Apa yang Bisa Kamu Lakukan Selama Gap Year Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini!

Apr 22, 2018 by Larissa

Masa SMA sudah akan berakhir. Beberapa dari kamu mungkin sekarang sedang sibuk-sibuknya belajar untuk mempersiapkan berbagai ujian masuk perguruan tinggi. Tapi mungkin ada dari kamu juga yang belum siap langsung melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tidak ada salahnya untuk mengambil waktu untuk istirahat, atau yang biasa disebut gap year. Mengambil waktu libur setahun bisa dijadikan sebagai ajang mengasah dirimu juga, kok. Ini dia yang bisa kamu lakukan untuk mengisi gap year kamu.

Hal yang bisa kamu lakukan selama gap year kuliah versi Miignon

1. Traveling

gap year dengan traveling img
Shutterstock

Kamu sudah belajar secara tekun selama 12 tahun terakhir, jadi kamu pantas untuk mengambil liburan dan bersenang-senang. Hal ini kamu lakukan sebagai hadiah bagi dirimu sendiri karena telah berhasil melewati salah satu level dalam hidup. Traveling adalah cara paling oke untuk memberikan dirimu hadiah. Liburan tidak berarti buang-buang uang, loh. Justru, jika kamu liburan di saat orang-orang masuk kuliah, alias bukan saat peak season, kamu bisa mendapat tawaran transportasi dan akomodasi yang lebih murah. Selain itu, tempatmu traveling pun tidak akan dipenuhi oleh banyak orang. Kamu betul-betul bisa menikmati waktumu.

 

2. Bekerja

Mungkin rasanya aneh jika kamu malah memilih bekerja daripada sekolah. Tapi, bekerja bisa menjadi caramu untuk mendapat pengalaman sebelum kuliah. Cobalah mencari pekerjaan freelance, magang, atau pekerjaan kecil lainnya yang memungkinkan lulusan SMA untuk bekerja. Dengan begitu, kamu tidak hanya mendapat tambahan uang jajan selama liburan serta pengalaman, kamu juga belajar menjadi orang dewasa. Selain itu, dengan bekerja kamu jadi terus mengasah kemampuanmu, baik kemampuan otak atau fisik. Sehingga saat kamu nanti melanjutkan kuliah, badan dan pikiranmu tidak kaget.

 

3. Volunteer

gap year img
Shutterstock

Selain bekerja, cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengisi waktumu dengan berguna adalah dengan menjadi sukarelawan. Kamu bisa mengikuti program di mana kamu membantu orang-orang yang terkena musibah, mengajar di sekolah yang tidak mampu, atau menjadi sukarelawan di panti asuhan. Selain menjadi sukarelawan sosial, kamu juga bisa menjadi sukarelawan di berbagai hal. Di luar sana, banyak sekali event-event yang membutuhkan tenaga kamu untuk membantu mereka. Event-nya asyik-asyik banget, loh.

 

4. Kursus

Melakukan kursus adalah cara yang paling mirip dengan kuliah untuk mengisi gap year. Di waktu setahun kamu liburan, kamu bisa mengisi waktumu untuk mempelajari ilmu baru, mempertajam ilmu yang sudah kamu ketahui, dan belajar hal baru. Tidak melulu harus kursus yang berhubungan dengan pelajaran. Kamu bisa kursus keterampilan, misalnya kursus piano, kursus menari, atau kursus melukis. Jika kursus terlalu berat untukmu, kamu bisa mengambil workshop, sehingga kamu hanya membutuhkan paling tidak beberapa minggu untuk belajar.

 

5. Menghabiskan waktu bersama keluarga

gap year dengan makan malam keluarga img
Shutterstock

Selama kamu sekolah, mungkin kamu tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluargamu. Jika kamu nanti mulai kuliah, dijamin waktumu bersama keluarga akan tambah berkurang. Baik itu karena jadwal kuliah yang enggak main-main, atau kamu kuliah di kota atau negara lain. Makanya, jadikanlah kesempatan gap year ini untuk kamu habiskan dengan keluargamu.

Related Articles