uang yang kamu keluarkan untuk mobile games tersebut

Meskipun terlihat gratis untuk men-download sebuah permainan di smartphone-mu, namun ada banyak uang yang kamu keluarkan dan berhubungan dengan aktifitas bermainmu tersebut. Mulai dari kredit untuk permainan, hingga beli kopi di cafe tempat kamu berkumpul berjam-jam dengan sesama pemain lain. Coba buat anggaran untuk itu, misalnya saja dalam sebulan kamu gak boleh mengeluarkan uang lebih dari 200 ribu rupiah untuk hal yang berhubungan dengan game-mu.

 

Jika masih parah, cari bantuan profesional

Saat kamu merasa sudah benar-benar tidak dapat lepas dengan mobile games, dan tidak dapat keluar dari kebiasaan tersebut, sudah saatnya kamu mencari bantuan profesional kesehatan mental. Disana kamu dapat berkonsultasi serta mendapatkan terapi tentang kecanduanmu itu.

Koreksi diri serta kehidupanmu saat ini

Kecanduan mobile games bisa jadi karena suatu alasan yang tidak kamu sadari. Menemui bantuan seorang profesional bisa membantumu untuk mengidentifikasi. Contohnya seperti pengaihan akan kesedihan yang sedang kamu alami atau lainnya. Jika sudah lalu renungkan baik-baik, apakah permainan tersebut membawa dampak positif buat hidupmu? Apa prestasimu di sekolah atau pekerjaan menjadi lebih baik?

Cari aktifitas lainnya

Terakhir, agar kamu tidak kembali pada kecanduanmu tersebut, cari hobi lain yang kamu gemari. Selama kamu hidup, tidak mungkin ketertarikanmu hanya pada mobile games saja. Sebisa mungkin cari aktifitas yang membuat tangan dan pikiranmu sibuk.

 

Baca juga:

Mobile Games, Kecanduan Baru Yang Sedang Dialami Banyak Orang

Kopi dan Efeknya yang Terjadi Pada Tubuhmu

 

Related Articles