Apa Perbedaan Kuas Make Up Sintetis Dengan Kuas Make Up Alami?

May 07, 2018 by carmelw

Setiap orang punya kebiasaan tersendiri dalam mengaplikasikan produk kosmetik untuk wajahnya. Ada yang lebih memilih menggunakan jari tangan sebagai aplikator supaya tampak lebih natural, tetapi ada juga yang lebih memilih memakai make up brush alias kuas make up yang punya berbagai bentuk, ukuran, fungsi dan hasil akhir yang berbeda satu sama lain.

Di antara banyaknya jenis kuas make up yang ada dan paling sering digunakan, semuanya rata-rata terbuat terbuat dari salah satu di antara dua bahan utama yaitu bulu sintetis dan bulu alami. Meski banyak orang lebih mengunggulkan kuas alami yang dinilai punya kelebihan jika dibandingkan dengan kuas sintetis, nyatanya eduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik dari sisi penggunaan maupun waktu pemakaiannya.

Nah, buat kamu penggemar kuas make up, sudah tahu kelebihan dan kekurangan kuas yang selama ini kamu pakai? Cari tahu jawabannya, yuk.

Kuas make up dari bahan alami

kuas make up alami img
Sumber: maxpixel.com

Umumnya kuas make up alami terbuat dari bulu hewan seperti musang, kambing, dan tupai. Meski memiliki tekstur yang halus dan lembut, kuas make up dari bahan alami biasanya mudah sekali rontok,  rusak, patah, dan mengeriting, sebab struktur bulunya hampir menyerupai rambut manusia.

Cara merawat kuas alami juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan harus menggunakan alat khusus seperti brush cleaner dan gentle soap seperti baby shampoo. Saat membersihkan juga sebaiknya tidak digosok atau ditarik agar bulu tidak terlepas, dan setelah dibilas segera angin-anginkan hingga benar-benar kering.

Saat digunakan, kuas alami yang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan kuas sintetis INI dapat lebih banyak mengangkat dan mengikat produk make up tanpa banyak fall out karena bentuknya yang berpori. Karenanya, kuas alami ldapat ebih maksimal digunakan pada produk kosmetik berbentuk bubuk seperti setting powder, eyeshadow, bronzer, hingga blusher dibandingkan produk yang berbentuk liquid seperti foundation.

Di samping itu, buat kamu yang memiliki kulit yang cukup sensitif pada bulu hewan kemungkinan akan mengalami reaksi alergi saat kuas ini digunakan pada kulit. Sebagai catatan terutama buat kamu penyayang hewan, kuas make up alami tidak semuanya dijamin cruelty free lho, Girls. Sebab kuas yang terbuat dari bulu kambing mungkin masih bisa diperoleh dengan cara mencukur tanpa melukai hewan, tetapi untuk jenis bulu hewan lain seperti musang dan tupai, biasanya didapat dari industri kulit yang harus mengorbankan hewan-hewan mungil itu terlebih dahulu.

Kuas make up sintetis

kuas make up sintetis img
Sumber: pixabay.com

Kuas make up sintetis biasanya terbuat dari bahan nilon, taklon, atau serat sintetis lainnya yang mudah untuk dibersihkan hanya dengan memakai air dan sabun cuci piring saja. Karena itu bisa dibilang merawat bulu kuas sintetis lebih praktis dibandingkan dengan kuas make up alami, di samping harganya yang jauh lebih murah dan terjangkau.

Meski demikian, untuk kualitas kuas make up sintetis juga nggak kalah bagus, lho Girls. Kadang bulu sintetis akan diwarnai dan dipanaskan agar tingkat kehalusannya semakin mendekati bulu hewan. Kuas make up sintetis yang dibuat untuk mengurangi penggunaan bulu hewan ini selain bahannya tak mudah rusak sehingga lebih awet usia pemakaiannya, juga tidak mudah menyerap produk kosmetik karena tidak memiliki pori, sehingga lebih bagus digunakan untuk produk kosmetik cair seperti foundation, cream blush, eyeliner gel dan concealer .

Sekarang sudah tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing bahan pembuat kuas make up kan, Girls? Omong-omong yang mana favoritmu?

 

 

Related Articles