Alternatif Bekal Buatmu yang Nggak Begitu Suka Sayur Tapi Pengen Sehat

Jun 21, 2018 by Silvia Ayu

Menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima memang susah-susah gampang. Di satu sisi, kita diwajibkan untuk menjaga gaya hidup terutama pola makan. Namun di sisi lain, zaman yang kian modern ini menawarkan banyak sajian makanan yang menggoda iman meski nggak menyehatkan. Duh, dilematis juga, ya?

Eits, jangan menyerah dulu! Di artikel Miignon kali ini, kamu akan menemukan beberapa alternatif bekal yang sehat dan enak, plus bisa kamu racik sendiri di rumah. Lumayan lho buat stok bekal ke kantor, kampus atau bahkan liburan. Check it out!

Jus buah tanpa gula dengan sedikit susu atau topping kesukaan

https://unsplash.com/photos/iQISyMFR0RM

Membuat jus tanpa gula memang agak menyeramkan buat sebagian orang. Rasa hambar yang terbayang, belum lagi nggak semua jenis buah-buahan yang enak buat dihidangkan menjadi jus. Tapi kamu bisa lho membuat jus sendiri dengan sedikit tambahan susu atau topping kesukaan!

Kamu bisa menambahkan choco chips, keju atau messes untuk menambah cita rasa. Tenang, ini nggak akan menggemukkan kalau porsinya cuma sedikit, kok!

Oatmeal anti mainstream yang ditambahkan kaldu ayam atau sapi

https://unsplash.com/photos/DfbrRpHTLy0

Nggak melulu manis dan berisi buah-buahan, kamu bisa kok meracik oatmeal dengan cita rasa gurih sesuai lidah orang Indonesia. Di sini, kamu hanya butuh beberapa bahan, di antaranya:

  • Oatmeal tawar
  • Segelas air hangat
  • Air rebusan daging ayam atau sapi
  • Irisan daun bawang atau bawang goreng

Mirip seperti bubur ayam, namun kali ini lebih sehat karena hanya ada rasa gurih alami dari kaldu ayam atau sapi racikan sendiri!

Rujak buah racikan rumahan

sayur sehat img
https://id.pinterest.com/pin/557390891351963611/?lp=true

Cukup bermodalkan irisan buah kesukaan seperti mangga muda, nanas, jambu biji, buah pir dan sebagainya, kamu sudah bisa meracik bekal sehat namun tetap enak. Tapi jangan lupa, tambahkan sambal rujak atau gula jawa untuk menambah selera makanmu, ya!

Mashed potato minim kalori

sayur dan buah img
https://www.eatwell101.com/instant-pot-mashed-potatoes-recipe

Makanan ‘mewah’ yang kini bisa kamu racik sendiri ini layak lho dinobatkan sebagai bekal sehat namun murah! Kamu yang nggak suka sayur pun tetap bisa menikmatinya kapan saja, termasuk ketika kamu sedang bingung mau membawa bekal apa.

Cara bikinnya pun gampang:

  • Rebus 2-3 buah kentang sampai lunak
  • Haluskan sembari panaskan satu sendok teh mentega
  • Masukkan kentang yang dihaluskan tadi, campur susu vanila rendah lemak
  • Aduk rata, ganti garam dengan kaldu jamur NON-MSG untuk mempertahankan nutrisinya
  • Tunggu hingga baunya harum
  • Enjoy your meal!

Itu dia referensi bekal sehat dan gampang banget dibuat sendiri buatmu yang nggak suka sayur. Selamat mencoba!

Related Articles