9 Tips Cantik di Usia 30an, Usia Matang Makin Bersinar!

May 02, 2018 by carmelw

Memasuki usia 30-an akan banyak perubahan yang akan terjadi pada kulit wanita. Terutama yang berhubungan dengan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kulit kendur, keriput, bintik hitam, dan lain sebagainya. Karenanya, banyak wanita yang kemudian merasa khawatir dan melakukan berbagai macam perawatan kecantikan agar kulit wajah tetap terlihat cantik dan awet muda. Padahal, cantik itu nggak harus mahal. Asalkan tahu bagaimana caranya menyiasati penampilan agar lebih percaya diri menjelang usia 30-an.

Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya, berikut ini 9 tips cantik di usia 30-an:

Tips cantik di usia 30an #1: Pilih krim wajah dengan formula ringan

Memasuki usia 30-an, akan lebih banyak risiko yang akan terjadi pada kulit seperti kusam, munculnya jerawat, kulit kendur, dan lain sebagainya. Sebaiknya pilih krim wajah atau serum dengan formula ringan daripada krim anti penuaan dengan formula yang berat dan membuat kulit lebih rentan terhadap munculnya jerawat.

Tips cantik di usia 30an #2: Gunakan produk yang mengandung antioksidan

Salah satu penyebab utama terjadinya penuaan diri pada kulit adalah radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar matahari dan berbagai polusi seperti asap rokok, dan lain-lain. Untuk mencegahnya, dibutuhkan perlindungan maksimal melalui pemakaian  produk-produk yang mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin E secara rutin.

Tips cantik di usia 30an #3: Gunakan face oil

Saat memasuki usia tiga puluhan, umumnya kulit akan kehilangan kelembutan dan kelembabannya. Solusinya, gunakan face oil untuk memijat area wajah dengan lembut untuk mengembalikan keremajaan kulit. Pilihlah face oil yang tidak terlalu berminyak, cocok untuk semua kulit, kaya akan asam lemak yang dapat melembutkan wajah.

Baca Juga: Serba Serbi Face Oil

Tips cantik di usia 30an #4: Aplikasikan retinol

Salah satu kenyataan yang harus dihadapi menjelang usia 30-an adalah melambatnya produksi sel kulit dan kolagen yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit. Karenanya dibutuhkan produk yang mengandung retinol untuk menstimulasi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. Retinol adalah derivatif dari vitamin A yang dapat bekerja secara efektif untuk merangsang pergantial sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen.

Baca Juga: Tips Memilih dan Melakukan Perawatan Wajah Sesuai Dengan Tahapan Usia

Tips cantik di usia 30an #5: Aplikasikan sunscreen

Banyak orang yang salah kaprah tentang penggunaan suncreen selama ini. Alih-alih hanya digunakan pada saat melakukan aktivitas lapangan seperti berenang dan berolahraga outdoor, sunscreen seharusnya juga digunakan secara rutin setiap hari bahkan jika tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

Tips cantik di usia 30an #6: Hindari kosmetik yang mengandung shimmer

Kenyataannya, mengaplikasikan terlalu banyak kosmetik yang mengandung shimmer akan memperjelas tampilan garis halus sehingga akan membuat wajah tampak lebih keriput dan pori-pori semakin membesar. Aplikasikan produk dengan hasil akhir matte agar tampilan wajah tampak lebih lembut dan tidak berlebihan.

Tips cantik di usia 30an #7: Tidak berlebihan merias area mata

Area mata mengandung kulit paling tipis dan jumlah garis halus yang cukup banyak pada wajah. Karenanya, menerapkan terlalu banyak riasan pada mata akan memperjelas tanda-tanda penuaan pada wajah. Pilihlah warna-warna matte yang cenderung lembut seperti pink, beige, chocolate dan untuk mempertegas mata, cukup aplikasikan maskara satu lapis saja.

Tips cantik di usia 30an #8: Bersihkan wajah dua kali sehari

Membersihkan wajah secara rutin setidaknya dua kali sehari akan mengurangi sel-sel kulit mati di permukaan kulit sehingga akan membuat kulit tampak lebih segar dan berkurang kekusamannya.

Tips cantik di usia 30an #9: Kurangi makan manis

Produk makananan yang mengandung gula terbukti dapat meningkatkan efek penuaan dan juga dapat memperburuk kulit dengan munculnya jerawat dan rosacea. Sebab, makanan yang mengandung produk gula dapat mengaktifkan peradangan dan mengikat kolagen yang berdampak pada kulit menjadi kasar. Sebaiknya seimbangkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan sebisa mungkin menghindari produk gula dan kafein untuk mencegah masalah pada kulit.

Demikial kesembilan tips kecantikan bagi mereka yang sedang berada dalam rentang usia 30an. Tidak terlalu sulit untuk diterapkan, bukan?

 

Related Articles