6 Manfaat Ajaib Dari Seruas Jahe Untuk Atasi Masalah Rambut

Feb 11, 2017 by carmelw

Salah satu rimpang yang paling dikenal di dunia adalah jahe. Ya, rimpang dengan aroma pedas yang menghangatkan ini memang enak sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Selain itu, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh juga tak diragukan lagi.

Ternyata, di balik aroma dan rasanya yang pedas dan nikmat, jahe gak cuma enak untuk makanan atau minuman saja. Jahe punya kemampuan yang gak kalah hebatnya untuk urusan perawatan rambut.

Dengan harganya yang murah meriah, mudah ditemukan bahkan ditanam sendiri secara sederhana, jahe mampu menutrisi rambut hingga ke akarnya sehingga rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat.

5 Masalah Rambut yang Dapat Diatasi Dengan Jahe

1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kulit kepala yang sedang dalam kondisi tidak prima. Jahe bisa mengembalikan vitalitas kulit kepala lho. Caranya gampang banget, kamu hanya butuh satu rimpang jahe. Cuci bersih dan belah menjadi dua atau tiga bagian cukup tipis. Gosokkan jahe langsung ke kulit kepala. Biarkan sari dari jahe ‘meresap’ ke kulit kepala dan akar rambut kurang lebih 10 hingga 15 menit. Keramaslah seperti biasa dan gunakan kondisioner setelah keramas. Cara ini mampu mengurangi jumlah rambut rontok, jika dilakukan secara teratur.

2. Ketombe

Masalah ketombe muncul karena kondisi kulit kepala yang berminyak dan adanya jamur yang menyebar di kulit kepala. Ketombe gak cuma membuat pemiliknya merasa gatal, tetapi juga terkait dengan masalah kesehatan kulit. Untuk melawan ketombe tanpa bahan kimia, manfaatkan saja jahe. Parut jahe hingga mengeluarkan air. Gosokkan di kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap atau handuk selama 10 hingga 15 menit. Keramas lah seperti biasa. Jahe mengandung bahan antibakteri yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, jahe akan mengobati infeksi di kulit kepala.

3. Menyembuhkan luka di kulit kepala

Hayo, kamu pasti refleks menggaruk kulit kepala saat rasa gatal menyerang? Biasanya rasa gatal ini biang keroknya adalah ketombe atau kulit kepala yang kering. Digaruk memang enak dan melegakan, tapi akibatnya kulit kepalamu menjadi terluka. Jangan dibiarkan. Luka di kulit kepala ini bisa menyebabkan jerawat. Ambil jahe, parut secukupnya. Gosokkan sambil pijatkan di kulit kepala. Mungkin akan terasa pedih di awalnya, tetapi tetap pijatlah kulit kepala dengan lembut. Bahan anti peradangan yang dikandung oleh jahe bisa menyembuhkan masalah rambut ini.

4. Mengembalikan kilau rambut

Rambut yang sering terpapar sinar matahari, produk kimia ataupun sering terkena panasnya catok dan hairdryer akan kehilangan kilau alaminya. Rambut tampak kusam dan tidak indah lagi. Untuk mengembalikan kilau alami rambut, kamu cuma perlu jahe dan minyak zaitun. Parut jahe, ambil sarinya. Campurkan dengan 1 sendok minyak zaitun murni. Aplikasikan campuran ini di seluruh batang rambut. Diamkan selama minimal satu jam atau semalaman. Keramaslah seperti biasa. Perawatan ini konon disukai oleh Cleopatra lho.

5. Melembabkan rambut kering

Meski di lidah terasa pedas dan panas, nyatanya jahe justru tidak sekeras itu untuk rambut lho. Campuran jahe dengan argan oil bisa melembabkan rambut yang kering. Caranya, parut jahe dan ambil sarinya. Campurkan dengan 3 hingga 5 tetes argan oil. Aplikasikan ke seluruh batang rambut dan kulit kepala, diamkan selama satu jam. Kemudian cuci rambut seperti biasanya dengan shampoo dan kondisioner. Argan oil yang dicampurkan ke dalam sari jahe akan memberikan nutrisi baik untuk melembabkan rambut kering dan rusak.

Bagaimana, mudah dan murah meriah bukan untuk mengatasi masalah rambut dan merawat rambut agar tetap indah? Yuk cobain!

Related Articles