7 Cara Memberi Kritik Agar Tidak Menyinggung Perasaan Orang Lain

Jun 09, 2018 by Larissa

Kritik adalah sesuatu yang diperlukan dalam hidup. Begitulah cara seseorang untuk terus maju dan berkembang. Namun, jika kritik disampaikan dengan cara yang tidak tepat, bisa-bisa hasilnya akan berbeda dari yang diinginkan. Terlebih lagi, kamu bisa membuat orang tersebut tersinggung dengan ucapanmu dan pada akhirnya berujung pada hubungan yang tidak baik. Karena itu, penting bagi kamu untuk tahu cara memberi kritik tanpa menyinggung perasaan orang lain!

 

1. To the Point

Tidak ada gunanya untuk berbicara tanpa haluan yang jelas. Jika kamu ingin memberi kritik pada rekan kerjamu, pastikan kalau kamu tidak bertele-tele. Mencoba untuk menyembunyikan kritikmu dengan cara pasif-agresif hanya akan membuat lawan bicaramu kebingungan atau bahkan tersinggung. Sebaliknya, cobalah untuk bicara to the point namun tetap sopan.

 

2. Spesifik

Shutterstock

Terkadang mencoba untuk memberi kritik pada seseorang membuat kita merasa tidak enak. Jadi, banyak orang yang memberi kritik secara general. Misalnya, rekan kerjamu melakukan kesalahan, lalu kamu hanya memberinya kritik “apa yang kamu kerjakan tidak tepat”. Itu adalah contoh kritik general yang membuat orang tersinggung karena kamu bagaikan mengkritik seluruh apa yang dia kerjakan. Padahal, kamu bisa saja memberikan kritik yang lebih spesifik tentang bagian mana yang sebaiknya dia perbaiki.

 

3. Fokus pada pekerjaan, bukan orang

Mengkritik rekan kerjamu hanya akan membuat mereka tersinggung. Karena itu, saat kamu memberi kritik, cobalah mencari cara untuk memberi kritik pada apa yang dia kerjakan, bukan dirinya. Misalnya, kamu memeliki rekan kerja yang tidak pandai berbicara di depan klien. Kamu hanya akan menyinggung perasaannya jika kamu mengatakan dirinya tidak pandai bersosialisasi dengan orang lain. Sebaiknya, kamu memberi kritik pada apa yang sebaiknya dia lakukan, misalnya bahasa tubuh atau pilihan kata yang sebaiknya dia gunakan. (Baca juga: Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Bekerja Atau Kamu Akan Terlihat Lemah!)

 

4. Jangan bilang mereka salah

memberi kritik pekerjaan img
Shutterstock

Saat mengerjakan sesuatu, memang ada cara yang salah dan benar. Namun, tidak segala sesuatu hitam dan putih. Karena itu, kita tidak bisa sepenuhnya memberikan kritik pada seseorang kalau dia salah. Biar bagaimanapun, kita harus sadar kalau rekan kerja kita sudah melakukan apa yang bisa. Memberitahunya kalau dia salah, hanya akan membuat konflik. Daripada kamu langsung mengatakan dia salah, sebaiknya kamu memberi saran apa yang sebaiknya dia lakukan.

 

5. Tetap beri pujian

Memberikan kritik tapi tetap memberi pujian bukanlah hal yang mustahi. Meskipun rekan kerjamu melakukan hal yang salah, kita tidak berhak untuk menegurnya sepenuhnya. Memberi pujian memang tidak diwajibkan, tapi itu tentu akan membuat temanmu sadar kamu bersedia membantunya.

 

6. Berikan saran, bukan perintah

memberi kritik dan saran img
Shutterstock

Jika kamu tidak berada dalam posisi yang memiliki otoritas, kamu tidak berhak memberikan perintah pada rekan kerjamu. Memberikan perintah hanya akan membuatnya tersinggung dan hilang kepercayaan padamu. Karena itu, saat mencoba memberi kritik, kamu hanya bisa memberikan saran padanya.

 

7. Buatlah percakapan

Saat kamu memberi kritik, usahakan kamu tidak membuatnya hanya satu arah. Buatlah itu seperti percakapan dengan memberikan pertanyaan atau menanyakan pendapatnya. Dengan begitu, kamu juga jadi bisa mengerti apa pembelaan atau alasan dia tidak bekerja dengan maksimal. Buatlah rekan kerjamu nyaman denganmu sehingga dia jadi bisa menerima kritikmu dengan baik.

Related Articles