7 Kuil di Kyoto Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

Jan 30, 2018 by Larissa

Jepang enggak melulu serba modern. Banyak sudut-sudut Jepang yang juga kental dengan budaya. Bahkan di tengah-tengah kota besar pun kamu bisa menikmati kekayaan budaya Jepang yang telah berdiri ratusan tahun lamanya, yaitu kuil. Di daerah Kyoto terutama, terdapat banyak sekali kuil besar dan indah yang wajib menjadi destinasi traveling kamu saat ke Jepang. Belum afdol bukan, kalau kamu traveling tanpa mengenal budaya tempat tersebut. Makanya, yuk, kenali berbagai kuil di Kyoto, Jepang di bawah ini!

7 Kuil di Kyoto, Jepang

 

Kiyomizudera

kuil di kyoto jepang pic
Japan-guide.com

Kiyomizudera adalah salah satu kuil di Kyoto yang paling terkenal, bahkan di Jepang. Kuil ini dikenal karena berbentuk semacam rumah panggung dari kayu yang dibangun 13 meter di atas bukit. Uniknya kuil ini dibangun tanpa menggunakan paku sama sekali. Pengunjungnya bisa menikmati pemandangan yang membentang dari selasar kuil. Pohon mapel dan ceri akan menyejukkan matamu. Kiyomizudera juga dikenal dengan Air Terjun Otowa, yang jika airnya diminum akan membuatmu mendapat nasib baik dalam kesehatan, kesuksesan akademik, dan cinta.

Kuil Heian

heian shrine kyoto jepang
Japan-guide.com

Heian Shrine atau kuil Heian bisa dibilang masih tergolong muda usianya dibanding kuil-kuil di Jepang lainnya. Kuil ini baru dibangun pada 1895 sebagai bentuk penghormatan untuk raja pertama dan terakhir yang berkuasa saat itu di Kyoto. Area kuil ini sangat luas dan megah. Begitu memasuki area kuil, kamu akan disambut oleh gerbang torii yang sangat besar. Kuil ini dikenal dengan halaman berpasir putihnya yang sangat luas.

Kinkakuji

kinkuji golden pavilion kyoto jepang
Japan-guide.com

Kinkakuji atau lebih terkenal dengan sebutan Golden Pavilion adalah kuil yang dinding luar pada bagian lantai atasnya dilapisi oleh emas. Kuil ini dulunya dibangun untuk digunakan sebagai villa oleh shogun Yoshimitsu. Setelah shogun itu meninggal, villanya dijadikan kuil. Golden Pavilion memiliki pemandangan yang spektakuler karena kuil ini menghadap langsung ke sebuah kolam. Kuil emas ini merupakan bangunan satu-satunya dalam komplek kuil ini karena semuanya sudah runtuh karena perang.

Ginkakuji

ginkakuji silver pavilion kyoto jepang
Japan-guide.com

Ginkakuji atau Silver Pavilion adalah kembaran dari Kinkakuji (Golden Pavilion). Kuil ini dibangun oleh cucu dari shogun Yoshimitsu, Yoshimasa, dan awalnya juga dibangun sebagai villa. Setelah Yoshimasa meninggal, barulah villanya dijadikan kuil. Karena Yoshimasa sangat menyukai seni, kuil ini dikenal karena koleksi seni kontemporernya, yang dikenal sebagai Budaya Hagashiyama. Budaya ini pada akhirnya sangat berpengaruh pada budaya Jepang secara keseluruhan. Tidak seperti Kinkakuji yang dilapisi emas, Ginkakuji tidak dilapisi oleh perak sesuai dengan namanya. Nama Silver Pavilion datang dari pantulan bulan di malam hari yang memantul pada dinding hitam kuil itu.

 

Kuil Yasaka

yasaka shrine kyoto jepang
Japan-guide.com

Kuil Yasaka terletak di antara Distrik Gion dan Higashiyama, membuat kuil di Kyoto ini sering dikunjungi oleh orang yang berpergian di antara kedua distrik itu. Di tengah kuil tersebut terdapat panggun tarian dengan hiasan ratusan lentera di atasnya. Lentera itu merupakan sumbangan dari berbagai bisnis di Jepang yang memberikan donasi pada kuil itu dengan harapan mendapat nasib baik. Kuil ini terkenal karena festival musim panasnya, Gion Matsuri, yang dilaksanakan setiap Juli. Festival tersebut adalah terbesar di seluruh Jepang. Yasaka juga menjadi objek wisata yang sangat ramai saat musim semi karena kuil ini dikelilingi pohon sakura.

Kuil Kodaiji

kodaiji temple kyoto jepang
Japan-guide.com

Kodaiji adalah kuil megah yang terkenal sebagai kuil untuk para pencari jodoh. Kuil ini dibangun sebagai memorial untuk figur bersejarah Jepang terhebat, Hideyoshi, oleh istrinya Nene, yang pada akhirnya diabadikan di kuil ini juga. Kodaiji terdiri dari berbagai bangunan dalam satu komplek kuil yang luas dan dihiasi oleh taman zen yang indah. Begitu memasuki kuil ini, pengunjung akan langsung merasa tenteram karena suasananya yang sangat tenang. Kuil ini juga dikenal dengan taman batu yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk samudra yang luas.

Fushimi Inari

gerbang kuil fushimi inari photo
Japan-guide.com

Fushimi Inari dikenal karena ribuan gerbang torii dengan panjang berkilo-kilo meter dari bangunan kuil pertama hingga puncak bukit. Dibutuhkan waktu paling tidak dua jam untuk melewati seluruh lorong gerbang torii tersebut. Pengunjung akan melewati gerbang torii sambil menikmati pemandangan hutan kayu di jalan menanjak bukit. Ribuan gerbang torii tersebut adalah pemberian dari berbagai perusahaan di Jepang yang mengharapkan nasib baik untuk bisnis mereka. Jadi, saat kamu melewati gerbang-gerbang itu, kamu akan melihat nama-nama perusahaan terukir di gerbang itu. Kuil ini juga dikenal dengan patung serigala di berbagai sudut kuilnya karena serigala dipercaya sebagai pengirim pesan dari kuil ini.

Related Articles