Apa yang Harus Dilakukan Saat Dikritik? Ini 5 Cara Menghadapi Kritik

Jul 04, 2018 by Larissa

Tidak ada orang yang suka dikritik. Hal itu sangat wajar karena pada dasarnya manusia pastinya tidak suka kalau dirinya dianggap salah. Namun, bukan berarti kamu bisa merespon kritik dengan amarah. Merasa defensif akan diri sendiri boleh saja, tapi kamu juga harus tahu kapan bisa menerima. Semakin sukses dirimu, kamu akan dihadapi dengan kritik lebih banyak. Kamu pun harus belajar untuk menghadapinya dan tidak perlu menjadi pengalaman yang menyebalkan, kok.  Ini 5 cara mudah untuk menghadapi kritik.

 

1. Anggap sebagai kesempatan

kritik membangun
Shutterstock

Terkadang kita sulit untuk menilai pekerjaan kita sendiri secara objektif. Karena itulah kita pasti memerlukan masukan atau feedback dari sudut pandang orang lain. Anggaplah kritik dari orang lain sebagai kesempatanmu untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Pandangan dan perspektif mereka bisa saja merupakan sesuatu yang memang tidak terlihat oleh kita sendiri. Kritik mungkin terkadang menyakiti ego kita, tapi tentu bisa membuat kreasi dan pekerjaan kita menjadi lebih baik.

 

2. Tidak selalu harus didengar

Kamulah yang bisa memilih dan membedakan mana kritik yang membangun dan mana yang tidak. Mana kritik yang bisa diaplikasikan olehmu dan mana yang tidak. Semua orang mungkin punya hak untuk memberikan komentar atau kritik mengenai pekerjaanmu, tapi semuanya terserah padamu apakah kamu ingin mendengarkannya atau tidak. Jika kita merasa kritik yang diberikan pada kita tidak memiliki nilai berarti, kamu berhak untuk tidak menganggap kritik tersebut.

 

3. Jangan langsung respons

kritik pekerjaan
Shutterstock

Saat kamu diberi kritik, biasanya insting pertama dirimu adalah menjadi defensif. Memang akan sangat sulit untuk menahan dirimu untuk tidak melontarkan argumen balik atau menolak kritik tersebut. Tapi sebaiknya kamu tidak langsung memberikan respons saat kamu diberi kritik. Ambillah napas dalam-dalam beberapa detik, pertimbangkanlah kritik tersebut dengan pikiran yang tenang dan jernih. Barulah dengan begitu kamu bisa memutuskan bagaimana merespons kritik tersebut dengan tepat dan apa yang harus kamu lakukan. (Baca juga: 7 Cara Memberi Kritik Agar Tidak Menyinggung Perasaan Orang Lain)

 

4. Pikirkan Secara Keseluruhan

Terkadang saat kita merasa terbutakan oleh ego keras, kita jadi melupakan banyak hal. Misalnya, pekerjaan tersebut bisa saja memiliki deadline yang semakin dekat, atau pekerjaan tersebut akan mengganggu pekerjaanmu yang lain. Karena itulah, kamu harus bisa mengukur apakah suatu kritik dapat memberikan efek domino yang signifikan pada kamu, pekerjaan kamu, atau orang lain. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan.

 

5. Katakan terima kasih

kritik rekan kerja
Shutterstock

Hanya karena seseorang memberimu kritik, tidak berarti mereka tidak menyukaimu. Sering kali kritik yang ditujukan pada kita memang tulus untuk memberikan masukan yang membangun agar pekerjaanmu menjadi lebih baik. Pemberi kritik seperti itulah yang harus kita hargai karena orang itu berarti care pada kita. Jangan lupa mengucapkan terima kasih pada orang yang telah memberikan kritik tulus padamu, ya.

Related Articles