7 Tips Mencari Pekerjaan Kekinian Buat Generasi Milenial

Sep 21, 2017 by carmelw

Ada jenjang dalam suatu kehidupan yang harus dijalani setiap manusia seiring dengan pertambahan usia mereka. Salah satunya mencari pekerjaan. Masalahnya, peluang mendapatkan pekerjaan bagi generasi milenial saat ini tidak semudah jaman generasi sebelumnya.

Persaingan dunia kerja saat ini yang lebih banyak mencari tenaga yang berpengalaman, memaksa para fresh graduate untuk lebih cerdas dan kreatif dalam usaha mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Nah jika kamu adalah generasi milenial yang melek teknologi dan baru saja lulus, mencari pekerjaan kekinian adalah perkara gampang-gampang susah, tapi kamu pasti bisa menaklukkannya. Asalkan kamu tahu caranya berikut ini.

Mencari pekerjaan kekinian yang sesuai dengan kemampuan dan kata hatimu

Mencari pekerjaan kekinian picture
Sumber: pexels.com

Langkah pertama dalam pencarian pekerjaan yang sesuai adalah mengidentifikasi pekerjaan apa yang diinginkan. Dari proses tersebut setidaknya kita tahu apa passion kita dalam hal pekerjaan. Hal ini nantinya berkaitan dengan hal lain selanjutnya seperti berapa gaji yang akan kita harapakan, termasuk juga lingkungan kerja seperti apa yang sesuai dengan karakter kita. 

Proses identifikasi ini mungkin nantinya tidak melulu sesuai dengan apa yang kita harapkan, apalagi bagi mereka yang belum memiliki pengalaman. Tapi jangan berputus asa terlebih dahulu, apapun jenis pekerjaan yang kamu dapatkan di awal kelulusanmu dapat digunakan untuk membangun keterampilan, mendapatkan pengalaman, dan memberi peluang untuk pekerjaan masa depan yang lebih ideal.

Perluas relasi dan jaringan kerja

Perluas relasi dan jaringan kerja pic
Sumber: pexels.com

Generasi milenia adalah generasi media sosial. Lewat media sosial, kita dapat membangun relasi dan memperluas jaringan kerja, serta mencari koneksi untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, misalnya lewat dua cara berikut ini:

Mendaftar di LinkedIn 

mencari pekerjaan dengan Mendaftar di LinkedIn img
Sumber: business.linkedin.com

Jaringan media sosial yang satu ini memang diarahkan bagi mereka yang mencari kerja. Melalui situs ini, perusahaan dapat  mencari informasi tentang kandidat calon pelamar, sekaligus sebagai sumber informasi lowongan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.

Ikut grup alumni bisa membuka jalanmu mencari pekerjaan kekinian

Ikut grup alumni untuk mencari pekerjaan foto
Sumber: news.appstate.edu

Nilai positif dari mengikuti grup alumni bukan hanya sekedar untuk eksistensi dan menjalin silaturahmi saja. Melainkan juga dapat dijadikan sumber yang terpercaya untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan perkejaan. Grup alumni terbukti sukses untuk membuka jalan pada bidang-bidang yang diminati terutama bagi alumni yang baru lulus untuk memasuki dunia kerja yang profesional.

Gunakan social media untuk portofolio

mencari pekerjaan
Sumber: pexels.com

Sadar nggak sih, di jaman milenial ini, sosial media bisa menjadi gambaran karaktermu? Berhati-hatilah, Girls, sebab nggak jarang sosial media dijadikan perusahaan untuk menilai bagaimana kamu sebenarnya.

Sebisa mungkin bersihkan akunmu dari hal-hal nggak penting yang dapat membuat perusahaan berpikir dua kali untuk menerimamu sebagai karyawan. Hapus status yang berisi joke-joke kasar, umpatan-umpatan, status yang selalu mengeluh, sharing-sharing ujaran kebencian dan mengandung rasisme, dan hal lain yang dapat menggugurkan perusahaan dalam menilai dirimu.

Sebaliknya, gunakan media sosial dengan bijak dan jadikanlah sebagai portofolio positif yang akan memberi nilai lebih. Misalnya dengan memajang hasil foto terbaikmu, lampiran puisi ciptaanmu, deretan lagu-lagu karanganmu, foto lukisanmu, dan lain sebagainya.

Buat resume digital yang bagus

mencari pekerjaan
Sumber: pexels.com

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup akan menjadi kesempatan pertama bagi perusahaan untuk menilai calon pelamar kerja apakah layak untuk lanjut ke jenjang berikutnya. Oleh sebab itu buatlah resume digital yang bagus agar dapat menarik perhatian perekrut saat lamaranmu harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pelamar lain yang juga mencari pekerjaan.

Ada banyak template yang bisa kamu cari dan gunakan di internet dalam membuat resume digital ini. Penting untuk diperhatikan, resume yang kamu buat haruslah kreatif, dan informatif, serta sesuaikan dengan karakter perusahaan yang kamu lamar.

Ucapkan terimakasih setelah melakukan wawancara

mencari pekerjaan
Sumber: pexels.com

Apapun hasil yang akan kamu dapatkan nanti, diterima atau tidaknya dalam perusahaan yang telah melakukan wawancara denganmu, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ucapan terimakasih yang bisa kamu kirimkan melalui e-mail, dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima di sebuah posisi pekerjaan.

Ucapan terimakasih juga dapat menunjukkan rasa ketertarikan yang serius pada posisi di pekerjaan yang dilamar, dan juga untuk meyakinkan pewawancara bahwa kamu adalah kandidat karyawan yang sedang dicari oleh perusahaan.

Mencari pekerjaan kekinian memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, Girls. Tapi, jangan berputus asa terlebih dahulu, karena setiap proses dan waktu yang kamu lewati dalam mencari pekerjaan akan menjadikan pengalaman yang paling baik untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

 

Related Articles