6 Sinyal Gangguan Kesehatan Yang Tampak Dari Makanan Yang Kamu Inginkan

Jun 29, 2018 by carmelw

Pernahkah kamu merasa ingin makan sesuatu di luar kebiasaanmu, Girls? Rasa ingin yang kamu alami itu seperti tak tertahankan, bahkan seakan tidak bisa disingkirkan dari pikiran? Kalau pernah, bisa jadi itu sinyal yang dikirimkan otak untuk memberitahukan bahwa adanya gangguan kesehatan.

Keinginan makan sesuatu yang secara tiba-tiba muncul di luar rasa lapar, bisa jadi menunjukkan tubuh kekurangan beberapa nutrisi penting yang seharusnya didapatkannya.

Dilansir dari www.livestrong.com berikut ini 6 sinyal gangguan kesehatan yang dikirimkan tubuh melalui makanan yang diinginkan.

Cokelat

gangguan kesehatan
Sumber: pexels.com

Punya keinginan kuat untuk makan cokelat di luar kebiasaan? Bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan kandungan magnesium, kromium, dan vitamin B.

Kenapa begitu? Sebab cokelat merupakan salah satu makanan dengan kandungan magnesium tinggi yang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk rambut dan kulit. Selain itu cokelat juga dapat memicu pelepasan serotonin yang bisa membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi.

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan munculnya rasa pusing, otot lemah, dan tekanan darah rendah serta munculnya rasa lelah yang luar biasa. Jika kamu tidak ingin mengonsumsi cokelat karena alasan tertentu, makanlah segenggam kacang almond untuk membantu meringankan keinginan tersebut, karena almond juga memiliki kandungan magnesium yang sama tingginya dengan cokelat.

Makanan manis

gangguan kesehatan
Sumber: pexels.com

Saat keinginan mengonsumsi makanan manis seperti permen, ice cream, dan lainnya muncul secara tiba-tiba, bisa jadi itu sinyal bahwa tubuh mengalami kekurangan chromium atau mineral yang bekerja sama dengan insulin mengatur kadar gula dalam tubuh. Biasanya hal ini juga menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan air.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah jika terlalu sering menuruti keinginan itu, justru dapat merusak hormon dan metabolisme dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan terjadinya risiko penyakit diabetes melitus, yang akan semakin memperburuk keadaan. Karenanya, perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan seperti apel dan jeruk untuk mengatasinya.

Baca Juga: Kalau Ada Tanda-Tanda Ini Pada Kulit, Kamu Harus Segera Stop Konsumsi Gula

Makanan gurih atau asin

gangguan kesehatan
Sumber: pexels.com

Munculnya keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan rasa gurih atau asin bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti kadar gula yang berlebihan, kekurangan kalsium, atau justru terlalu banyak kandungan potasium dalam tubuh. Pilihlah minuman kesehatan seperti jus buah atau rendaman air seledri untuk mengembalikan keseimbangan mineral dalam tubuh dan hindari penggunaan gula dan garam dapur secara berlebih yang justru akan memperburuk keadaan.

Gorengan

gangguan kesehatan
Sumber: shutterstock.com

Pernah merasa sangat ingin makan gorengan seperti bala-bala, kentang goreng, pisang goreng atau makanan apapun yang digoreng yang tidak tertahankan? Kalau pernah, itu artinya kemungkinan tubuh sedang mengalami kekurangan asam lemak esensial. Solusinya, konsumsi alpukat tanpa topping atau semangkuk salad sayuran dengan minyak zaitun serta biji-bijian saat keinginan itu datang.  Selain itu, tambahkan suplemen minyak ikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Roti atau pasta

gangguan kesehatan
Sumber: pexels.com

Tidak dapat dipungkiri, roti atau pasta adalah salah satu makanan yang dapat menimbulkan kecanduan bagi sebagian orang. Saat memakannya, hormon dopamin akan terus menerus dilepaskan dan itulah yang membuat tubuh sulit untuk menghindari makanan berkarbohidrat yang menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh menginginkan lebih banyak nitrogen.

Sebenarnya, nitrogen banyak terdapat pada daging merah, ayam, dan ikan, tetapi jika tidak ingin memakannya kamu bisa menggantikannya dengan segenggam produk kacang-kacangan dengan tambahan biji di dalamnya,

Daging merah

gangguan kesehatan
Sumber: pexels.com

Saat tubuh mengalami kekurangan protein, salah satu sinyal yang dikirimkan otak adalah adanya keinginan untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari daging merah seperti steak misalnya. Namun, terlalu banyak makan daging merah untuk menebus keinginan itu tentu bukan solusi yang baik. Sebaiknya konsumsi buah-buahan kering, kacang, bit, atau plum yang baik bagi kerja ginjal dan juga sekaligus untuk memenuhi kebutuhan protein dan zat besi bagi tubuh.

Yang jelas, jangan anggap sepele sinyal-sinyal gangguan kesehatan yang dikirimkan tubuh tersebut. Sebab, jika tidak ditangani dengan tepat, akan berisiko pada kesehatan tubuh selanjutnya. Be aware, ya Girls.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Yang Terkandung Dalam Makanan Favorit Kita Ini?

Related Articles