7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Cantik & Sehat Tanpa Usaha Keras

Mar 28, 2017 by Kanya Anindita

Setiap wanita tentunya ingin selalu terlihat cantik. Namun, banyak wanita yang berpikir bahwa menjadi cantik membutuhkan usaha yang keras. Nggak sedikit wanita yang rela merogoh kocek dalam demi melakukan perawatan kecantikan di dokter kulit atau salon, membeli produk-produk makeup yang harganya bisa untuk biaya hidup selama satu bulan, melakukan diet ketat, dan bahkan melakukan cara yang ekstrem seperti operasi plastik.

usaha menjadi cantik pic
Sumber: giphy.com

Padahal sebenarnya ada cara-cara lain yang lebih mudah dan normal untuk dilakukan demi bisa menjadi cantik. Nggak ada gunanya cantik tanpa tubuh dan jiwa yang sehat. Kecantikan juga membutuhkan kesehatan. Intinya, kamu perlu menjadi sehat terlebih dahulu untuk menjadi cantik. Meskipun terdengar klise, perlu diingat juga bahwa cantik nggak harus muncul dari penampilan saja, tetapi sebaiknya juga dari dalam diri kita (baca: kepribadian dan pola pikir). Nggak perlu usaha yang keras kok untuk menjadi cantik dan sehat, kamu hanya perlu melakukan tujuh kebiasaan berikut ini setiap hari.

Kebiasaan Sehari-Hari Agar Cantik dan Sehat

1. Menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh wanita adalah melupakan kondisioner setelah keramas dengan sampo. Rambutmu butuh nutrisi agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Sampo saja nggak cukup untuk melindungi rambutmu, karena sampo hanya membersihkan rambutmu dari kotoran saja, sementara kondisioner bisa membantu mencegah dan mengurangi kerusakan pada rambut. Jika kamu mau rambutmu terlihat sehat, lembut, dan bercahaya, biasakan menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas.

2. Banyak berjalan kaki setiap hari

Nggak setiap orang mau atau memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Tetapi, itu seharusnya nggak menjadi alasan bagi kamu untuk nggak bergerak setiap hari. Jika kamu bukan tipe yang suka atau rajin berolahraga, setidaknya kamu bersedia untuk banyak berjalan kaki setiap hari. Berjalan kaki bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, mencegah pikun, memperkuat sendi dan tulang, meningkatkan vitamin D dalam tubuh, dan menstabilkan berat badan.

3. Minum air mineral secukupnya setiap hari

Minum air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya yakni menjaga keseimbangan cairan tubuh, memperkuat otot, mempercantik kulit, menyehatkan ginjal, dan mengontrol kalori dalam tubuh. Nggak perlu memaksakan diri untuk minum dua liter air mineral setiap hari, cukup dengan minum satu gelas air putih setiap sehabis melakukan aktivitas yang menyebabkan cairan tubuh berkurang dan jangan biarkan dirimu dehidrasi.

4. Membersihkan wajah setelah dan sebelum tidur

Jika kamu mau terlihat cantik setiap hari, cobalah untuk fokus pada kesehatan kulit wajahmu. Biasakan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari. Bersihkan wajah sehabis bangun tidur dan kalau perlu mencucinya dengan air es untuk memperkecil pori-pori. Kemudian bersihkan wajah lagi setelah kamu beraktivitas seharian atau sebelum kamu tidur. Jangan pernah tidur tanpa menghapus makeup.

5. Membiasakan minum teh hijau atau teh hitam setiap hari

Teh hijau dan teh hitam sama-sama memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Antioksidan yang dimilikinya bisa membantu mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari radikal bebas, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan diabetes, mengontrol berat badan, dan meredakan stres. Daripada meminum kopi yang mengandung kafein tinggi, lebih baik menggantinya dengan teh hijau atau teh hitam yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

6. Mengombinasikan makanan dengan buah-buahan dan sayuran

Suka atau pun nggak, kamu harus tetap memasukkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu makanmu setiap hari jika kamu ingin punya tubuh yang sehat dan terlihat cantik. Nggak terlalu penting seberapa banyak jumlahnya, yang penting kamu mengonsumsinya secara teratur. Jangan hanya mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti saja, tetapi perbanyaklah karbohidrat kompleks yang juga bisa kamu peroleh dari sayur dan buah-buahan.

7. Tidur cukup dan nyenyak setiap malam

Waktu tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan jiwa dan tubuh. Tidur yang cukup bisa membantumu untuk lebih bisa berkonsentrasi, memperlancar pencernaan, menyehatkan jantung, mengontrol berat badan, dan meningkatkan mood. Jika kamu memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik, maka keesokan harinya kamu bakal terlihat fresh dan bersemangat. Aura cantikmu jadi lebih terpancar deh!

Related Articles