6 Bahan Pengganti Telur Dalam Makanan, Cocok Buat Yang Alergi

Sep 28, 2017 by carmelw

Beberapa orang menghindari penggunaan telur dalam masakan atau kue yang mereka buat karena suatu alasan tertentu. Misalnya karena faktor alergi, seorang vegetarian, atau pun tidak berselera karena terganggu dengan aroma amisnya.

Namun, nggak banyak orang tahu, bahwa banyak bahan makanan lain yang bisa menjadi pengganti telur. Tanpa mengubah rasa, tekstur dan struktur makanan, bahan pengganti telur ini dapat berfungsi dengan baik. Cocok banget untuk kamu yang vegetarian, pantang dan diet.

Bahan Pengganti Telur Dalam Makanan

Pisang

pengganti telur
Sumber: pexels.com

Pisang yang telah matang dan ditumbuk atau dihaluskan ternyata dapat menggantikan penggunaan telur pada saat membuat kue dan pancake. Rasa pisang yang manis akan jadi bahan yang tepat untuk memberikan aroma wangi serta tekstur yang moist pada kue yang dibuat. Gunakan seperempat cangkir pisang tumbuk sebagai pengganti satu butir telur pada kue yang akan dibuat.

Flax seeds dan chia seeds

pengganti telur
Sumber: tastespotting.com

Di antara biji-bijian yang ada, flax seeds dan chia seeds dapat digunakan sebagai pengganti telur juga, lho. Campurkan satu sendok makan biji-bijian dengan tiga sendok makan air putih sebagai pengganti satu butir telur. Biji-bijian ini dapat digunakan terutama sebagai fungsinya untuk mengikat adonan serta menciptakan tekstur yang kenyal pada kue.

Tahu sutera

Tahu sutera - pengganti telur photo
Sumber: megalos.co.jp

Berbeda dengan pisang yang mempunyai rasa dan aroma untuk menggantikan telur, tahu sutera memiliki rasa dan aroma yang tawar sehingga tidak akan berpengaruh pada rasa kue yang dibuat. Tahu sutera biasanya dipilihuntuk digunakan sebagai pengganti dalam resep yang seharusnya menggunakan banyak telur, seperti saat membuat brownies, quiches, atau bahkan simple bread.

Untuk mengganti satu butir telur dalam resep, masak secukupnya seperempat cangkir tahu sutera, lalu hancurkan. Tahu sutera siap menggantikan telur dalam kuemu.

Alpukat

pengganti telur
Sumber: pexels.com

Untuk membuat kue brownies yang lezat tanpa menyertakan telur di dalamnya, gunakan seperempat cangkir alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya. Perbandingan seperempat cangkir alpukat ini dianggap dapat menggantikan satu butir telur. Tekstur alpukat mirip dengan pisang, hanya saja tidak memberikan aroma yang wangi pada kue olahannya. Sebaiknya alpukat digunakan sebagai pengganti telur pada kue-kue yang tidak membutuhkan warna yang cantik dan bisa disamarkan dengan penggunaan coklat, misalnya.

Baking soda dan cuka

pengganti telur
Sumber: decoist.com

Fungsi telur sebagai pengembang, dapat juga digantikan dengan baking soda dan cuka. Kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengembangkan kue agar memiliki tekstur yang kokoh dan sempurna, misalnya dalam pembuatan roti. Campur lah satu sendok baking soda dengan satu sendok cuka untuk melepas karbondioksida sehingga dapat mengembangkan kue dengan sempurna.

Ener-G Egg Replacer

Ener-G Egg Replacer pic
Sumber: snapguide.com

Ener-G Egg Replacer adalah pengganti telur yang bisa diandalkan saat membuat kue yang dipanggang seperti kue kering. Terbuat dari tepung kentang dan tapioka, dan sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki alergi tertentu. Ener-G Egg Replacer ini untuk pengganti telur, juga bebas dari gluten, gandum, susu, dan ragi, serta kacang-kacangan. Namun, karena ini produk olahan pabrik, sebaiknya batasi penggunaannya. Ener-G Egg Replacer bisa ditemukan di toko yang menjual bahan kue.

Yang terpenting, pastikan bahan-bahan pengganti telur ini sesuai takaran ya supaya hasil masakan tetap enak. Selamat mencoba!

Related Articles