Agar Senyummu Sempurna dan Awet Muda, Singkiran Lip Lines Dengan Cara Ini

Jun 02, 2018 by carmelw

Saat sedang berkaca, pernahkah kamu memperhatikan adanya keriput serta garis-garis yang muncul di sekitar mulut? Jika ada, itulah yang disebut dengan garis bibir atau lip lines. Biasanya, munculnya garis bibir secara umum terjadi di bibir atas karena berkurangnya elastisitas dan kolagen pada bibir akibat faktor usia, paparan sinar matahari, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan obat-obatan serta minuman beralkohol, pola makan yang buruk, kurang berolahraga, dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak ada yang perlu dikuatirkan dengan munculnya garis bibir. Hanya saja, jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat garis-garis keriput itu akan membuat penampilan wajah tampak lebih tua. So, buat kamu yang bermasalah dengan munculnya garis bibir, berikut ini akan Miignon bagikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Memperlancar aliran darah dengan kayu manis dan minyak alami

lip lines
Sumber: pexels.com

Kayu manis adalah bahan tradisional yang telah lama digunakan sebagai obat-obatan tradisional Cina dan India terutama untuk menyeimbangkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kolesterol. Selain itu, kayu manis baik untuk kesehatan kulit terutama untuk merangsang aliran darah ke lapisan atas kulit guna menyehatkan dan membersihkan serta mengatasi kulit keriput dari dalam.

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengobati garis bibir dan keriput di sekitar mulut. Campurkan bubuk kayu manis dengan minyak alami seperti minyak jojoba, minyak kelapa yang memberikan manfaat tambahan anti kerut pada kulit, kemudian pijat ke area sekitar bibir lalu biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi

lip lines
Sumber: pexels.com

Karena merasa panik dengan kemunculan garis di sekitar bibirnya, kebanyakan wanita akhirnya beralih pada perawatan dengan menggunakan krim topikal untuk mengatasi kerut. Namun, selain itu memperbaiki pola makan dipercaya dapat membantu tubuh bekerja lebih maksimal dalam menciptakan kulit yang halus dan sehat.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi seperti aneka buah beri, brokoli, wortel, serta bayam sebagai menu harian.  

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

lip lines
Sumber: adorebeauty.com.au

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat dan mencegah timbulnya garis bibir adalah melindungi kulit sensitif di area sekitar bibir dengan pemakaian sunscreen secara rutin. Tidak bisa dipungkiri bahwa sinar matahari merupakan sumber terbesar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya kerutan dan kerusakan pada kulit. Gunakan sunscreen SFP 30 atau 45 pada wajah sebelum keluar rumah untuk menjaga kulit agar tetap terlindungi, lalu ulangi setiap dua jam sekali.

Aplikasikan pelembab di sekitar area bibir

lip lines
Sumber: pexels.com

Lapisan kulit wajah yang kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan terjadinya kerusakan kulit termasuk di area sekitar bibir. Karenanya, oleskan pelembab setidaknya sekali sehari, terutama di pagi hari untuk mencegah timbulnya garis bibir yang disebabkan karena kulit kering dan pecah-pecah.

Lakukan pengelupasan kulit

lip lines
Sumber: pexels.com

Lakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi dengan menggunakan scrub setidaknya satu kali seminggu. Pengelupasan kulit bermanfaat untuk mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati serta membantu agar proses regenerasi kulit berjalan lebih maksimal. Pengelupasan juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih dapat menerima manfaat produk kosmetik dengan lebih baik.

Baca Juga: Bibir Hitam Bikin Minder? Yuk Atasi Dengan Perawatan Alami Yang Aman Ini

Hindari mandi terlalu lama

lip lines
Sumber: pexels.com

Terlalu lama mandi memang membuat kulit tampak bersih. Namun, akibatnya minyak alami dalam kulit menjadi terkikis dan menyebabkan timbulnya kulit kering penyebab munculnya lip lines. Mandilah dengan cepat dan usahakan selesai kurang dari 10 menit.

Gunakan pembersih khusus wajah

lip lines
Sumber: pexels.com

Meski sama-sama punya manfaat membersihkan, tetapi sabun mandi biasa seringkali dapat mengiritasi kulit. Karenanya, pilih pembersih khusus wajah untuk mencuci muka dengan lembut dan mengatasi timbulnya lip lines.

Baca Juga: Tips Aman Membuat Bibir Penuh Tanpa Perlu Operasi Atau Filler

Hindari tidur dengan posisi tengkurap

lip lines garis bibir img
Sumber: pexels.com

Faktanya, tidur dengan posisi tengkurap dapat menarik dan meregangkan kulit wajah saat tidur. Belum lagi adanya gesekan dengan kain spresi yang turut berkontribusi pada timbulnya lip lines. Berusahalah tidur dengan posisi telentang untuk melindungi kulit.

Lakukan olahraga wajah secara rutin

lip lines tidak bagus img
Sumber: pexels.com

Munculnya lip lines dapat diatasi dengan melakukan olahraga wajah secara rutin untuk memperkuat otot. Sebab, otot yang lemah dan melorot dapat menyebabkan timbulnya keriputan dan garis halus di sekitar bibir.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi lip lines yang seringkali menimbulkan kurangnya rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Selain itu usahakan untuk mencukupi kebutuhan air minum agar kulit tubuh dan wajah, terutama bibir tidak tampak kering. Selamat mencoba.

Related Articles