Body Oil, Nutrisi Lebih Menyehatkan Untuk Kulit Kering

Jun 27, 2018 by carmelw

Salah satu solusi yang dapat dilakukan saat mendapati kulit tubuh mengalami kekeringan adalah dengan menggunakan body oil sebagai rutinitas perawatan kecantikan.  

Jika dibandingkan dengan body cream atau body lotion, body oil memang dipercaya lebih mampu meningkatkan kelembapan kulit secara maksimal. Hal ini dikarenakan keseimbangan antara minyak dalam body oil dan kelembapan kulit  adalah 9:1, yang artinya minyak alami ini memiliki daya melembapkan yang sangat tinggi dibandingkan perawatan kulit lainnya.

Body oil yang terbuat dari minyak nabati atau dari tumbuh-tumbuhan memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta terbukti secara efektif dapat mengunci kelembapan kulit. Sayangnya, banyak orang yang mengeluh merasa tidak nyaman dengan penggunaan minyak tanpa bahan pengawet ini karena teksturnya yang susah meresap serta meninggalkan kesan lengket pada kulit. Padahal, jika digunakan secara maksimal, body oil memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk perawatan kulit dan juga memiliki efek terapeutik bagi tubuh.

body oil
Sumber: shutterstock.com

Nah, buat kamu yang masih ragu tentang bagaimana penggunaan baby oil secara efektif, berikut ini akan Miignon bagikan tipsnya. Semoga bermanfaat ya.

Pilih jenis minyak yang sesuai

Sangatlah penting untuk mengetahui kandungan bahan alami yang terdapat dalam body oil yang akan digunakan, terutama untuk mengetahui secara tepat mana bahan yang sesuai dengan perawatan kulit. Karena, masing-masing bahan memiliki manfaat dan keunggulan yang berbeda-beda, misalnya saja, jojoba oil untuk mengatasi kulit kering, almond oil untuk mencerahkan kulit, coconut oil untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, carrot seeds oil untuk perawatan bekas luka, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Perhatikan cara penggunaannya

Karena memiliki tekstur yang kurang dapat menyerap dalam kulit serta umumnya meninggalkan kesan lengket pada permukaan kulit, sebaiknya aplikasikan body oil sesaat setelah mandi atau saat tubuh sedang dalam keadaan masih basah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses penyerapan minyak ke dalam kulit. Sebab, minyak memiliki sifat mengikat air yang akan membuat kulit akan mengalami kelembapan lebih lama. Simpan dalam botol spray dan letakkan di dalam kamar mandi untuk mempermudah pemakaian.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Body Oil dan Scrub untuk Kulit Glowing di Musim Panas

Pakailah sesuai dosis yang dibutuhkan

Tekstur minyak sangat terkonsentrasi, jadi sebaiknya tentukan dosis yang digunakan berdasarkan kebutuhan. Untuk penggunaan pada wajah, gunakan setetes minyak bertekstur ringan dan lembut. Jika digunakan memijat sebaiknya pilih yang teksturnya lebih kental, sementara itu untuk melembapkan kulit sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kulit. Kulit kering biasanya membutuhkan lebih banyak body oil untuk melembapkan dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Baca Juga: Skincare Oil vs Lotion, Mana Yang Lebih Melembapkan?

Pilih aroma sesuai karaktermu

Selain berfungsi untuk melembapkan kulit, banyak orang juga memfungsikan body oil sebagai wewangian. Sebab, dengan tingkat konsentrasi yang tinggi, body oil memiliki sifat yang cenderung bertahan lama di kulit.

Jadi, sebaiknya pilih aroma yang sesuai dengan karaktermu dan tentu saja yang akan membuatmu merasa nyaman saat menggunakannya. Pemilihan aroma ini sangat penting, sebab aromanya yang lembut dan menembus kulit sangat membantu dalam proses terapeutik yang punya fungsi untuk menenangkan dan menyegarkan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Karena tidak mengandung bahan pengawet, sudah pasti body oil memiliki usia pakai yang lebih singkat dibandingkan dengan produk lainnya. Sebaiknya perhatikan tanggal kedaluwarsa  yang kamu gunakan, apakah sudah teroksidasi atau belum. Sebab, ada produk  yang hanya dapat digunakan maksimal satu bulan setelah kemasan dibuka dan dapat menyebabkan terjadinya masalah jika tetap diaplikasikan pada kulit.

Setelah mengetahui cara pengaplikasian body oil, apakah kamu tertarik menggunakannya sebagai body care routinemu?

Related Articles