From AA Cream to PP Cream, Apa Sih Beda dan Fungsinya?

May 03, 2018 by carmelw

Seiring dengan berjalannya waktu, produk-produk kosmetik di dunia semakin mengalami perkembangan yang luar biasa. Jika selama ini kita mengenal BB cream yang memiliki manfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kini muncul produk kecantikan lain yang dikenal dengan CC, DD, EE, dan PP, dan AA cream.

Meski sekilas terlihat memiliki nama yang mirip, ternyata masing-masing produk punya manfaat yang berbeda yang penggunannya juga ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda pula. Belum tahu apa perbedaan dari masing-masing produk yang disebutkan di atas? Simak pembahasan Miignon berikut ini.

AA cream

aa cream
Sumber: cathydoll.co.id

AA cream merupakan kepanjangan dari anti aging cream yang menjadi generasi awal adanya berbagai krim wajah dengan huruf kembar. AA cream mengandung anti oksidan sehingga manfaat dari AA cream ini sudah sangat jelas, yaitu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan dan garis halus serta noda hitam di wajah, terutama saat wanita memasuki usia 30-an.

BB cream

rekomendasi bb cream lokal
Sumber: carousell.com

BB cream adalah kependekan dari beauty balm yang semakin populer di Asia berkat riasan natural ala Korea yang mendunia. BB cream umumnya memiliki tekstur yang creamy  dan ringan sehingga cocok untuk digunakan sebagai alas bedak sehari-hari yang memiliki kandungan sheer to medium coverage untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda ringan di kulit.

BB cream biasanya juga mengandung SPF dan PA untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar matahari di samping kandungan lainnya yang dapat melembabkan sekaligus  menutrisi kulit.

Baca Juga: 7 Rekomendasi BB Cream Lokal Jagoan Versi Miignon

CC cream

aa cream
Sumber: makeupalley.com

CC adalah singkatan dari color control atau color correcting yang diciptakan untuk mengatasi masalah kulit dengan penekanan pada koreksi warna kulit, seperti noda hitam, timbulnya ruam kemerahan, warna kulit tidak merata, serta bekas jerawat.

Seperti produk BB cream, CC cream juga memiliki SPF dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat menimbulkan berbagai masalah di kulit. Karena teksturnya yang ringan, penggunaan CC cream bisa dipertimbangkan sebagai alas bedak pada rutinitas harian.

DD cream

aa cream wardah img
Sumber: watsons.com.my

Selanjutnya kita akan membahas tentang DD cream yang merupakan singkatan dari double defense atau dynamic do-all cream. Berbeda dengan BB cream dan DD cream yang bisa diaplikasikan pada wajah setiap hari, DD cream sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan karena kandungannya yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Sebenarnya DD cream ini merupakan kombinasi dan perpaduan antara BB dan CC cream yang berfungsi untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kulit, meratakan warna serta membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Dengan tekstur yang hampir sama dengan BB dan CC cream, DD cream memiliki keistimewaan untuk mencegah penuaan diri pada kulit.

EE cream

aa cream miracle img
Sumber: watsons.com.my

Extra exfoliation cream atau yang lebih dikenal dengan EE cream bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit serta membantu  proses regenerasi kulit. Selain itu EE cream juga bermanfaat untuk melembabkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari penyebab munculnya berbagai masalah kulit. Sama seperti DD cream, EE cream juga sebaiknya tidak terlalu sering digunakan terutama bagi mereka yang memiliki kulit tipis dan sensitif.

PP cream

aa cream untuk wajah img
Source : Pink Perfect Cream emmahill.net

Pink perfect cream atau PP cream merupakan produk primer  yang mengandung partikel silikon untuk membuat kulit tampak halus dan mulus dengan cara menyamarkan area kulit yang tidak rata. PP cream cocok untuk digunakan semua jenis kulit, tetapi karena sifatnya yang primer, penggunaannya harus dibarengi dengan produk lain seperti foundation, bb cream, cc cream, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Lho Bedanya Foundation Stik, Cair, Powder, dan Cream, Ternyata Nggak Sama

 

Nah, sekarang sudah jelas kan perbedaan diantara kelima krim kecantikan dengan huruf kembar sebagai penamaan produknya? Pelajari baik-baik deskripsi masing-masing produk sebelum membelinya, supaya benar-benar dapat mendapatkan hasil maksimal yang akan bermanfaat bagi kecantikan kulitmu.

 

Related Articles