Bukan Tanpa Sebab, Ini Nih Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Jangan Keramas Sebelum Tidur

Feb 21, 2017 by haify

Terkadang, aktivitas yang dimulai pagi hari sering membuat kita memilih untuk tidak keramas, terutama yang memiliki rambut panjang. Alasannya karena ketika keramas, kita membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa bersiap-siap. Apalagi bagi kamu yang berkerudung. Mengikat rambut yang masih basah dan ditutup dengan kerudung tentu akan membuat rambutmu lepek dan bisa menyebabkan rontok.

Terutama bagi kamu yang suka bangun telat hihi. Jangankan keramas, untuk mandi aja buru-buru bahkan cuma cuci muka dan gosok gigi. Daripada telat masuk kelas atau kantor ‘kan? Tentu kamu bakal mandi dan keramas setelah pulang beraktivitas dan nggak jarang itu kamu lakukan di malam hari.

Memang sih, jika memilih mandi malam hari kamu punya waktu lebih untuk keramas. Karena nggak ada yang harus kamu kejar. Dan setelah keramas, nggak jarang yang tidur sebelum rambut benar-benar kering. Di sinilah permasalahannya. Jika kamu pikir tidur dalam keadaan rambut basah itu nggak apa-apa, kamu salah besar. Karena ternyata, tidur dalam keadaan seperti itu bisa menyebabkan beberapa hal lho yang bisa menyusahkanmu.

Beberapa Akibat Keramas Sebelum Tidur

1. Rambut yang masih basah memang lemah dan rentan mengalami kerusakan. Tidur dengan kondisi rambut seperti itulah yang ternyata mampu meningkatkan risiko kerontokan

Kamu tentu sering mendengar kalau menyisir rambut dalam keadaan basah akan membuat rambutmu patah atau bahkan rontok. Hal ini ternyata nggak cuma berlaku pas menyisir aja, tapi juga ketika kamu tidur dengan kondisi rambut seperti itu. Rambut basah yang bergesek selama kamu tidur akan membuat rambutmu bercabang hingga rontok. Nggak mau ‘kan hal ini menimpamu?

2. Tidur dalam keadaan rambut yang belum kering juga bakal membuat rambutmu jadi nggak beraturan dan susah diatur keesokan harinya. Jadi bad hair day deh

Tujuanmu keramas sebelum tidur biar besok nggak ribet malah jadi mimpi buruk hanya karena kamu nggak mengeringkan rambutmu sebelum tidur. Kenapa? Karena pada saat tidur dengan rambut basah, keringnya nggak bakal sempurna. Ada bagian yang masih lepek, ada pula yang udah kering tapi kaku. Nggak banget ‘kan?

3. Sering mengalami flu atau sakit kepala? Jangan-jangan karena kebiasaanmu yang tidur dalam keadaan rambut basah nih

Tahukah kamu pada saat tidur, suhu tubuh kita akan naik demi menyesuaikan dengan udara malam yang semakin dingin? Nah, ketika rambut kamu basah, bagian kepala akan sulit untuk menyesuaikan suhu. Sehingga perbedaan antara suhu badan dan kepala inilah yang memicu kepalamu menjadi sakit, pilek, atau flu.

4. Rambut yang basah bakal jadi tempat nyaman untuk jamur dan kuman bersarang! Mending keringin dulu sebelum kebiasaanmu tidur dengan rambut basah itu mendatangkan penyakit

Kamu pasti paham kalau tempat yang basah atau lembab adalah favoritnya jamur dan kuman? Air yang masih ada di helaian rambutmu akan diserap oleh bantal. Bantalmu yang lembab itu pasti bakal bercampur dengan keringat atau debu. Kalau udah gitu, kuman dengan senang hati berkembang. Dan kuman-kuman inilah yang nanti bakal menyebabkan infeksi kulit kepala, seperti jamur.

Belum lagi rambutmu yang gampang berminyak karena dibawa tidur dalam keadaan basah. Rambut yang berminyak tentu mudah berketombe. Ssst! Bahkan kutu rambut pun akan bermukim! Duh, jangan sampai deh kayak gini.

Oleh sebab itulah kenapa mengeringkan rambut setelah keramas sebelum tidur itu sangat penting. Kamu nggak mau ‘kan hal-hal “mengerikan” ini terjadi dan merusak rambut dan penampilanmu. Jadi pastikan dulu sebelum tidur nggak ada lagi bagian rambut yang basah agar hal-hal di atas nggak kamu alami.

Related Articles