6 Tips Memilih dan Mempersiapkan Souvenir Pernikahan Dengan Tepat

Apr 24, 2018 by carmelw

Adanya souvenir dalam acara pernikahan sudah tentu bukan jadi hal yang baru lagi. Bahkan, ada orang-orang yang memiliki kegemaran untuk mengkoleksi berbagai souvenir pernikahan yang umumnya memang punya bentuk dan model yang unik serta berbeda satu sama lain.

Memilih souvenir sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, sebagai calon pengantin, sebaiknya kita tidak asal dan sembarangan dalam memilih dan memberikan souvenir kepada tamu yang hadir. Apalagi, selain sebagai bentuk ungkapan terimakasih karena telah turut mendoakan kebahagiaan kedua mempelai, souvenir juga bisa dianggap sebagai kenang-kenangan akan hari istimewa tersebut.

Untuk calon pengantin, berikut ini enam tips bagaimana cara memilih dan mempersiapkan souvenir pernikahan yang bisa kamu coba praktekkan menjelang hari bahagiamu.

 

Berikut ini beberapa tips untuk memilih souvenir pernikahan dengan tepat

souvenir pernikahan simpel img
Sumber: pexels.com

Tentukan anggaran

Hal yang pertama harus kamu lakukan saat akan mempersiapkan souvenir pernikahan tentu saja menentukan besarnya anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan souvenir. Besaran anggaran akan mempermudah kamu untuk menentukan dan memutuskan jenis souvenir yang akan dipilih. Jangan kuatir dengan budget yang minim, kamu masih bisa mendapatkan souvenir yang bagus kok. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kamu dalam memilihnya.

Sesuaikan dengan tema

Selain tampak lebih menarik, menyesuaikan souvenir dengan tema juga akan mempermudah dalam menentukan jenis souvenir apalagi jika konsepnya sudah jelas. Biasanya bagi yang masih kebingungan, cara termudah untuk menentukan souvenir adalah dengan menyesuaikan dengan warna-warna yang digunakan di pesta pernikahan. Misalnya nuansa warna pastel, atau warna lain yang telah ditentukan sebelumnya.

Pilih souvenir yang unik dan bermanfaat

Hindari pemilihan souvenir hanya karena bentuknya yang lucu atau harganya yang murah tetapi tidak memiliki daya guna alias tidak bermanfaat. Biasanya, souvenir jenis ini hanya akan jadi pajangan saja di rumah kemudian terlupakan begitu saja.

Pilihlah jenis souvenir yang unik tetapi bermanfaat seperti bibit bunga, gelas, gantungan tas, tempat handphone, dompet koin, lilin aromaterapi, atau wadah sabun. Kamu dapat mencari ide-idenya dengan browsing di internet untuk mendapatkan jenis souvenir yang sesuai dengan keinginan dan kepribadianmu.

Baca Juga: Ide Souvenir Pernikahan Yang Berguna dan Gak Mainstream

Pesanlah jauh- jauh hari

Memesan souvenir dari jauh hari bukan saja dengan harapan dapat lebih leluasa dalam memilih dan menentukan mana yang unik dan terbaik, tetapi sekaligus juga mendapatkan kualitas yang baik karena vendor punya waktu yang cukup dalam pengerjaannya alias tidak terburu-buru. Pesanlah minimal dua hingga tiga bulan sebelum acara berlangsung, apalagi jika souvenir yang kamu pilih termasuk cukup rumit dalam proses pembuatannya.

Perhatikan ukuran souvenir

Pada prinsipnya jangan sampai souvenir yang kamu berikan justru merepotkan para tamu yang hadir. Apalagi umumnya para tamu jarang membawa tas dengan dimensi yang cukup besar saat menghadiri acara pernikahan. Karenanya, pilihlah souvenir pernikahan yang mudah dibawa.

Jika memang ukurannya cukup besar, kamu bisa membagikan kartu pengambilan souvenir di awal acara untuk kemudian ditukarkan dengan souvenirnya saat para tamu akan pulang. Cara ini cukup praktis dan tidak merepotkan, dan kamu tetap bisa memilih souvenir yang kamu inginkan.

Baca Juga: Undangan Pernikahan Itu Penting, Sebaiknya Perhatikan Ini Sebelum Mengirim

Lebihkan jumlah souvenir

Untuk menghindari adanya tamu yang tidak kebagian souvenir, sebaiknya lebihkan jumlah souvenir yang dipesan. Sebab, selain undangan, ada pihak-pihak lain misalnya keluarga dekat yang turut membantu dalam persiapan dan pelaksanaan acara yang juga patut mendapatkan souvenir sebagai bentuk ucapan terimakasih dan penghargaan atas suksesnya acara pernikahanmu.

Itulah tadi enam tips yang bisa kamu praktekkan untuk mempemudah pemilihan souvenir pernikahanmu. Yang nggak kalah penting, sampaikan ucapan terimakasihmu atas partisipasi para undangan dalam acara pernikahanmu dalam kartu kecil yang biasanya diselipkan di kemasan souvenir. Selamat mempersiapkan hari pernikahan, semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya.

Related Articles