Apakah Kita Diperbolehkan Untuk Berenang Saat Menstruasi? Yuk, Cek Faktanya Di Sini

Dec 04, 2017 by carmelw

Seringkali menjadi perdebatan, berenang saat menstruasi boleh nggak sih?

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi seringkali menjadi penghalang untuk melakukan banyak aktivitas favorit seperti berenang. Munculnya rasa tidak nyaman serta ketakutan darah akan mengalir keluar dan mencemari air saat berenang menjadi salah satu alasannya. Sebenarnya, boleh nggak sih berenang saat sedang menstruasi? Apakah darah menstruasi akan berhenti di air jika sedang berenang?

Apakah darah menstruasi akan berhenti di air jika sedang berenang?

berenang saat menstruasi bolehkah img
Sumber: https://pixabay.com/en/maldives-ile-beach-sun-holiday-666118/

Darah menstruasi memang tidak akan keluar saat sedang berada di dalam air untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, diving, maupun snorkeling. Tidak keluarnya darah menstruasi tersebut disebabkan karena adanya tekanan yang lebih tinggi di dalam air dibandingkan dalam vagina. Hal ini lah yang dapat menghambat darah menstruasi seakan-akan tidak keluar dan mengalir ke dalam air.

Padahal kenyataannya darah menstruasi tetap mengalir secara normal tetapi masih tertampung di dalam rahim. Menjadi tidak keluar lantaran kita sedang dalam posisi mengambang atau berenang secara horisontal. Posisi tersebut lah yang membuat gaya gravitasi tidak dapat menarik aliran darah untuk mengalir keluar vagina.

Yang tetap perlu diwaspadai, bahwa adanya tekanan besar dari dalam yang lebih kuat saat volume darah menstruasi sedang banyak-banyaknya masih dapat memicu darah mengalir keluar meskipun kita berada di dalam air untuk berenang.

Di samping itu, setiap wanita memiliki karakter dan siklus berbeda dimana gerakan sekecil apapun, seperti bersin ataupun tertawa tetap dapat menyebabkan terjadinya perubahan tekanan udara yang akhirnya berpotensi memicu darah mesntruasi mengalir normal kembali.

Apakah higienis berenang saat menstruasi?

menjaga kehigienisan pic
Sumber: https://www.pexels.com/photo/sea-people-water-ocean-41509/

Menstruasi sebagai siklus alami wanita bukanlah menjadi alasan yang menghalangi siapapun beraktivitas secara normal termasuk berenang. Yang harus diperhatikan justru dari aspek kehigienisan air kolam renang. Meski pada dasarnya struktur vagina secara alami juga dapat mencegah masuknya bakteri maupun benda asing ke dalamnya. Tetapi air kolam renang yang diklorinasi dan kondisi kolam renang yang umumnya dipakai bersamaan dengan banyak orang memungkinkan adanya bakteri penyebab terjadinya infeksi di area organ intim.

Lebih lanjut, pH air kolam renang dan darah haid yang sifatnya basa dapat mengubah pH vagina menjadi lebih mudah terinfeksi karena adanya bakteri dari air di kolam yang akan mengumpul di vagina.

Solusinya, segeralah mandi sesaat setelah selesai berenang untuk mengurangi paparan klorin. Hindari duduk-duduk saat masih mengenakan pakaian renang yang basah agar terhindar dari rasa gatal di sekitar area tubuh.

Jadi, boleh nggak sih berenang saat sedang menstruasi?

berenang saat menstruasi
Sumber: https://pixabay.com/en/swimming-pool-drops-of-water-830505/

Pada intinya, berenang di saat menstruasi diperbolehkan dan tidak membahayakan kesehatan bahkan dapat mengurangi rasa sakit pada perut dan membuat mood menjadi lebih baik.

Jika memang ingin berenang saat sedang menstruasi, sebaiknya gunakan tampon atau menstrual cup untuk menghindari kebocoran. Tampon dapat digunakan setidaknya selama empat jam, sedangkan menstrual cup biasanya dapat menampung lebih lama hingga 12 jam. Menggunakan pantyliner dan pembalut biasa sangat tidak disarankan, lho Girls.  Selain akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena menggelembung juga akan menyerap air dan membuat vagina semakin lembab.

Di samping itu, disarankan untuk menggunakan baju renang yang berwarna gelap dan celana pendek yang pas dengan bentuk tubuh agar memberikan perlindungan lebih baik untuk berjaga-jaga akan adanya kebocoran saat berenang.

Semua pilihan ada padamu, Girls. Kalau kamu masih merasa kurang nyaman untuk berenang saat menstruasi, kamu bisa memilih olahraga lainnya seperti yoga, aerobik, ataupun lari santai yang sama-sama dapat meningkatkan energi dan aliran darah.

 

Related Articles