7 Hal Yang Harus Dipertimbangan Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan Darinya

Jun 06, 2018 by carmelw

Wanita mana yang tak senang saat pria yang dicintainya datang dan kemudian melamarnya. Namun, jangan sembarangan menerima lamaran. Sebaiknya, pertimbangkan berbagai hal sebelum melakukan keputusan penting yang menjadi awal bagi kehidupan baru di masa depan. Sebab, banyak kasus perceraian yang terjadi berawal dari keputusan yang diambil secara tergesa-gesa saat menerima lamaran pernikahan darinya.

Oleh karenanya, penting untuk mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini yang ditujukan pada diri sendiri, terutama mengenai alasan dan kesiapanmu untuk melanjutkan hubungan ini dan pantaskah si dia untuk dijadikan pendamping hidupmu di masa depan.

Apakah kamu siap untuk terikat?

menerima lamaran pernikahan
Sumber: pexels.com

Pernikahan adalah tahapan baru  yang akan kamu jalani bersama orang yang dicintai. Untuk itu dibutuhkan komitmen satu sama lain agar dapat menjalaninya dengan bahagia. Hal inilah yang justru membuat kebanyakan orang tidak siap untuk terikat, sebab takut kehilangan kebebasan seperti saat kondisi masih lajang. Jadi, apakah kamu siap untuk terikat? Tanyakan hal ini pada dirimu sendiri.

Apakah kamu siap berbagi keuangan dengan pasangan?

menerima lamaran pernikahan
Sumber: pexels.com

Banyak hubungan yang kandas akibat masalah keuangan. Saat memutuskan untuk menerima lamaran pernikahan dan kemudian menikah, artinya kamu juga siap untuk berbagi segala hal dengan pasangan, termasuk juga soal uang.

Faktanya, seiring dengan berjalannya waktu banyak tantangan di kehidupan rumah tangga yang akan melibatkan uang di dalamnya, misalnya ketidaktepatan dalam mengelola keuangan. Dan itu tentu saja akan menyebabkan tekanan yang besar di antara kedua belah pihak. Apakah kamu siap berbagi keuangan dan segala masalahnya dengan pasangan?

Baca Juga: Kenikmatan Yang Dirasakan Kalau Menikah dengan Uang Sendiri

Apakah kamu bisa berdamai dengan masa lalunya?

menerima lamaran pernikahan
Sumber: pexels.com

Sebelum dengannya, mungkin kamu telah bertemu dan menjalin hubungan dengan orang lain atau katakanlah mantan terdahulumu. Begitu juga yang mungkin terjadi padanya. Hal ini terutama berlaku jika kamu menjalin hubungan dengan seorang pria yang pernah menikah dan sudah memiliki anak yang tentu saja kemungkinan saja masih berkomunikasi dengan mantan istrinya.

Meskipun mungkin posisi ini sangat tidak mudah untukmu, tapi yang penting untuk ditanyakan adalah “Apakah kamu bisa berdamai dengan masa lalunya?” Sebab, hal ini tentu saja membutuhkan kesiapan hati yang harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik.

Apakah kamu menikah untuk alasan yang tepat?

menerima lamaran pernikahan
Sumber: pexels.com

Di satu sisi, pasangan yang kamu pilih juga merupakan cerminan dari kepribadianmu sendiri. Karena itu penting bagimu untuk memastikan apakah kamu ingin menikah dengannya karena alasan yang tepat. Perlu diingat, pernikahan bukan jalan untuk menyelesaikan semua masalah yang ada dalam kehidupan saat ini. Bisa jadi justru akan membuka jalan untuk menghadapi tantangan nyata yang harus dihadapi berdua.

Baca Juga: WAJIB BACA! Inilah Alasan Kenapa Kamu Nggak Harus Nikah Muda

Apakah kamu siap menghadapi konflik?

menerima lamaran pernikahan
Sumber: pexels.com

Menjalani hidup bersama dalam pernikahan bukan artinya semua hal harus mengalir indah seperti cerita di negeri dongeng. Beberapa pasangan seringkali justru tampak menjalani hubungan dengan berselisih paham satu sama lain, tetapi entah bagaimana selalu dapat menemukan cara untuk menyelesaikannya. Nah, apakah kamu siap menghadapi setiap konflik yang mungkin terjadi dalam menjalani hubunganmu dengannya?

Apakah dia bisa membuatmu merasa nyaman?

menerima lamaran pernikahan romantis img
Sumber: pexels.com

Saat dia memutuskan untuk melamarmu, artinya dia bisa menerimamu dengan segala kondisi tentangmu. Dia tahu bagaimana memperlakukanmu saat sedih, marah, dan berbagai emosi yang sering kamu tampakkan. Namun, apakah selain hal itu ada hal lain dari sisi dirimu yang belum terlihat olehnya? Jika ada, apakah dia akan tetap bisa membuatmu merasa nyaman dengan keadaanmu saat hal itu terjadi? Tanyakan hal itu dalam hatimu, dan pastikan untuk menjadikannya pertimbangan sebelum memutuskan untuk menerima lamaran pernikahan darinya.

Bagaimana dengan keberadaan anak?

menerima lamaran pernikahan img
Sumber: pexels.com

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang keberadaan anak. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk membicarakan tentang hal ini sebelum melangkah pada jenjang pernikahan. Jika tidak, bagaimana kamu dan pasangan akan mengetahui tentang perasaan masing-masing yang menyangkut keberadaan anak dalam kehidupan pernikahan yang akan kalian berdua jalani.

Tujuh pertanyaan di atas hanya sebagian kecil yang harus dijadikan pertimbangan sebelum kamu melangkah pada jenjang yang lebih serius dalam hidupmu. Jangan dianggap remeh. Faktanya, banyak pernikahan yang kandas hanya karena hal-hal prinsip di awal hubungan yang tidak dipertimbangkan baik-baik oleh keduanya.

So, jangan sampai salah melangkah ya, Girls.

Related Articles