Buat Hidupmu Lebih Tertata dengan Hal-Hal Ini. Hey, Mumpung Masih Muda!

by :

Apa sih yang ada di benakmu ketika masih muda? Foya-foya, punya pacar banyak, bebas melakukan apapun atau sekadar berdiam diri menunggu perintah orang tua? Ah, kamu salah besar! Selagi masih muda, harusnya kamu memanfaatkannya untuk hal-hal baik yang berguna untuk masa depan. Tidak harus muluk-muluk, lakukan beberapa hal ini saja!

Hal-Hal yang Dapat Membuat Hidupmu Tertata Selagi Masih Muda

Punyailah buku catatan dan bawa ke manapun kamu pergi. Nggak mau ‘kan ketinggaan momen-momen penting?

bawa buku catatan kemanapun pic
Sumber: pexels.com

Selain membawa handphone dan dompet, coba deh mulai sekarang kamu menyempatkan diri untuk membawa buku catatan setiap waku. Pilih yang ukurannya kecil saja supaya kamu tidak keberatan dibuatnya. Ini berguna lho untuk mendidikmu menjadi pribadi yang lebih disiplin dan teratur dalam mengerjakan dan mengingat sesuatu.

Di luar itu, kamu jadi punya banyak memori yang diingat dan tersimpan rapi dalam satu tempat. Asyik bukan?

Buat to-do-list agar semua jadwalmu rapi dan terkondisikan

 

Terkadang, menjadi orang kuno dengan tidak mengandalkan aplikasi time management di handphone itu tidak apa-apa. Justru, kamu bisa mengganti dan melihatnya setiap waktu tanpa harus kesulitan ketika baterai handphone lowbatt atau kebetulan sedang trouble. Tinggal menempel to-do-list di dinding kamar atau tempat manapun yang kamu anggap strategis, cara ini bisa membuat kedisiplinan terhadap segala kegiatanmu menjadi lebih terlatih.

Buatlah to-do-list yang kreatif dan unik supaya nggak membosankan. Misalnya, pakai kertas warna-warni yang kamu kreasikan sendiri sesuai dengan seleramu. Tulis agendamu selucu dan seunik mungkin juga, supaya bisa menginspirasi teman-temanmu yang lain.

Milikilah tabungan (seberapapun jumlahnya) untuk selalu berjaga-jaga

Sebagai anak muda yang yang cerdas, kamu WAJIB memiliki tabungan. Jangan berpikir mengenai jumlahnya yang besar, tabungan di sini hanya bertujuan untuk berjaga-jaga jika suatu saat dompetmu sedang tipis-tipisnya sehingga kamu terbebas dari hutang piutang.

Malu ah, kalau masih muda tapi kamu hobi ngutang dan bergantung soal keungan pada orang lain. Bukankah lebih baik menyusahkan diri sendiri daripada merepotkan orang lain?

Fungsi lain dari memiliki tabungan adalah, kamu akan semakin terlatih untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan menghargai uang. Kehidupan yang sederhana dan jauh dari foya-foya akan menyelamatkanmu di masa muda, sehingga bisa menuai hasilnya di masa tua.

Jaring relasi sebanyak-banyaknya tanpa pandang bulu dan jangan jadi anak muda pemilih!

Memilih siapa yang akan kita jadikan teman itu memang diwajibkan, tapi tidak boleh berlebihan. Cukup seleksi mereka yang kamu anggap kurang baik, tapi jangan menutup mata terhadap mereka yang sekiranya bisa diajak berteman untuk merancang masa depan. Ingat, temanmu yang berasal dari ornag kurang mampu belum tentu bodoh atau tidak bisa diajak kerja sama, dan sebaliknya.

Tugasmu sekarang adalah menjaring relasi sebanyak-banyaknya untuk masa depanmu nanti. Misalnya suatu saat kamu butuh bantuan teman untuk mengembangkan sebuah usaha, kamu tidak perlu pusing karena sedari muda hubunganmu dengan mereka sudah terjalin dengan baik. Ya, siapa yang tahu takdir manusia selain Tuhan dan kamu yang mengusahakannya?

Untuk itu, nggak ada ruginya kok kamu mencari teman sebanyak-banyaknya dan ‘mengambil’ pembelajaran dari mereka. Manfaatkan masa mudamu ini untuk bergaul, belajar dan terus berusaha sekuat tenaga demi masa depan yang gemilang.

Pacaran itu boleh, tapi tidak untuk menutup diri dan berhenti berinovasi

jangan menutup diri selama masih muda img
Sumber foto: https://www.pexels.com

Terkadang, ada tipe orang yang setelah dia memiliki pacar, dia jadi menutup diri terhadap lingkungannya. Entah karena motivasi apa, dia juga jadi susah untuk dihubungi teman-teman bahkan keluarganya sendiri. Duh, jangan ditiru ya yang seperti ini. Karena kalau begini sih namanya sudah menyalahi aturan dalam pacaran!

Tetaplah menjadi dirimu sendiri meskipun kamu sudah berstatus pacaran. Kamu masih muda dan memiliki segudang potensi yang bisa terus digali, demi kebaikanmu sendiri. Atau bahkan, kamu bisa kok mengajak pacarmu untuk menjadi partner belajar dan berpetualang yang seru. Dengan ini, hubunganmu pun akan semakin mengasyikkan!