6 Kandungan Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik di Sekitar Kita

Apr 14, 2018 by carmelw

Tanpa kita sadari, penggunaan berbagai macam kosmetik seperti shampo, lotion, dan produk kecantikan lainnya ternyata berpotensi mengandung bahan-bahan yang kimia berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang parahnya dapat berujung pada kematian.

Bahan kimia berbahaya tersebut dapat masuk ke aliran darah melalui kulit dan telah terbukti menjadi pemicu terjadinya gangguan hormon hingga kanker yang mematikan.

Karenanya, penting untuk mengetahui kandungan bahan apa saja yang ada di dalam produk kosmetik yang kita gunakan. Sebaiknya hindari penggunaan kosmetik dengan bahan berbahaya, yang enam di antaranya akan Miignon bahas berikut ini:

 

6 Kandungan Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik

bahan kimia berbahaya
Sumber: shutterstock.com

Toulene

Toulene atau toulena adalah bahan kimia berbahaya yang berasal minyak bumi, berbentuk bening, tak berwarna, serta memiliki sifat tak larut dalam air. Toulene dikenal sebagai pelarut ampuh yang mampu melarutkan cat dan bertindak sebagai pengencer cat.

Selama ini kita juga mengenal toulene sebagai toluol, methylbenzene, phenylmethane, dan methylbenzol yang bersifat racun dan dapat membahayakan kesehatan terutama saat uapnya tidak sengaja terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan.

Toulene biasanya ditemukan pada produk cat kuku, perawatan kuku, parfum, pewarna rambut yang sebaiknya dihindari juga oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan kerusakan dan perkembangan pada janin.

Baca Juga: Bahaya Cat Kuku: Bikin Tampilan Kuku Jelek Hingga Masalah Kesehatan Serius

Phthalates

Phtalates adalah sekelompok zat kimia berbahaya yang ternyata banyak digunakan dalam berbagai produk kosmetik di sekitar kita. Phthalates memiliki tekstur yang kental seperti minyak goreng, tidak berwarana, tidak berbau, serta tidak mudah menguap.

Phthalates sebenarnya sering dijadikan bahan pada produk cat kuku, parfum, lotion, deodoran, cologne, pelembab, dan hair spray. Sayangnya, seringkali keberadaan phtalates ini sering tidak tercantum dalam label karena termasuk bahan yang terkandung dalam wewangian.

Banyak yang menduga bahwa zat kimia berbahaya yang terdiri dari 12 jenis ini termasuk golongan zat-zat karsinogen yang dapat memicu terjadinya kanker terutama kanker payudara, cacat lahir, gangguan reproduksi pada pria dan wanita.

Oxybenzone

Oxybenzone adalah salah satu bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan di produk perlindungan kulit dari sinar matahari atau sering dikenal sebagai tabir surya. Oxybenzone bertindak sebagai pendukung penetrasi zat kimia lainnya untuk masuk ke dalam kulit sehingga saat terpapar panas matahari akan menimbulkan reaksi kimia seperti eksim atau gatal-gatal pada kulit. Selain itu berdasarkan penelitian yang pernah ada, oxybenzone juga dapat mengganggu sistem kerja hormon baik pada pria maupun wanita.

Petroleum distillates

Hati-hati saat memilih mascara. Bisa jadi produk kosmetik yang kamu beli mengandung petroleum distillates yang termasuk zat yang berbahaya bagi tubuh karena sifatnya yang karsinogenik atau dapat memicu risiko terjadinya kanker.

Yang perlu kamu tahu, meskipun digunakan untuk produk kosmetik, bahan kimia ini diproduksi di kilang minyak yang sama dengan bahan bakar mobil, dan aneka bahan baku kimia lainnya.

Formaldehyde

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik selanjutnya adalah Formaldehyde yang sering dijadikan pengawet untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Di antara semua produk kimia berbahaya, formaldehyde adalah zat pemicu kanker terbesar yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Selain itu, formaldehyde yang dalam bentuk cair kita kenal sebagai formalin ini juga sangat berisiko bagi sistem kekebalan tubuh.Bahan kimia berbahaya ini seringkali ditemukan pada cat kuku, sabun, conditioner, shampo, dan juga mascara.

Baca Juga: 6 Bahan Kimia Lipstik Yang Berbahaya Terutama Lipstik Merk Abal-Abal

Pewangi

Di balik aromanya yang harum, fragrance atau pewangi ternyata dibuat untuk melindungi formula rahasia berupa bahan kimia berbahaya yang digunakan perusahaan kosmetik dalam membuat produknya. Bahan kimia berbahaya dalam pewangi ini umumnya dapat menimbulkan munculnya gangguan kesehatan seperti alergi, gatal-gatal, gangguan pernapasan, gangguan sistem reproduksi, dan lain sebagainya.

Pewangi dapat dijumpai di hampir semua produk kosmetik seperti parfum, cologne, conditioner, shampo, sabun, dan lotion.

Serem juga ya, saat mengetahui banyak  produk kosmetik di sekitar kita yang mengandung bahan berbahaya. Solusinya, pilih produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami demi kesehatan tubuh di masa mendatang.

Related Articles