50 Film Kisah Nyata Terbaik yang Wajib Ditonton

Nov 10, 2017 by Indira Natasha

50 Film Kisah Nyata Terbaik Rekomendasi Miignon

Film kisah nyata, memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dinikmati para penonton. Tidak heran, jika para sineas di dunia bahkan Indonesia, berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai film kisah nyata. Apalagi film-film ini biasanya sangat inspiratif dan menyimpan banyak pelajaran berharga yang bisa kita petik. Berikut ini, Miignon telah merangkum 50 film kisah nyata yang benar-benar terjadi dan yang layak untuk kamu saksikan!

 

#1. Marie Antoinette (2006)

Film yang disutradarai oleh Sofia Coppola ini merupakan sebuah film biografi tentang kehidupan sang ratu Perancis dari balik istana Versailles yang megah. Berlatar belakang tahun 1770-an, film ini mengisahkan tentang rumah tangga Marie Antoinette (Kirsten Dunst) hingga kewajibannya memerintah negara Perancis di usia yang masih belia yaitu 19 tahun.

Kecintaannya terhadap fashion dan gaya hidup hura-huranya, mengundang amuk massa yang merupakan awal dimulainya Revolusi Perancis. Walaupun tersimpan kisah menyedihkan di kehidupan aslinya, film ini secara sempurna mampu menyuguhkan sosok Marie Antoinette yang lembut dan modis.

 

#2. Control (2007)

Control merupakan film kisah nyata biografi yang menceritakan kehidupan kelam sekaligus inspiratif dari vokalis band post punk, Joy Division, Ian Curtis. Dengan arahan dari Anton Corbijn (yang juga merupakan fotografer Joy Division), film ini dikemas secara apik dan memukau.

Semua di mulai ketika Ian Curtis (Sam Riley) memutuskan untuk menikah muda. Kemudian ia menghabiskan waktu dengan menulis puisi dan membentuk band yang kita kenal saat ini yaitu Joy Division. Di puncak kesuksesan, Ian mulai diterjang prahara rumah tangga yang membawanya ke dalam cinta segita. Problematika kehidupan, depresi, dan perjuangannya melawan penyakit epilepsi, membuat Ian mengakhiri hidupnya pada usia 23 tahun.

 

#3. The Pianist (2002)

Film kisah nyata mengharukan ini membawa kita larut pada zaman kekejaman Nazi di era 1940-an. Dimana tokoh utamanya, Wladyslaw Spilzman (Adrien Brody), sang pemain piano asal Polandia, berjuang keras untuk bertahan hidup di tengah incaran tentara Nazi.

Semasa hidup dalam persembunyian, ia menyaksikan banyak kekejaman yang mencekam, seperti teror, pembunuhan berantai, pembakaran massal, dan kelaparan yang terjadi dimana-mana. Perasaan haru dan kesepian yang di rasakan Spilzman saat itu, akan menyayat hati siapapun yang menonton film arahan Roman Polanski ini.

 

#4. Christiane F. (1981)

Sebagai saksi mata kehidupan kelam kota Berlin di tahun 1970, Christiane F. (Natja Brunckhorst) membawa kita berpetualang ke dalam kisah nyata mengerikan yang ia alami. Film kisah nyata asal Jerman ini bercerita mengenai kehidupan Christiane yang terjerumus ke dalam dunia obat-obatan hingga prostitusi di umur yang masih sangat belia yaitu 13 tahun.

Sebagai remaja labil yang tengah mencari kebebasan, ia pun mulai menjadi pecandu heroin. Bersama sekelompok teman dan kekasihnya, Detlev (Thomas Haustein), kehidupan Christiane semakin liar dan sulit untuk dikendalikan. Ia bahkan rela menjual tubuhnya demi mendapatkan heroin.

 

#5. The Danish Girl (2015)

Film kisah nyata yang dibintangi oleh pemenang Oscar asal Inggris, Eddie Redmayne ini mengisahkan sosok wanita transeksual pertama di dunia. Dia adalah Einar Wegener (yang kemudian menjadi Lili Elbe), seorang pelukis asal Denmark yang juga memiliki istri seorang pelukis bernama, Gerda Wegener (Alicia Vikander).

Semua berawal dari keisengan Gerda yang meminta Einar berpose sebagai model perempuan untuk sebuah lukisannya. Sempat menolak, namun Einar malah merasakan kembali ‘jiwa lamanya’ yang selama ini ia pendam. Einar pun kemudian memutuskan untuk menjadi wanita seutuhnya dengan melakukan operasi pergantian kelamin. Namun takdir berkata lain, operasi ini berujung komplikasi hebat yang membuat nyawa Einar melayang.

 

#6. The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything img

Kamu pecinta film romantis? Bearti jangan sampai melewatkan The Theory of Everything. Bagaikan sebuah simfoni yang manis, film ini bercerita mengenai romansa sang ilmuwan jenius, Stephen Hawking (Eddie Redmayne) bersama istrinya Jane Wilde (Felicity Jones).

Walaupun Stephen menderita ALS, yaitu semacam gangguan saraf motorik pada tubuh yang menyebabkan kelumpuhan, sang istri tetaplah mencintainya. Berbekal sinematografi yang indah hingga desain busana yang menawan, The Theory of Everything adalah sebuah kisah drama romantis yang akan membuat para wanita jatuh cinta.

 

#7. Temple Grandin (2010)

Walaupun Temple Grandin harus jatuh bangun karena menderita austisme sejak kecil, namun ia diberkahi kecerdasan yang luar biasa. Diperankan kembali oleh Clare Danes, ia berhasil mengadaptasi sosok Temple Gradin secara apik dan memukau.

Keberhasilan Grandin yang berakhir menjadi profesor di bidang ilmu hewan, tidak lepas dari kegigihan, kerja keras dan jasa Ibunya yang selalu mendukung dia untuk menuntut ilmu. Grandin membuktikan, bahwa orang sepertinya juga mampu menjadi orang hebat.

 

#8. The True Cost (2015)

Hasil investigasi tentang efek samping dari konsumsi pakaian murah atau fast fashion, tertuang dalam film dokumenter berjudul, The True Cost, oleh sineas bernama, Andrew Morgan.

Film kisah nyata yang sangat menyentuh sekaligus emosional ini akan mengubah cara pandang kamu terhadap industri fast fashion. Kamu akan tahu bagaimana merek pakaian seperti H&M, Nike, Zara dan lainnya mengeksploitasi negara-negara berkembang untuk menghasilkan keuntungan semata. Mulai dari keadaan pabrik, pekerja yang dibayar dengan upah minimum, hingga dampak buruk lingkungan yang disebabkan oleh fast fashion akan terkuak di dalam flm ini.

 

#9. Into The Wild (2007)

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pemuda kaya raya dan terpelajar bernama Christopher McCandless (Emile Hirsch). Ia merelakan semua kenikmatan duniawi yang ia miliki dan memilih pergi untuk melakukan petualangan spiritual ke alam bebas.

Perjalanan seorang diri yang hanya di temani mobil Datsun tuanya, memberikan banyak arti kehidupan yang lebih bergairah dan tidak pernah ia dapatkan sebelumnya. Walaupun Christopher merasakan kebahagian yang luar biasa dalam perjalanan tersebut, namun akhirnya ia ditemukan tak bernyawa di alam liar Alaska.

 

#10. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kisah nyata fenomenal dari Jepang ini. Yup, Hachi: A Dog’s Tale mengisahkan kesetiaan anjing yang luar biasa terhadap pemiliknya. Film kisah nyata ini pun mampu menyentuh hati para penonton hingga menitikkan air mata.

Hachiko adalah seekor anjing yang dirawat dengan penuh kasih sayang oleh seorang dosen bernama Parker Wilson (Richard Gere). Setiap hari, Hachi rela mengantar jemput Parker ke stasiun kereta api. Tapi naasnya, Parker meninggal dunia dan tidak pernah kembali ke stasiun. Namun dengan penuh kesabaran, Hachi menunggu tuannya hingga bertahun-tahun sampai ajal menjemputnya.

 

#11. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

Buat kamu pecinta band Nirvana, wajib banget nonton film dokumenter ini! Yep, Kurt Cobain: Montage of Heck, menceritakan kisah hidup sang vokalis, mulai dari kecil hingga menjadi rockstar ternama pada era 1990-an.

Kamu akan menyaksikan beragam dokumentasi kehidupan Kurt yang dimulai dari umur 5 tahun, menjadi suaminya Courtney Love, mempunyai anak bernama Frances Cobain hingga drama tragis saat ia meninggal muda pada tahun 1994. Uniknya lagi, film ini diproduseri oleh sang putri tercinta yang kini sudah tumbuh dewasa.

 

#12. The Miracle Worker (1962)

Film kisah nyata inspiratif ini menceritakan seorang anak perempuan bernama Hellen Keller (Patty duke) yang menderita tuli hingga kebutaan. Kepribadiannya pun berubah menjadi susah di atur, sering marah dan sulit untuk di ajak berkomunikasi.

Sadar akan kondisi Hellen yang memilukan, keluarga Hellen akhirnya mendapat bantuan dari seorang pengasuh bernama Anne Sullivan (Anne Bancroft). Berkat kegigihan dan kesebarannya melatih Hellen secara cukup keras, akhirnya Hellen tumbuh menjadi seorang perempuan berprestasi dan aktivis ternama yang kita kenal saat ini.

 

#13. Gie (2005)

Gie mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie (Nicholas Saputra), mahasiswa Universitas Indonesia yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

Film arahan Riri Reza ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Sukarno, dan perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan itu tercapai. Film ini pun diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran yang merupakan karya Gie sendiri.

 

#14. Catch Me If You Can (2002)

Film yang berasal dari true story nampaknya sudah jadi ‘makanan’ Leonardo DiCaprio. Setelah sukses dengan Titanic, ia menjajal peran utama dalam Catch Me If You Can. Film yang fenomenal pada jamannya ini bercerita tentang pria cerdas sekaligus penipu ulung bernama Frank Abagnale Jr.

Sejak muda ia sudah melakukan penipuan besar-besaran seperti pemalsuan cek hingga menjadi pilot dan dokter. Namun aksi nakalnya tercium oleh pihak kepolisian dan agen FBI bernama Hanrraty (Tom Hanks), yang kemudian ditugaskan untuk memburunya.

 

#15. The Sound of Music (1965)

The Sound of Music adalah film drama musikal yang sangat seru untuk ditonton. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang biarawati cerdas dan baik hati bernama Maria (Julie Andrews). Ia ditugaskan oleh gerejanya untuk merawat anak-anak dari duda perwira angkatan laut bernama Kapten Georg Ritter Von Trapp (Christopher Plummer).

Ke tujuh anak yang terbilang susah di atur ini berhasil ditaklukkan oleh Maria berkat kegigihan dan kecerdasannya. Ia bahkan mengajari mereka bernyanyi hingga bersandiwara. Sosok keibuan yang di miliki oleh Maria pun bahkan membuat sang Kapten menjadi jatuh hati.

 

#16. Habibie & Ainun (2012)

film kisah nyata Habibie & Ainun pic

Kisah cinta Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie (Reza Harardian)  bersama istrinya Ainun (Bunga Citra Lestari) , terekam manis dalam sebuah film kisah nyata berjudul Habibie & Ainun.

Setelah memutuskan untuk bersatu dalam pernikahan, mereka pun terbang ke Jerman. Segala pengorbanan, rasa cinta, sakit dan kesendirian mengiringi perjalanan kedua insan ini. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya dan mata untuk melihat hidupnya. Sedangkan bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Akankah cinta mereka terus abadi?

 

#17. Boys Don’t Cry (1999)

Tragis. Itulah kesan pertama yang akan kamu rasakan setelah menyaksikan film Boys Don’t Cry. Film drama romantis yang dibintangi oleh Hilary Swank dan Chloe Sevigny ini berkisah tentang seorang pria transgender asal Nebraska bernama Brandon Teena.

Dalam perjalanannya menemukan jati diri, ia jatuh cinta kepada Lana Tisdel yang tidak mengetahui orientasi seksualnya. Namun, teman-temannya tidak terima ketika mengetahui identitas Brandon yang sebenarnya adalah wanita. Merasa dibohongi, akhirnya nyawa Brandon Teena dihabisi secara keji. Yang semakin memilukan, cerita ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1993.

 

#18. Marsinah: Cry Justice (2001)

Marsinah: Cry Justice adalah sebuah film yang diangkat dari kisah tragis seorang aktivis dan buruh PT. Catur Putra Surya. Film ini di sutradarai oleh aktor sekaligus sutradara kenamaan Indonesia, Slamet Rahardjo.

Keberanian Marsinah dalam melakukan demonstrasi dan protes terhadap tempatnya bekerja, membuat ia di culik dan ditemukan tewas pada tahun 8 Mei 1993 di Sidoarjo. Film ini juga mengambarkan bagaimana pengambing hitaman beberapa pegawai pabrik atas pembunuhan Marsinah, kebrutalan para militer dan polisi yang main culik, serta hukum yang malah menjadi alat kekuasaan yang bengis.

 

#19. 127 hours (2010)

Apa yang kamu rasakan jika sampai terperangkap di celah tebing dan tidak bisa melarikan diri? Nah, ini adalah kisah nyata menegangkan yang dialami oleh Aron Ralston di Blue John Canyon.

Dimana ia harus berjuang seorang diri untuk mempertahankan nyawa dari balik tebing dan batu yang menghimpit tangannya.  Hanya ada dua pilihan saat itu, memotong tangan, atau pasrah pada nasib hingga menunggu ajal menjemput. Jika kamu penasaran, film yang di bintangi oleh James Franco ini tidak boleh kamu lewatkan.

 

#20. Laskar Pelangi (2008)

Diangkat dari kisah nyata, film inspiratif ini menceritakan tentang 10 anak dari keluarga miskin yang hidup di Belitung. Anak-anak ini mencoba meperbaiki masa depan mereka dengan semangat yang besar.

Film ini menyuguhkan kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi, serta indahnya persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia. Selain itu, keindahan lokasi pada film ini pun berhasil memukau siapapun yang menontonnya.

 

#21. The Pursuit of Happyness (2007)

Dimana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Petikan kalimat ini merupakan pelajaran penting yang bisa kita ambil dari film The Pursuit of Hapyness. Film yang dibintangi Will Smith bersama anaknya, Jaden Smith ini adalah sebuah film keluarga dari kisah nyata yang inspiratif sekaligus mengharukan.

Dikisahkan seorang salesman bernama Chris Gardner, harus berjuang melawan kerasnya kehidupan bersama buah hati kecilnya. Ia dan sang anak hidup dalam kepahitan dan kesengsaraan, sampai akhirnya Chris berhasil menjadi seorang pialang saham yang sukses.

 

#22. 3 Srikandi (2016)

3 Srikandi adalah sebuah film biopik dibawah arahan Iman Brotoseno. Film iniberkisah tentang tiga atlet panahan wanita asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade.

Dengan kerja keras dan kedisiplinan tinggi, sosok Donald Pandiangan (Reza Rahardian) di anggap mampu melatih ketiga atlet, Nurfitriyana Saiman (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani (Chelsea Islan) dan Kusuma Wardhani (Tara Basro) hingga mencapai puncak kesuksesan.

 

#23. The Social Network (2010)

Buat kamu yang suka main Facebook, pasti tau dong sejarah terbentuknya situs sosial terpopuler ini? Yep, film ini pun menceritakan kegigihan Mark Zuckerberg dalam membangun Facebook hingga seperti sekarang.

Dari film kisah nyata ini, kita bisa melihat bahwa ia sangat cerdik dalam memasarkan Facebook. Pada awal pembuatannya sendiri yang hanya beranggotakan mahasiswa Harvard, sampai akhirnya melakukan ekspansi hingga ke seluruh dunia.

 

#24. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

Film religi ini diangkat dari kisah Hanum Salsabiela Rais (Acha Septriasa), seorang jurnalis asal Indonesia yang menemani suaminya menjalani kuliah S3 di Vienna, Austria.

Berbagai kisah menarik muncul mengiringi perjalanan mereka selama disana. Tidak hanya karya seni ternama yang mereka jumpai, tetapi juga jejak-jejak Islam yang tersembunyi di Eropa. Film ini pun mengambil lokasi di 4 negara, yaitu Austria, Perancis, Spanyol dan Turki.

 

#25. The Vow (2012)

The Vow merupakan film drama romantis sekaligus memilukan yang di bintangi oleh Channing Tatum dan Rachel McAdams.

Di umur pernikahan yang baru menginjak 2 bulan, pasangan Leo dan Peige harus mengalami kecelakaan mobil yang serius. Kejadian itu membuat Peige koma dan hilang ingatan, termasuk kenangan bersama suaminya. Namun dengan penuh kesabaran, Leo tetap berusaha untuk mengembalikan ingatan sang istri. Film ini pun merupakan kisah nyata dari pasangan Kim dan Krickitt Carpenter.

 

#26. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Film kisah nyata ini di adaptasi dari kehidupan Merry Riana, perempuan asal Indonesia yang harus mengungsi ke negara Singapura demi mengamankan diri dari kekisruhan di tahun 1998.

Di negara ini, Merry (Chelsea Islan) bertekat untuk serius kuliah dan menjadi sukses agar tidak menyusahkan kedua orang tuanya. Dengan keuangan yang menipis, Merry terus bekerja keras hingga mampu mendapatkan satu juta dollar pertamanya di usia 26 tahun. Selain menceritakan perjuangan hidup, film ini juga dibumbui kisah cinta antara Merry dengan Alva yang diperankan oleh Dion Wiyoko.

 

#27. The Amityville Horror (1979)

Film klasik ini adalah salah satu film horror terseram yang wajib kamu tonton. Apalagi film ini berdasarkan kisah nyata dari pembunuhan yang terjadi di Amityville, New York oleh Ronald DeFeo Jr.

The Amityville Horror mengisahkan tentang keluarga George (James Brolin) dan Kathy Lutz (Margot Kidder) yang pindah ke rumah yang dulunya sempat terjadi pembunuhan. Setelah menghuni rumah tersebut, kejadian aneh dan menyeramkan mulai terjadi dan ikut mengganggu keluarga mereka. Mulai dari diganggu oleh setan hingga mayat berjalan yang bakal bikin kamu begidik ngeri.

 

#28. Rudy Habibie (2016)

Film arahan Hanung Bramantyo ini merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun. Film tersebut di bintangi oleh Reza Rahardian, Chelsea Islan, Ernest Prakarsa hingga Pandji Pragiwaksono.

Masa muda Habibie digambarkan secara epik dalam film kisah nyata ini, tepatnya ketika ia menempuh pendidikan di Jerman. Disana, ia juga bertemu dengan Ilona Ianovska, gadis asal Polandia yang sempat ia cintai sebelum akhirnya menikah dengan Ainun saat kembali ke Indonesia.

 

#29. Zodiac (2007)

Film ini bercerita tentang kisah pembunuh berantai yang disebut sebagai Zodiac. Ia menghantui daerah California pada akhir 1960-an sampai 1970-an. Namun sosok asli Zodiac yang sempat menghebohkan Amerika ini belum terungkap dan masih menjadi misteri hingga sekarang.

Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), seorang kartunis yang bekerja di sebuah media sangat terobsesi dengan kasus ini. Ia sampai melakukan beragam investigasi untuk bisa mengungkap identitas Zodiac yang kejam dan misterius tersebut.

 

#30. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

Mungkin belum banyak yang mengenal sosok pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto. Nah, di film ini kamu akan melihat perjuangannya dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia yang terjajah.

Film berdurasi 2 jam ini pun kembali di perankan oleh aktor kenamaan Indonesia, Reza Rahadian. Dan yang menariknya lagi, film ini diproduseri 6 orang sekaligus! Salah satunya adalah Christine Hakim.

 

#31. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Sosok asli tokoh Emily Rose bernama Anneliese Michel, seorang gadis asal Jerman yang didiagnosis dokter menderita Epilepsi setelah ia ditemukan kejang-kejang.

Namun, Anneliese semakin bersikap aneh seperti memakan laba-laba, menyalak seperti seekor anjing, hingga mememinum urinnya sendiri. Ia bahkan sering ketakutan di sekitar benda-benda keagamaan. Orang tuanya pun yakin bahwa ia telah dirasuki roh halus. Setelah dilakukan 40 kali pengusiran roh jahat, dan mengalami kerasukan selama 10 tahun, akhirnya ia meninggal dunia pada tahun 1976.

 

#32. Sang Pencerah (2010)

Di film bergenre drama religi ini, Lukman Sardi didapuk sebagai pemeran utama. Ia memerankan tokoh Ahmad Dahlan, yantu pendiri organisasi Islam, Muhammadiyah.

Film ini mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang belum banyak di ketahui publik. Selain mendirikan Muhammadiyah, lelaki tegas pendirian itu juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia. Ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka dan rasional.

 

#33. Becoming Jane (2007)

Film ini mengisahkan tentang masa muda Jane Austen (Anne Hathaway), seorang penulis asal Inggris yang terkenal di abad ke 18-19.

Kisah cintanya bersama calon pengacara bereputasi buruk, Thomas Lefroy (James McAvoy), tidaklah berjalan mulus. Dimana akhirnya, membuat mereka harus berpisah, dan Jane memutuskan untuk tidak menikah seumur hidup. Ia lebih memilih hidup bersama penanya sebagai penulis daripada harus menikah dengan lelaki lain yang tidak ia cintai.

 

#34. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara - film kisah nyata pic

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya A. Fuadi ini, merupakan kisah nyata  tentang perjalanan hidup beliau di masa mudanya.

Kisahnya bercerita tentang seorang remaja bernama Alif (Gazza Zubizareta) dan ke 5 orang temannya yang memiliki cita-cita untuk menjadi orang besar dan bermanfaat serta mampu menaklukan dunia, dari tanah Indonesia, Amerika, Eropa, hingga Afrika. Ikrar itu pun mereka lantangkan di bawah menara pondok pesantren Madani. Akankah mereka mampu mewujudkan impian tersebut?

 

#35. Gia (1998)

Gia adalah sebuah film biografi tentang supermodel Amerika bernama lengkap Gia Marie Carangi (Angelina Jolie). Ia begitu populer di dunia fashion pada era 1970 hingga 1980-an.

Wajah cantiknya bahkan sering menghiasi majalah fashion ternama seperti Vogue hingga Cosmopolitan. Namun, kecanduannya terhadap obat-obatan, membuat karier Gia hancur dalam sekejap. Ia juga terjangkit virus HIV yang merenggut nyawanya di usia 26 tahun.

 

#36. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Mengisahkan tentang perjuangan seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias, yang di kenal pandai dan berbakti kepada orang tua.

Ia mempunyai impian besar yaitu mendapatkan pendidikan yang layak dan meraih cita-citanya. Cerita ini sendiri merupakan adaptasi dari sebuah kisah nyata anak Papua yang bernama Janias. Tak hanya kisah perjuangannya yang terekam apik di film ini, namun juga keindahan lokasi yang diambil langsung dari Papua.

 

#37. A Beautiful Mind (2001)

John Nash (Russel Crowe) adalah seorang ahli matematika jenius sekaligus peraih Nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994. Disisi lain, ia mengidap skizofrenia yang membuatnya hidup dalam halusinasi dan selalu dibayangi oleh ketakutan.

Akibat penyakit ini, John Nash terus menerus mengalami kehidupan yang campur aduk hingga membuat sang istri, Alicia Larde (Jennifer Connelly) membawanya ke rumah sakit jiwa untuk diobati.

 

#38. The Runaways (2010)

Setelah The Twiglight Saga, Kristen Stewart dan Dakota Fanning kembali dipertemukan dalam sebuah film biografi tentang musik berjudul, The Runaways.

Film ini bercerita awal mula terbentuknya band rock wanita yang eksis di tahun 1970-an. Alur cerita film berdurasi 106 menit ini juga mengisahkan hubungan antar member yaitu Cherie Currie dan Joan Jett. Seiring berjalannya waktu, The Runaways mulai diterpa banyak masalah dan perdebatan. Sampai akhirnya sang vokalis, Currie meninggalkan band.

 

#39. The September Issue (2009)

Ini adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan proses pembuatan majalah fashion Vogue untuk edisi khusus bulan September. Yup, edisi yang sangat penting dan dinanti para pecinta mode ini memiliki tebal hingga 820 halaman pada tahun 2007!

Edisi Vogue setiap bulan September juga sangat spesial, karena edisi ini merupakan pembuka isu mode yang akan mempengaruhi mayoritas dunia fashion dalam setahun kedepannya. Selain itu, di film ini kamu juga akan lebih mengenal sosok Anna Wintour, editor-in-chief majalah Vogue, sekaligus orang yang paling berpengaruh dalam dunia fashion.

 

#40. The Diving Bell and The Butterfly (2007)

Ini merupakan sebuah kisah mengharukan yang diangkat dari buku biografi karya Jean-Dominique Bauby. Dia merupakan seorang editor majalah fashion ternama, Elle, yang menderita stroke pada tahun 1995.

Penyakit tersebut membuat seluruh anggota tubuhnya menjadi lumpuh, kecuali mata kirinya. Alhasil, ia harus terus berjuang dalam menjalani hidup walaupun hanya mengandalkan mata kiri yang masih berfungsi. Karya ini juga menggambarkan secara rinci tentang kehidupannya sebelum ia terjangkit stroke. Perjuangan keras dan semangat positif yang begitu kental, bisa turut kita rasakan dari film ini.

 

#41. Touching The Void (2003)

Film ini cocok banget buat para traveler atau pecinta alam. Diangkat dari sebuah kisah nyata yang menegangkan, dua orang pendaki bernama Joe Simpson (Brendan Mackey) dan Simon Yates (Nicholas Aaron) harus bertarung melawan maut dari atas gunung es Siula Grande di Peru pada tahun 1985.

Pada awal perjalanan menaklukan puncak gunung tersebut, semua berjalan dengan lancar. Namun ketika perjalanan turun, ekpedisi mereka berubah menjadi perjuangan hidup yang benar-benar bikin putus asa!

 

#42. 12 Years a Slave (2013)

Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor) adalah seorang warga negara Amerika kulit hitam yang mempunyai kehidupan layak di New York  bersama keluarga kecilnya.

Namun kebahagian yang ia miliki harus berujung tragis, ketika ia menjadi korban penculikan dan dijual sebagai budak di New Orleans. Solomon pun harus bertahan hidup dalam perbudakan selama bertahun-tahun. Keinginan terbesarnya hanya satu, yaitu kembali hidup normal bersama istri dan kedua anaknya.

 

#43. The Wolf of Wall Street (2013)

Film kisah tentang keserakahan manusia ini, diangkat dari kisah seorang pialang saham ternama di Amerika yaitu, Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio).

Bersama dengan Donnie Azoff (Jonah Hill), mereka bekerjasama untuk membangun perusahaan yang akhirnya membuat mereka sukses dan bergelimpangan harta. Namun, karena bisnis yang dijalankan ternyata illegal, mereka jatuh ke dalam lubang korupsi hingga kasus kejahatan yang membuat Jordan harus mendekam di balik penjara.

 

#44. Schindler’s List (1993)

Schindler’s List merupakan film yang mengisahkan riwayat Oskar Schindler (Liam Neeson), seorang pengusaha Jerman yang berperan besar dalam menyelamatkan nyawa ribuan orang Yahudi Polandia pada masa Holocaust.

Film tahun 1993 yang dibalut warna hitam-putih ini, menjadi saksi kekejaman pasukan Nazi pada jamannya. Oskar pun tidak tega melihat begitu banyaknya warga Yahudi yang harus menderita. Berbagai usaha ia lakukan, agar para warga tersebut selamat dari tangan kejam tentara Nazi. Dibawah arahan Steven Spielberg, film ini mampu membawa pulang 7 piala Oscar sekaligus dan menjadikan karyanya sebagai salah satu film terbaik di dunia.

 

#45. The Imitation Game (2014)

Film kisah nyata kehidupan seorang ahli matematika dan komputer asal Inggris, Alan Turing (Benedict Cumberbatch), akan bisa kamu saksikan di film ini. Alan adalah salah satu orang yang berperan penting dalam memenangkan perang untuk sekutu pada perang dunia kedua.

Kala itu ia menciptakan sebuah alat yang dapat memecah kode Enigma legendaris Jerman. Berkat alat tersebut, Inggris dapat mengetahui sasaran Jerman dalam melakukan serangan. Namun karier cemerlangnya pun merosot, dikarenakan ia didakwa telah melakukan ketidaksenonohan dengan mengaku sebagai seorang homoseksual, yang dianggap sebagai tindak pidana mada masa itu.

 

#46. Dallas Buyers Club (2013)

Gimana perasaanmu jika didiagnosis mengidap HIV/AIDS? Pasti antara tidak percaya, depresi, bahkan mungkin kehilangan semangat hidup. Ini juga yang dirasakan oleh Ron Woodroof (Matthew McConaughey), pria berkebangsaan Amerika yang tak menyangka akan menderita HIV pada tahun 1986.

Bebannya semakin berat ketika menurut dokter, kesempatan hidupnya hanya tinggal 30 hari. Namun dalam kondisi lemah, ia mulai mencari obat-obatan illegal yang bisa menyembuhkan dirinya. Tak disangka, obat-obatan itu pun mujarab dan dapat memperpanjang umur Ron. Mulailah ia mengedarkan obat-obatan illegal tersebut kepada penderita HIV lainnya dengan mendirikan “Dallas Buyers Club”.

 

#47. The Beatles: Eight Days a Week (2016)

Siapa yang tidak kenal The Beatles? Grup band legendaris yang memiliki lagu-lagu terbaik sepanjang masa ini, bisa kamu kenang kembali lewat film dokumenter arahan Ron Howard.

Dokumenter ini menyuguhkan rangkaian konser mereka dari tahun 1963 hingga 1969, termasuk titik balik berbagai hal, mulai dari kejenuhan hingga gaya bermusik mereka. Nostalgia ini pun dibawakan secara emosional lewat deretan footage klasik. Disini, kita juga bisa melihat keahlian mereka dalam menciptakan lirik dan melodi yang berkualitas, kekompakan di atas panggung, hingga membuat para gadis tergila-gila.

 

#48. Genius (2016)

Jika anda berminat untuk menonton film kisah nyata yang cerdas tentang seorang penulis, mungkin film Genius ini adalah jawabannya.

Film drama biografi ini mengisahkan sebuah kisah mengharukan tentang persahabatan yang kompleks dan hubungan profesional transformatif antara editor buku ternama dunia, Max Perkins (Colin Firth) dan penulis novel, Thomas Wolfe (Jude Law). Max tidak hanya mengawasi tulisan sahabatnya saja, namun ia juga berperan sebagai editor beberapa sastrawan terkenal lainnya seperti Ernest Hemingway (Dominic West) dan juga F. Scott Fitzgerald (Guy Pearce).

 

#49. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

Surat Kecil untuk Tuhan pic

Film kisah nyata mengharukan ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak SMP bernama Keke (Dinda Hauw) yang menderita sakit kanker jaringan lunak (rhabdomyosarcoma) pertama di Indonesia.

Sang Ayah (Alex Komang) tidak pernah berhenti untuk melakukan segala cara agar anaknya kembali sehat. Walau kemudian ia sempat dinyatakan sembuh, kanker ganas ini pun kembali menyerang hingga merenggut nyawa Keke.

 

#50. Prayers for Bobby (2009)

film dari kisah nyata

Film yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 1993 ini, menceritakan tentang pemuda gay bernama Bobby (Ryan Kelley), yang hidup dalam keluarga yang taat terhadap agama.

Sang ibu, Mary Griffith (Sigourney Weaver), tidak bisa menerima orientasi seksual anaknya dan melakukan segala cara agar dia bisa ‘sembuh’. Bahkan ibunya sampai mengucapkan bahwa ia tidak sudi mempunyai anak ‘pendosa’. Bobby pun semakin merasa tertekan dan merasa dikucilkan, ditambah kisah asmaranya yang tidak berjalan mulus, akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan tragis.

 

Related Articles