Awas, Kutu Bulu Mata Bisa Bersarang Dengan Nyaman Tanpa Kamu Sadari

Apr 19, 2018 by carmelw

Punya kutu di rambut kepala memang menyebalkan. Selain menimbulkan rasa gatal dan rasa tak nyaman, kutu rambut dapat juga berisiko menular ke orang terdekat jika dibiarkan berlarut-larut.

Faktanya, banyak orang yang tidak tahu bahwa selain dikepala, ternyata kutu juga gemar bersarang di bulu mata. Duh, jangan sampai ini terjadi pada kita, ya Girls. Untuk mencegahnya, kenali tanda-tanda dan cara mengatasinya yuk.

Apa itu kutu bulu mata?

kutu bulu mata menjijikan img
Sumber: shutterstock.com

Kutu bulu mata juga dikenal sebagai demodex folliculitis, yaitu parasit yang bisa ditemukan pada folikel rambut di bagian wajah kita. Kutu-kutu ini dapat ditemukan di hidung, pipi, dagu, alis, dan khususnya di daerah bulu mata.

Sebenarnya kutu bulu mata tidak berbahaya, bahkan seringkali penderitanya tidak menyadari keberadaannya di wajah bagian mereka karena ukurannya yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Saking kecilnya, bisa jadi pada satu folikel bulu mata terdapat lebih dari duapuluh lima kutu, lho. Demodex folliculitis termasuk hewan yang tidak suka cahaya. Mereka lebih suka keluar dari folikel rambut dan kemudian merangkak di sekitar kulit penderitanya di malam hari.

Faktor penyebab kutu bersarang di bulu mata

kutu bulu mata img
Sumber: shutterstock.com

Meskipun bisa dianggap tidak berbahaya, tetapi jika jumlah kutu yang bersarang di bulu mata terlalu banyak, dapat mengakibatkan bulu mata menjadi rontok dan kulit wajah menjadi terinfeksi.

Kutu-kutu ini umunya datang karena kebiasaan menerapkan riasan yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan penimbunan minyak dan kotoran di kulit. Apalagi, situasi ini akan bertambah parah jika dibarengi dengan kebiasaan malas mencuci muka sebelum tidur atau selesai beraktivitas.

Gejala-gejala kutu bulu mata yang patut diwaspadai

kutu bulu mata gatal img
Sumber: shutterstock.com

Beruntunglah jika kamu memiliki kekebalan tubuh yang stabil yang memungkinkan terhindar dari kehadiran kutu-kutu bandel ini. Namun, berbeda dengan mereka yang kekebalan tubuhnya lemah atau sedang mengalami stres, akan dengan mudah menjadi sasaran empuk bagi para kutu ini untuk menjadi tempat berkembang biak.

Kehadiran kutu bulu mata, biasanya ditandai dengan adanya gejala:

Munculnya peradangan dan rasa gatal pada kulit

Umumnya gejala peradangan dan rasa gatal pada kulit lebih sering terjadi di pagi hari. Saat malam hari kutu akan meninggalkan folikel untuk kawin dan bertelur lalu kembali ke folikel rambut di pagi hari.

Ditandai dengan terjadinya rosacea

Selain itu kutu bulu mata ditandai dengan terjadinya rosacea yang membuat area di sekitar wajah seperti hidung, dagu, pipi, dan dahi menjadi kemerahan dan menimbulkan luka maupun benjolan.

Adanya peradangan pada tepi kelopak mata atau blefaritis

Blefaritis akan menyebabkan bagian tepi kelopak mata menjadi bengkak dan merah. Kondisi ini umumnya terjadi pada ke-dua kelopak mata, tetapi salah satu mata akan tampak lebih meradang dibandingkan dengan mata yang satunya. Blefaritis biasanya terjadi karena rusaknya jaringan mata akibat enzim dan toksin dari kutu yang masuk ke dalamnya.

Baca Juga: Saat Kutu Rambut Jadi Petaka, Ini Cara Membasminya Dengan Mudah

Cara mengatasi kutu bulu mata

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu yang bersarang di bulu mata agar tidak semakin bertambah parah:

Rutin membersihkan kelopak mata dan bulu mata

Hal terpenting untuk mengatasi dan mencegah munculnya kutu ini adalah rutinitas membersihkan kelopak mata dan bulu mata. Bersihkan dengan menggunakan shampo bayi, atau pembersih lain yang dapat memastikan kelopak mata benar-benar bersih. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

Mengoleskan minyak pohon teh

Minyak pohon teh terbukti dapat membantu menghilangkan kutu, terutama jenis yang terdapat pada kelenjar sebaceous. Jika digunakan secara tepat, dapat membunuh kutu di bulu mata serta telur yang berada di folikel.

Menerapkan minyak lavender

Lakukan cara yang sama dengan penggunaan minyak pohon teh untuk membunuh kutu di bulu mata, yaitu dengan mengoleskannya pada kelopak mata setiap malam sebelum tidur.

Berhenti menggunakan mascara

Hentikan penggunaan mascara sampai kutu di bulu mata benar-benar lenyap. Sebab, salah satu penyebab kutu adalah kebiasaan malas membersihkan kelopak mata setelah selesai beraktivitas. Selain itu, kuas mascara yang kotor dan jarang dicuci juga serta kebiasaan berbagi peralatan kosmetik dengan orang lain disebut sebagai penyebab munculnya kutu pada bulu mata.

Gantilah sarung bantal dan sprei sesering mungkin

Sarung bantal dan sprei yang kotor bisa jadi mengandung telur kutu di dalamnya. Jika tidak rutin untuk menggantinya, bisa jadi dengan mudah terinfeksi ulang dari perangkat tidur tersebut.

Itulah tadi penjelasan tentang kutu bulu mata. Jika semua cara untuk mengatasinya sudah ditempuh dan tidak berhasil, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.

Related Articles