Apakah Benar Makan Sushi Aman dan Sehat Bagi Tubuh?

Jul 03, 2018 by carmelw

Tahu nggak, Girls bahwa sejak tahun 2009 lalu, dunia telah mencanangkan adanya Hari Sushi International yang diperingati setiap tanggal 18 Juni? Sushi adalah hidangan khas Jepang yang terbuat dari nasi yang dikombinasikan dengan berbagai bahan segar seperti aneka makanan laut, sayuran, dan juga buah-buahan tropis.

Peringatan ini bertujuan untuk merayakan kelezatan dari sushi sekaligus untuk mengajak semua orang di dunia untuk gemar mengonsumsi makanan yang punya rasa lezat dan sifatnya mengenyangkan tersebut. Uniknya, pada hari itu setiap orang boleh mengeksplorasi segala bahan makanan untuk dijadikan sushi versi masing-masing sesuai dengan seleranya.

Melihat komposisi bahannya yang beraneka ragam dan lengkap, sushi seringkali dianggap sebagai makanan yang sehat sehingga baik untuk dikonsumsi terutama karena terbuat dari bahan segar yang kaya akan omega-3. Namun, apakah sushi benar-benar sesehat itu? Simak pembahasannya, yuk.

Pada dasarnya sushi adalah salah satu jenis makanan berprotein tinggi karena menggunakan ikan dan makanan laut di dalam pembuatannya. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada produk laut dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular serta memiliki senyawa anti inflamasi yang memainkan peran penting dalam fungsi otak. Karenanya, banyak yang menganggap bahwa mengonsumsi sushi dapat menyehatkan tubuh, tetapi sayangnya di sisi lain justru dapat menyebabkan pertambahan lemak, kalori, dan natrium dalam tubuh.

sushi
Sumber: shutterstock.com

Makanan lezat yang terdiri dari lima jenis utama yakni Nilgiri, Sashimi, Maki, Uramaki, dan Temaki ini sebenarnya memiliki beberapa keuntungan saat dikonsumsi, yakni:

Rendah kalori

Sushi tradisional yang terbuat dari sayuran, ikan mentah, rumput laut alias nori, dan nasi khas Jepang ini diyakini kalori yang rendah. Misalnya saja sushi salmon dan timun yang mengandung 231 kalori dan 4 gram lemak, atau sushi roll udang yang hanya terdiri dari 199 kalori dan tanpa lemak sama sekali. Sedangkan sushi sayuran mengandung 170 kalori saja.

Kaya nutrisi

Ada jenis sushi roll yang dilapisi dengan rumput laut atau nori yang sangat rendah kalori tetapi kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C serta mineral seperti yodium.

Tinggi protein

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan dan makanan laut yang digunakan dalam pembuatan sushi mengandung protein tinggi, vitamin D, dan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dapat meningkatkan asupan serat

Pada dasarnya sushi mengandung sayuran dan bahan alami yang sehat bagi tubuh seperti beras merah yang dapat meningkatkan asupan serat, wasabi yang punya rasa pedas tetapi kaya akan antioksidan, dan acar jahe yang merupakan agen antivirus dan antimikroba.

Meski memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, hal ini tidak berlaku saat digoreng, disantap bersama tempura, dan dikombinasikan dengan kepiting ataupun cumi yang mengandung lebih dari 1000 miligram natrium per porsinya.

Selain itu, untuk menciptakan kelezatan rasanya, sushi dibuat dari perpaduan nasi putih, gula, dan cuka yang mudah dicerna tubuh sehingga dapat menimbulkan rasa lapar lagi meskipun sudah dikonsumsi dalam porsi yang banyak. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya lonjakan kadar gula dan penambahan berat badan yang tidak disadari sebelumnya. Karenanya, sangat disarankan menggunakan nasi coklat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes atau beras merah beras merah yang kaya akan serat dan membuat kenyang lebih lama daripada nasi putih.

Baca Juga: Diet Pescatarian, Turun Berat Badan Dengan Rajin Makan Ikan

Sementara itu juga banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencelupkan sushi ke dalam kecap asin yang mengandung 1024 miligram per satu sendok makannya dapat membuat perut terasa kembung. Sedangkan pada sushi modern, topping keju dan mayonaise sebenarnya akan menambah lemak dan kalori yang sangat tidak disarankan bagi mereka yang sedang melakukan diet rendah garam.

Karenanya, demi alasan kesehatan terutama agar tidak terjadi penambahan berat badan disarankan untuk mengonsumsi lima hingga enam potong sushi saja untuk ukuran porsi yang sehat untuk makan dan juga seporsi sup miso yang hanya terdiri dari 70 hingga 80 kalori sebelum makan untuk menghindari makan yang berlebihan. Sedangkan untuk isian sushi yang dimakan, pilih bahan alami yang menyehatkan tubuh seperti ketimun, alpukat, atau asparagus.

So, siap sehat bersama sushi?

Related Articles