7 Kebiasaan yang Membuat Kuku Jadi Rapuh & Mudah Patah

Apr 09, 2017 by Kanya Anindita

Kuku mungkin menjadi salah satu bagian tubuh yang kurang diperhatikan oleh banyak orang. Kalau pun diperhatikan, biasanya kita hanya fokus pada kebersihan dan keindahan warna kuku saja sehingga kita nggak sadar bahwa kuku kita ini rapuh dan mudah patah. Banyak dari kita yang mengantisipasinya dengan sering mengguntingnya dan membiarkannya tetap pendek. Membiarkan kuku tumbuh panjang memang lebih beresiko membuat kuku menjadi mudah patah (dan tentu saja kotor), tetapi memotongnya terlalu pendek juga bisa menyebabkan luka yang semakin memperburuk kondisi kesehatan kuku kita. Akan tetapi, bukan kebiasaan memotong kuku yang menyebabkan kuku kita nggak kuat. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang membuat kuku kita jadi rapuh dan mudah patah.

Kebiasaan yang Membuat Kuku Jadi Rapuh dan Mudah Patah

1. Mengginggit kuku

Kamu pastinya sudah sering mendengar hal ini bukan? Meskipun terdengar sepele, namun ternyata kebiasaan yang satu ini memang terbukti bisa menyebabkan kuku jadi rapuh dan mudah patah.Onychophagia atau kebiasaan menggigit kuku ini biasanya sudah dimiliki oleh seseorang sejak kecil. Nggak hanya membuat kuku jadi rapuh, kebiasaan jelek ini juga bikin penampilan kuku terlihat jelek. Meskipun nggak mudah, kebiasaan ini sangat mungkin untuk dihilangkan.

2. Terlalu sering mengetik

Mungkin yang satu ini terdengar baru untukmu, tetapi terlalu sering mengetik (terutama di saat kuku panjang) bisa membuat kuku jadi rapuh lho! Kuku akan semakin beresiko untuk patah jika kamu terlalu sering melakukan aktivitas yang mengenai kuku. Sama halnya bila kamu sering bermain gitar. Sebaiknya, jangan biarkan kuku tumbuh terlalu panjang dan hindari aktivitas-aktivitas yang bisa mencederai kukumu.

3. Jarang memakai lotion

Selama ini kamu mungkin mengira bahwa kukumu nggak membutuhkan pelembab. Tapi, ternyata kuku juga bisa mengalami dehidrasi. Sama seperti rambut, kuku yang kering juga bisa rapuh dan mudah patah. Jadi, biasakan untuk mengenakan lotion pada tangan dan kukumu setiap pagi dan malam hari.

4. Mengenakan kuteks terlalu lama

Kuku yang berwarna-warni dan berornamen memang terlihat cute. Tetapi, kamu perlu tahu bahwa membiarkan kuteks bertahan terlalu lama bisa berdampak buruk pada kuku. Kebanyakan cat kuku mengandung bahan-bahan yang bisa menghilangkan kelembapan pada kuku dan membuatnya jadi kering dan semakin lemah. Jadi, sebaiknya kamu menghapus cat kukumu setelah lima hari dengan menggunakan nail polish remover yang berkualitas.

5. Sering menghilangkan kutikula yang ada pada kuku

Mungkin kamu berpikir bahwa kukumu bakal terlihat lebih indah jika seluruh kutikulanya dihilangkan. Padahal, kutikula pada kuku justru berfungsi melindungi kuku dari air, kotoran, dan bakteri. Jadi, sebenarnya memiliki kutikula itu normal dan sebaiknya kamu nggak menghilangkannya.

6. Menggunakan kuku untuk merobek atau melepas sesuatu

Salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan orang-orang yang bisa membuat kuku mereka jadi rapuh dan gampang patah yakni dengan menggunakan kuku sebagai alat untuk merobek atau melepas sesuatu. Biasanya, yang paling sering dilakukan adalah melepas stiker yang menempel pada suatu benda, membuka kaleng, dan melonggarkan gantungan kunci dengan menggunakan kuku. Well, jika kukumu tetap kuat dan indah saat kamu melakukan hal-hal tersebut berarti kamu sangat beruntung.

7. Terlalu sering makan junk food

Yup, mengonsumsi makanan yang nggak sehat ternyata juga bisa bikin kuku kita jadi nggak sehat. Makan junk food bisa bisa membuat kita kehilangan nutrisi yang baik untuk kesehatan kuku kita. Sebaiknya, konsumsi makanan-makanan yang bergizi dan kaya akan zat besi seperti daging merah, ayam, ikan, makanan laut, sayuran hijau, dan kacang-kacangan untuk membuat kuku kita menjadi kuat.

Related Articles