5 Tips Ayurveda Diet Yang Berguna Untuk Menurunkan Berat Badan

Nov 10, 2017 by Alifah Puarada

Ayurveda adalah ilmu kuno dari India untuk kesehatan dan panjang umur. Selain mengajarkan itu, kita juga bisa menggunakannya untuk menurunkan berat badan loh. Diet Ayurveda bukan diet untuk kamu yang membutuhkan hasil secepatnya. Ini lebih ke proses yang panjang tapi stabil.

Ayurveda berasal dari dua suku kata Sansekerta yaitu “Ayur” yang artinya kehidupan atau umur panjang dan “Veda” yang berarti ilmu.

Strategi diet Ayurveda yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi makanan alami dan sehat. Ini sangat mudah dan jika dilakukan dengan benar, akan sangat efektif. Jadi kalo kamu ingin memulai diet sehat untuk hasil yang permanen dan nggak keberatan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, ini adalah diet yang tepat untukmu.

Berikut 5 tips yang bisa kita telaah dari diet Ayurveda untuk menurunkan berat badan secara alami dan efektif.

Baca juga : Ayurveda Diet, Menjaga Pola Makan Sesuai Dengan Bentuk Tubuhmu

ayurveda diet alami pic

Tips Ayurveda Diet #1 Selalu Minum Air dengan Campuran Lemon dan Madu di Pagi Hari

Usahakan minum 1-2 gelas air hangat dengan jeruk nipis/lemon dan madu di pagi hari. Minuman ini akan meningkatkan keseluruhan sistem pencernaan kita, mendetoksifikasi tubuh dan membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kondisi fisik kita.

Tips Ayurveda Diet #2  Lada Hitam

Ok, sepintas ini terdengar aneh. Lada hitam untuk menurunkan berat badan? Hell yes, minum air putih dengan bubuk lada hitam saat perut kosong akan meningkatkan kesehatan sekaligus membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Tips Ayuverda Diet #3 Makan Tiga Kali Sehari

Makan sekali sehari akan menurunkan berat badan dengan cepat, tapi kamu juga akan gampang naik begitu kamu makan dengan pola normal. Makan sering dengan porsi kecil juga membuat perutmu jadi nggak punya waktu istirahat, kecuali kamu punya gula darah rendah.

Cobalah makan tiga kali sehari – misalnya, sarapan pagi (makan berukuran sedang) antara pukul 07.30 sampai 09.00, makan siang (makan paling besar) sekitar pukul 11:00 dan 2:00 siang, dan makan malam (makan paling kecil) antara pukul 17:30 dan 20:00 – saat pencernaanmu paling lemah.

Tips Ayurveda Diet #4 Tidur Cepat dan Bangun Pagi

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi adalah rahasia hidup sehat dan bahagia. Ini juga membuat kamu lebih produktif dan ini juga bagus untuk berat badanmu.

Tubuh kita dirancang untuk bangun pagi dan tidur cepat. Kalo menurut kepercayaan Islam, setelah sholat Isya sebaiknya tidak lama setelahnya langsung tidur. Ya nggak usah habis Isya juga sih, intinya adalah dengan mengikuti ritme alami tubuh kita akan menyeimbangkan hormon utama kita. Dan ini sangat baik untuk kesehatan kita dan tau nggak sih? Semakin baik tidur kita (dalam waktu yang cukup aka 7-8 jam sehari), semakin cepat kamu bisa menurunkan berat badanmu karena tubuh kita bekerja untuk itu saat kita tidur.

Tips Ayurveda Diet #5 Makanan Musiman

Makanan musiman (sayur dan buah) sangat bagus untuk kesehatan kita karena saat musim panen itulah makanan berlimpah (jadi dijual murah) dan masih segar-segar banget. Enak? Pastinya. Kita juga jadi punya variasi makanan.

Baca juga :  9 Aturan Umum Bagi Kamu Yang Menjalankan Diet Ayuverda

Related Articles