Berbagai Tipe Catokan Rambut Sesuai Fungsinya, Kenali Sebelum Beli

by :

Salah satu trik untuk mendapatkan rambut yang tampak lurus dan berkilau adalah dengan menggunakan catokan atau pelurus rambut. Catokan rambut terbuat dari plat besi datar yang harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Plat besi inilah yang akan menghilangkan kusut di setiap helai rambut.

Secara umum, alat catok bekerja dengan cara meratakan folikel rambut agar tampak lurus dengan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan sekedar menggunakan sisir biasa atau bahkan hair dryer.

Ada berbagai jenis tipe dan model alat catok yang berbeda di pasaran. Tentu saja ini bukan hal yang mudah bagi kita untuk menemukan produk yang paling cocok dan sempurna di antara banyak varian yang berbeda tersebut.

Berbagai pertimbangan harus dipikirkan dalam memilih catokan yang sesuai. Termasuk di antaranya apakah produk tersebut dapat bertahan lama dan sesuai dengan rambut kita. Yang nggak boleh dilupakan adalah, apakah alat tersebut tidak menimbulkan kerusakan pada rambut.

Nah, kali ini Miignon akan membagikan tipe-tipe alat catokan rambut yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk membeli yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

Tipe catokan rambut berdasarkan bahannya

Keramik

Alat catok berbahan keramik menjadi pilihan paling ekonomis dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan ini cocok untuk menghaluskan dan meluruskan rambut dengan menggunakan suhu panas yang rendah.

Catokan keramik dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang memiliki rambut halus dan tipis. Bahan keramik terbukti dapat mengendalikan panas dengan baik serta dapat meluruskan rambut keriting dan bergelombang.

Tourmaline

Jenis alat catok yang satu ini mengandung mineral atau batu mulia yang digunakan untuk melapisi bahan keramik sehingga dapat menghaluskan kutikula rambut serta membantu mencegah kerusakan rambut akibat panas berlebih. Tourmaline bekerja memancarkan ion negatif untuk menangkal ion positif yang terjadi saat rambut mengalami kerusakan atau pun kekeringan.

Alat catok yang mengandung tourmaline biasanya dapat bertahan lama sehingga nggak heran banyak salon kecantikan yang merekomendasikan jenis catokan ini sebagai standart alat kecantikan yang mereka gunakan.

Titanium

Jenis plat titanium banyak dicari karena teknologi ion yang dimilikinya dapat menghasilkan panas dengan cepat dan merata namun tidak menimbulkan kerusakan pada rambut. Titanium cocok digunakan bagi mereka yang sering memakai catokan untuk aktivitas harian karena kemampuannya untuk menjadikan rambut cepat lurus dengan hasil lembut dan berkilau.

Baca Juga: Beli Catok Rambut Mahal Itu Investasi, Ini Tips Agar Tidak Salah Pilih

Halaman selanjutnya: Tipe catokan berdasarkan ukurannya