7 Manfaat Bath Salt atau Garam Mandi bagi Kesehatan

Feb 20, 2017 by Kanya Anindita

Mungkin kamu sudah sering menjumpai bath salt atau garam mandi di berbagai toko kecantikan atau pusat perbelanjaan dan penasaran akan khasiatnya. Tetapi, sebelum mencari tahu manfaatnya, kamu perlu tahu asal usul bath salt terlebih dahulu. Bath salt adalah mineral yang berasal dari laut. Kandungan bath salt antara lain magnesium sulfat, natrium klorida, natrium bikarbonat, natrium hexametaphosphate, natrium sesquicarbonate, natrium sitrat, dan masih banyak lagi.

Bath salt sudah dimanfaatkan untuk kesehatan manusia sejak 2.700 SM di Cina dan setelah itu pemakaiannya mulai dikembangkan di Yunani dan negara-negara Eropa lainnya. Karena bath salt memiliki banyak manfaat terutama dalam hal kecantikan, banyak spa dan klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan yang menggunakan benda yang bentuknya mirip seperti kristal ini. Tetapi, kamu pun bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai toko kecantikan dan mencobanya sendiri di rumah. Ingin tahu apa saja manfaat bath salt atau garam mandi bagi kesehatan? 

7 Manfaat Garam Mandi (Bath Salt) Bagi Kesehatanmu

1. Menghaluskan kulit

berfungsi menghaluskan kulit pic
Sumber: aucanize.com

Beberapa mineral yang terkandung dalam bath salt seperti magnesium, kalium, kalsium, bromida, dan natrium memiliki manfaat untuk menghaluskan, melembutkan, dan mengenyalkan kulit. Mandi dengan bath salt secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik (coba bath salt yang memiliki kandungan jeruk).

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

garam mandi dapat mengangkat sel mati img
Sumber: blog.lavie-organique.com

Bath salt juga terbukti ampuh dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Cocok untuk kamu yang memiliki kulit kasar, bekas jerawat, atau stretch marks. Usapkan bath salt pada tubuh yang sudah dibasahi, lalu pijat bagian tubuh yang terdapat sel-sel kulit mati dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa menit lalu bilas tubuhmu dengan air hangat.

3. Mencerahkan kulit

Sumber: eBay

Bath salt dengan kandungan lemon atau yogurt bisa membantu mencerahkan kulit lho! Terutama pada daerah-daerah lipatan seperti ketiak, daerah kemaluan, dan lutut. Lakukan perawatan dengan bath salt secara rutin selama dua kali dalam seminggu agar kulit menjadi lebih cerah.

4. Meredakan stress

mengurangi stress - lebih relaks pic
Sumber: wisegeek.com

Selain bisa mempercantik kulit, bath salt juga mampu merelaksasikan tubuh. Bath salt yang berasal dari Dead Sea atau Laut Mati terbukti dapat membantu pemakainya dalam menghilangkan insomnia, mengurangi stres, dan menghilangkan lelah pada tubuh dikarenakan oleh kandungan magnesium yang dimilikinya. Cobalah mandi dengan bath salt yang beraroma lavender atau chamomile di malam hari sebelum kamu tidur.

5. Mengobati penyakit sendi

Sumber: Livestrong.com

Kalau kamu sering merasa pegal atau sedang cedera, mandi dengan bath salt adalah solusinya. Kandungan bromida yang dimilikinya membantu meregangkan otot-otot yang kaku dan mempercepat penyembuhan cedera pada otot. Selain itu, kandungan magnesiumnya juga bisa mencegah osteoporosis.

6. Menghilangkan racun dari tubuh

menghilangkan racun dari tubuh dengan garam mandi pic
Sumber: SoCal Cleanse

Kandungan sulfat pada bath salt membantu menyiram racun dan logam berat dari sel-sel, mengurangi rasa sakit pada otot, dan melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya. Kulit adalah membran yang memiliki banyak pori, sehingga bath salt akan memicu proses yang disebut reverse osmosis yang menarik garam keluar bersamaan dengan zat-zat yang beracun dari tubuh. Coba berendam dengan bath salt selama 10 menit minimal satu kali dalam seminggu dan lihatlah perubahannya terhadap kulit dan tubuhmu.

7. Meredakan iritasi kulit

Sumber: Verywell

Kalau kamu pemilik kulit yang mudah iritasi, nggak usah khawatir untuk menggunakan bath salt saat mandi, karena bath salt justru bisa menyembuhkan iritasi kulit seperti infeksi jamur, jerawat, kulit terbakar, dan ruam. Pastikan bahwa produk bath salt yang kamu beli mengandung sulfur dan mineral yang lengkap. Lakukan perawatan dengan bath salt minimal dua kali dalam seminggu untuk mempercepat hilangnya iritasi pada kulit.
Referensi:

http://www.bathsalt.net/Benefits_of_Bath_salts.html

http://www.womenshealthmag.com/beauty/salt-beauty-uses

http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/Improve-your-skin-quality-with-bath-salt/articleshow/14495181.cms

https://www.seasalt.com/salt-101/epsom-salt-uses-benefits/

 

Related Articles