9 Situs Website Sahabat Para Content Writer

Mar 09, 2017 by Alifah Puarada

Kamu content writer ? Wah, berarti kamu hebat. Setiap hari kamu harus mencari ide tulisan yang menarik untuk tulisanmu. Kalau kamu menulis di beberapa website, kamu juga harus mencocokkan ide tulisan dengan tema website.

Setelah ide datang, content writer masih harus mengembangkan pemikiran supaya menjadi satu tulisan utuh. Asal jadi saja nggak cukup, harus dipastikan tulisan tersebut layak dibaca. Itu berarti : nggak ada salah ketik, ejaan tepat, diksi sesuai, plus grafis nggak bikin sakit mata.

Banyak ya, pekerjaan kamu ? Tapi tenang saja, kamu hidup di era internet. Memangnya apa tujuan diciptakannya internet selain untuk mempermudah hidup ? Supaya hemat waktu, kamu boleh banget memanfaatkan sembilan situs di bawah ini. Sering-sering kunjungi dan jadikan sahabat kamu ya ?

9 Situs Website Sahabat Content Writer

web untuk content writer img

  1. Hubspot’s Blog Topic Generator

Semua penulis (termasuk kamu yang content writer) pasti setuju kalau kemunculan ide nggak bisa ditebak. Kadang ide muncul tiba-tiba ketika sedang di toilet, kadang ketika melamun nggak jelas. Sering juga kamu sudah menghidupkan laptop namun ide nggak muncul-muncul sampai kamu nyerah dan berakhir nonton drama Korea. Istilah kerennya : writer’s block. Otak seperti buntu nggak ada ide sama sekali.

Nah, topic generator seperti ini bisa menjadi penyelamat kamu. Salah satu website pencari ide yang paling mudah digunakan adalah Hubspot. Desainnya bersih minimalis pakai latar warna putih. Jadi nyaman di mata.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan satu, dua, atau tiga kata kunci yang sesuai dengan tema besar tulisanmu. Lalu klik tombol “Give Me Blog Topics”. Muncul deh 5 calon judul untuk topik tulisanmu. Kalau belum pas, klik “Try Again”.

  1. Fat Joe Blog Post Tittle Idea Generator

Fat Joe ini juga mirip dengan Hubspot. Prinsipnya adalah memasukkan kata kunci lalu dipecah menjadi banyak calon headline. Tampilan topic generator yang ini lebih simpel tapi hasil generator yang muncul lebih banyak dan variatif.

design web pic

  1. Canva

Zaman sekarang tulisan saja kurang menarik. Grafis itu penting banget. Tapi kalau mau buat heading, banner, atau infografis lewat aplikasi desain grafis kadang bikin malas karena menyita waktu. Kalau itu masalahmu, manfaatkan saja situs web bernama Canva. Ini situs editing grafis daring. Menggunakannya mudah. Tapi kamu harus sign up dulu. Dijamin nggak rugi !

Setelah log in, kamu bisa membuat grafis apa saja di Canva. Header blog, heading artikel, posttingan media sosial, sampai CV bisa dibuat di sini. Semua sudah ada templatenya, tinggal klik sana sini, ganti gambar, ganti tulisan, unduh, beres.

  1. Vengage

Kalau template infografis milik Canva hanya tersedia satu ukuran persegi panjang, alternatifnya adalah Vengage. Ini juga situs grafis online. Sedikit lebih ribet dari pada Canva, tapi template infografisnya beragam.

  1. Pexels

Siapa yang masih suka asal comot gambar dari hasil googling ? Jangan lagi ya, nanti kena UU Hak Cipta kan repot. Sekarang ada banyak kok situs penyedia gambar berlisensi CC0 alias gratis. Salah satunya Pexels. Kamu bisa meminjam gambar dari sini tanpa memberikan atribusi untuk penggunaan personal. Persediaan gambarnya banyak, kamu tinggal cari melalui kata kunci.

pixabay untuk mencari ide gambar pic

  1. Pixabay

Situs penyedia gambar gratis lain yang juga menjadi sahabat para content writer adalah Pixabay. Kamu nggak perlu sign up untuk mengunduh gambar dari sini. Bagusnya lagi, situs Pixabay berbahasa Indonesia. Jadi kamu bisa mengetik keyword berbahasa Indonesia. Stok gambarnya juga luas, segala kategori ada.

  1. Stocksnap

Masih kurang lagi gambarnya ? Coba juga Stocksnap kalau begitu. Ini juga menyediakan gambar gratis. Kata kuncinya bahasa Inggris ya.

  1. kbbi.web.id

Selesai urusan visual, saatnya mencari tahu apakah tulisan yang kamu buat ejaannya tepat atau perlu koreksi. Pasti malas membuka KBBI super tebal itu kan ? Jangan khawatir, sekarang ada KBBI Online. Cari saja kata yang mau kamu pastikan ejaan bakunya.

  1. sinonimkata.com

Situs sahabat content writer yang kesembilan adalah Sinonimkata. Kalau kosa katamu terbatas, kamu cenderung mengulang-ulang banyak kata pada tulisanmu. Pembaca bisa bosan karena artikel buatanmu kelihatan belibet. Kamu perlu mencari padanan untuk sebagian diksimu.

Cukup membantu kan 9 situs tadi ? Selamat melanjutkan tulisan !

Related Articles