6 Tips Styling Rambut Keriting Agar Lebih Define dan Keren

Jun 21, 2018 by carmelw

Perawatan rambut keriting memang tidak semudah rambut lurus. Jenis rambut ini memiliki karakter yang unik, karena mudah kusut alias tidak rapi saat kondisinya sedang mengembang. Sehingga, membutuhkan waktu dan ketelatenan untuk bisa membuatnya tampak indah tanpa terkesan kering dan berantakan.

Nggak heran, jika kemudian pemilik rambut keriting banyak yang lebih memilih memangkas atau meluruskan rambutnya, alih-alih membiarkannya tetap dalam bentuk semula. Nah, buat kamu yang seringkali merasa kerepotan dengan rambut keritingmu, nggak perlu panik. Berikut ini Miignon akan bagikan 6 teknik styling rambut keriting jadi terlihat indah dan menawan, tentu saja dengan cara yang anti ribet. Simak baik-baik yuk.

styling rambut keriting indah img
Sumber: shutterstock.com

Teknik memilin rambut

The twist out adalah salah satu teknik favorit yang digemari para pemilik rambut keriting. Secara umum, twist out adalah teknik styling rambut keriting berupa memilin rambut untuk menciptakan pola spiral seperti tali. Teknik ini dapat dilakukan pada saat kondisi rambut sedang basah ataupun sudah kering. Caranya, aplikasikan sedikit minyak ke tangan sebelum mengurai rambut untuk menjaga agar rambut tidak semakin kusut serta tampak semakin berkilau.

Ukuran spiral pada teknik twist out ini tergantung seberapa banyak rambut yang akan dipilin dalam satu untaian. Semakin banyak rambut yang diambil, otomatis ukurannya semakin besar, demikian juga sebaliknya. Ukuran rambut dalam teknik twist out ini sebaiknya sama dari awal hingga akhir untaian, sebab jika ukurannya menyusut di akhir pilinan, artinya harus diurai lagi untuk mengulang prosesnya dari awal.

Teknik mengerutkan rambut

Jika kamu memiliki rambut bergelombang atau keriting, gunakan teknik the scrunch atau kerutan untuk menyempurnakan penampilanmu. Teknik ini banyak digunakan para pemilik rambut keriting, karena dapat mengatur rambut saat sedang dalam keadaan basah sekaligus melembutkannya saat kondisi kering.

Cuci rambut terlebih dahulu, lalu gunakan kondisioner dan curl cream untuk mengurai rambut. Setelahnya sandarkan kepala pada satu sisi, kemudian ambil satu bagian rambut dan kencangkan dengan cara mendorong rambut ke arah akar. Gunakan gel saat rambut menjelang kering, selanjutnya ambil rambut dengan jari untuk membentuk kerutan ke arah kulit kepala untuk menambah volume rambut sekaligus membuat tampilan lebih lembut dan rapi.

Baca Juga: Para Artis Berambut Keriting yang Mempesona Berkat Kepercayaan Dirinya!

Teknik bertepuk tangan

Teknik bertepuk tangan yang juga dikenal sebagai the praying hands biasanya digunakan untuk menghaluskan dan mengurangi keriting pada rambut yang bergelombang. Setelah mencuci rambut, gunakan kondisioner leave-in yang tidak perlu dibilas setelah pemakaian, lalu selanjutnya terapkan teknik menepuk tangan untuk mengaplikasikan produk styling rambut keriting seperti gel atau curly cream. Caranya, ambil rambut dari bagian akarnya, lalu tarik ke bawah sampai ke ujung untuk meratakan hair styling yang digunakan.

Teknik mandi uap

Mandi uap atau the steam refresh adalah cara yang tepat untuk memperbaiki bentuk keriting di pagi hari, sekaligus juga untuk membuat tampilannya lebih segar. Meski demikian, teknik ini hanya bermanfaat untuk memberikan kelembapan yang cukup untuk membantu melonggarkan kekusutan rambut setelah semalam tidur di atasnya. Aplikasikan kondisioner atau styling cream setelah keluar dari kamar mandi, kemudian pilin rambut pada beberapa bagian untuk membentuknya rambut secara alami. Setelah rambut kering, kibaskan rambut untuk membuatnya tampak lebih halus.

Teknik mengurai rambut dari bawah

Teknik ini merupakan cara terbaik untuk menguraikan rambut dari ujung bawah rambut ke arah atas atau akar rambut. Tujuannya untuk menghilangkan rambut yang kusut sekaligus untuk mempermudah saat proses menyisir agar rambut tidak tersangkut di gigi sisir.  Menyikat rambut dengan metode yang keliru (dari akar ke ujung) justru akan semakin menyebabkan terjadinya kekusutan yang berakhir dengan kerusakan pada rambut.

Baca Juga: 10 Hacks Untuk Rambut Keriting Yang Bakal Mengubah Hidupmu

Teknik rambut nanas

Yang terakhir akan dibahas adalah teknik the pineapple  atau rambut nanas. Ini adalah teknik yang disukai banyak orang, terutama untuk menghindari terlalu sering keramas. Untuk membuat bentuk rambut nanas, kumpulkan rambut di bagian atas kepala dan kencangkan dengan cara mengerutkan rambut lalu ikat dengan menggunakan hair band. Yang perlu diingat, jangan mengikat rambut terlalu kencang jika tidak ingin meninggalkan bekas lipatan pada rambut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kap rambut untuk melindungi bentuk rambut nanas yang sudah kamu bentuk, lalu biarkan hingga semalaman. Jika ingin bepergian, tinggal lepaskan ikatan atau kap rambutnya, lalu kipaskan rambut dan haluskan dengan jari tangan. Mudah ‘kan?

Dengan keenam teknik styling rambut keriting yang telah dibahas di atas, nggak ada alasan untuk ribet dengan rambut keritingmu lagi kan? Silahkan dicoba.

Related Articles