Putuskan Apa yang Ingin Kamu Lakukan di Hidupmu

Nov 27, 2017 by Karina Mustika

Melewati masa remaja dan menjadi orang dewasa bukan hanya masalah umur. Kamu pasti akan merasakan krisis tertentu dalam menjalani hidupmu. Disaat seperti itu kamu harus kuat dan dapat bertahan untuk memasuki fase kehidupan yang lebih baik lagi.

Mungkin kamu akan merasakan kebingungan luar biasa dan bertanya tentang banyak hal yang telah kamu lakukan selama ini. Mulai dari masalah karir pekerjaan yang kamu ambil, hubungan percintaan, dan segala keputusan penting lainnya yang perlu kamu buat dalam hidupmu. Sebelum kamu merasa tersesat terlalu jauh, tarik napas perlahan dan coba lakukan beberapa hal berikut ini. Kamu harus yakin bahwa kamu adalah seorang cewek yang kuat dan dapat melalui ini semua.

4 langkah untuk mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu

Kenali dirimu dengan baik

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah cukup mengenal diri sendiri? Disaat kamu bisa mengkritik orang lain atau memberikan penilaian terhadap tindakan orang lain, sudahkan kamu mengerti apa yang telah kamu lakukan selama ini. Mengenal diri sendiri bukan sekedar tahu apa yang kamu suka dan apa yang tidak. Namun berlajarlah untuk menilai dirimu sendiri, segala tidakanmu, baik atau buruk.

Dengan mengenal dirimu sendiri, maka kamu juga dapat melakukan kontrol yang baik dalam segala hal. Kamu dapat mengetahui hal yang baik dan tidak bagi kamu. Kenali dirimu dengan baik untuk memulai langkah-langkah tepat yang lain.

Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Satu-satunya hal yang penting untuk kamu lakukan adalah fokus dengan dirimu. Jangan membuang waktumu dengan melihat kehidupan orang yang malah akan membuat kamu membandingkan segala hal. Dengan melihat rumput tetangga yang lebih hijau akan membuat kamu tidak pernah bersyukur atas semua yang telah kamu miliki saat ini. Sebaliknya, saat kamu selalu fokus pada kejelekan orang lain, kamu juga akan buta dengan banyak kekurangan di dirimu sendiri.

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Kamu harus selalu mengingatkan dirimu tentang hal itu. Berbagai macam kehidupan orang lain juga pasti melalui jalan yang naik dan turun. Terutama membandingkan hidupmu dengan orang lain hanya melalui sosial media.

Taklukan rasa takutmu

Rasa takut dalam diri manusia merupakan hal yang wajar. Peranmu disini adalah seberapa jauh kamu membiarkan rasa takut itu menguasaimu. Hal yang akan membatasi langkahmu dalam hidup ini adalah rasa takut itu sendiri. Kamu tidak akan pernah mendapatkan kesempatan jika kamu terlalu takut melangkah dan menghadapi resiko dari suatu keputusan. Jangan buat kesalahan di masa lalumu menjadi alasan dari ketakutanmu saat ini.

Tinggalkan zona nyamanmu. Ungkapan tersebut bukan hanya merupakan sajak yang sering kamu dengar, namun memang sebuah kenyataan yang membutuhkan tekad kuat. Kamu harus ingat girls, kamu tidak akan mengetahui begitu banyak hal menakjubkan diluar sana jika kamu tetap berdiri di tempatmu saat ini. Ketakutan dengan apa yang belum tentu kamu temukan di jalan yang ada di hadapanmu, hanya akan membuatmu bermimpi dan kembali tidur dibanding dengan bangun dan mewujudkannya.

Bergaul di lingkungan orang-orang yang percaya padamu

Meskipun kamu harus menjadi sosok cewek yang kuat dan bertahan dalam setiap fase hidupmu, bukan berarti kamu harus sendirian. Perjuangan yang kamu lakukan membutuhkan para pendukung yang baik. Orang-orang yang percaya pada kemampuanmu akan sangat berarti sebagai pendorong dan penyemangat.

Tinggalkan orang yang selalu memandang kamu sebelah mata. Kamu hanya butuh seorang teman yang mendukungmu penuh dibanding dengan sepuluh teman namun tidak benar-benar peduli terhadapmu. Pastikan kamu dapat membuat dirimu berada dilingkungan yang memang baik bagi dirimu.

Jalani Hidup Seimbang, untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Pentingnya Inner Beauty Untuk Terlihat Cantik Seutuhnya

Related Articles