Hati-Hati! Ini yang Bisa Terjadi Bila Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

May 17, 2017 by Kanya Anindita

Girls, buat kamu yang nggak bisa lepas dari kafein setiap hari, baca dulu deh artikel ini supaya kamu bisa tetap mengonsumsi kafein secara aman. Ingat bahwa kafein nggak hanya terkandung dalam kopi, tetapi juga minuman lain seperti teh, minuman bersoda dan minuman bernergi. Baru-baru ini media dihebohkan dengan berita kematian mendadak seorang remaja di Amerika dikarenakan ia mengonsumsi terlalu banyak kafein dalam satu hari. Diketahui bahwa ia meninggal dunia setelah ia meminum caffè latte, minuman bersoda, dan minuman berenergi secara berturut-turut dalam sehari. Apakah terlalu banyak kafein se-membahayakan itu?

berlebihan mengonsumsi kafein photo
Davis Allen Cripe, 16, meninggal dunia setelah mengonsumsi terlalu banyak kafein dalam satu hari. Photo: worldnow.com

Efek yang terjadi pada diri seseorang akibat terlalu banyak mengonsumsi kafein berbeda-beda. Akan tetapi, pada kasus yang parah, konsumsi kafein yang berlebihan ternyata memang bisa mengakibatkan kematian, girls. Miignon nggak bermaksud menakuti kamu lho! Miignon hanya ingin kamu membatasi takaran kafeinmu dalam sehari. Takaran kafein yang dianggap normal adalah nggak lebih dari 400 mg dalam sehari. Jika lebih dari itu, efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi bila kamu terlalu banyak minum kafein.

Efek Berlebihan Mengonsumsi Kafein

1. Jantung berdegup kencang

Kafein bertindak sebagai stimulan pada sistem saraf pusat sehingga bisa meningkatkan detak jantung kita. Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami ini. Efek ini biasanya bisa dirasakan setelah 15 menit menngonsumsi kafein.

2. Perut menjadi mulas

Kafein terbukti dapat mengendurkan esofagus sehingga bisa berkontribusi pada gangguan pencernaan. Pada orang-orang yang rentan, mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa mengakibatkan penyakit asam lambung.

3. Terus merasa gelisah

Kafein menstimulasi hormon dalam tubuh kita, khususnya adrenalin sehingga membuat tubuh kita terus bergetar. Kalau kamu gelisah dan terus ingin bergerak sehabis minum kopi atau minuman bersoda, seharusnya kamu sudah tahu apa penyebabnya.

Related Articles