Agar Kualitasnya Terjaga, 9 Jenis Make Up Ini Sebaiknya Disimpan di Kulkas

Mar 14, 2017 by carmelw

Tahukah kamu  kalau kulkas bukan saja digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman saja  tetapi bisa juga digunakan untuk menyimpan make up agar tahan lama berkat kestabilan suhunya?

Yap ! Produk kosmetik terutama yang  berbasis lilin, minyak dan air dapat terpisah ketika terkena suhu panas atau kelembapan tinggi, untuk itulah produk – produk yang berbasis natural tersebut sebaiknya disimpan di kulkas karena lapisan es disinyalir mampu memperpanjang waktu kadaluarsanya.

Yuk, simak beberapa jenis make up dibawah ini yang kabarnya jika disimpan di kulkas selain semakin awet dan manfaatnya semakin maksimal, juga bisa bikin tekstur dan nutrisi yang terkandung lebih terjaga dengan baik daripada disimpan di suhu ruangan

Jenis Make Up Ini Sebaiknya Disimpan di Kulkas

Moisturizer

pick-best-moisturizer
Sumber: garnier.com

Moisturizer menjadi hal yang penting banget buat dipakai setiap hari supaya kelembaban kulit kita tetap terjaga. Meletakkan moisturizers disuhu yang dingin bisa membuat kulit kita lebih tenang pas memakainya seperti kompres pada kulit.

Krim Mata

eye-cream-lead-830x524
Sumber: gcastd.com

Krim mata yang disimpan di kulkas akan membuatnya lebih efektif ketika digunakan jika disimpan pada suhu dibawah suhu 37 derajat. Suhu dinginnya juga berfungsi untuk mengompres kantung mata atau mata pandamu.

Penyegar Wajah

facial toner
Sumber: top10inaction.com

Dengan menyimpan penyegar wajah di dalam kulkas akan membuatnya lebih tahan lama. Kebayang dong, tanpa disimpan di kulkas saja, produk yang satu ini sudah memiliki fungsi menyegarkan, apalagi jika disimpan di kulkas.

Masker Wajah

masker wajah
Sumber: marieclaire.com

Sama dengan krim wajah, menyimpan masker di dalam kulkas membantu menjaga konsistensi dan teksturnya terutama masker yang berbentuk gel. Gel biasanya memiliki fungsi melembabkan dan melembutkan, sehingga bisa menenangkan kulit apabila misalnya wajah kita terkena peradangan karena paparan sinar matahari. Buat kamu  yang mengalami kemerahan dan kulit sensitif, suhu dingin yang sejuk akan menyempitkan pembuluh kapiler dan mengurangi kemerahan.

Pensil Alis

eyebrow1
Sumber: rafichowdhury.com

Menyimpan pensil alis dalam kulkas beberapa saat sebelum menggunakannya, membuatnya lebih kuat, tidak mudah patah, serta warna tampak lebih tajam ketika diaplikasikan.

Lipstik atau Lip Balm

EOS lip balm img
Sumber: today.com

Sebaiknya menyimpan kedua produk ini dalam kulkas untuk menjaga formula dan teskturnya agar tidak mudah patah. Jika terlanjur meleleh atau mencair, masukkan segera ke dalam kulkas untuk mengembalikkan kondisinya seperti semula. Menyimpan lipstick di dalam kulkas, kabarnya bisa memperpanjang masa pemakaian sampai 1 tahun lho!

Kuteks

jenis make up yang baik disimpan di kulkas pic
Sumber: harpersbazaar.com

Kuteks sangat cocok untuk disimpan dalam lemari es hal ini untuk mencegah kuteks berubah warna dan cepat kering dan mengental serta mencegah pigmen cat kuku menebal.

Eyeliner

eyeliner baik untuk disimpan di kulkas img
Sumber: youtube.com/Jennifer Chiu

Simpanlah eyeliner di dalam kulkas, lalu 10 menit sebelum akan dikenakan, keluarkan eyeliner tersebut dengan tujuan agar hasil pemakaian eyeliner lebih tahan lama dan tidak menyebabkan kekeringan di area mata.

Lotion

lotion pic
Sumber: reference.com

Menyimpan lotion dalam kulkas dapat mencegah perubahan warna dan aroma serta dapat membuatnya lebih tahan lama. Disamping itu efek dingin dari lotion akan membuat kulit terasa nyaman dan rileks.

Sekarang kamu sudah tahu kan jenis make up mana saja yang boleh dan disarankan untuk disimpan di kulkas?  Namun perlu diingat untuk tetap memperlakukannya sesuai dengan kandungan yang ada dalamnya dan simpanlah di suhu dingin yang normal. Penting juga untuk memperhatikan  lamanya waktu penyimpanan. Menyimpan kosmetik di dalam kulkas, sebaiknya dilakukan dalam waktu yang cukup, yaitu antara 4-6 jam. Selebihnya, kamu bisa mengeluarkannya untuk sementara pada suhu ruangan yang normal. Setelah 2-3 jam kemudian, kamu bisa menyimpannya kembali di dalam kulkas sesuai dengan waktu yang dianjurkan

Related Articles