5 Novel Remaja yang Bikin Kamu Lebih Mencintai dan Menghargai Tubuhmu

May 22, 2018 by Larissa

Terkadang kita berpikir kita memiliki banyak kekurangan. Kita merasa tidak puas akan apa yang diberikan pada kita dan terkadang merasa iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Terutama masalah tubuh kita. Pendek, gemuk, berjerawat, kulit hitam, kulit berjerawat, dan sebagainya dianggap sebagai ketidaksempurnaan. Padahal, kamu tentunya harus mencintai tubuhmu sendiri sebelum kamu mencintai orang lain. Untuk membuatmu lebih percaya diri dan menghargai tubuhmu, coba deh baca 5 novel fiksi remaja ini yang membuatmu lebih mencintai dirimu.

 

1. Dumplin

Goodreads

Dumplin menceritakan kisah seorang perempuan bernama Will yang sangat percaya diri dengan tubuh gemuknya meski dia ibunya adalah ratu kecantikan dan sahabat-sahabatnya memiliki badan bak model. Namun, ketika dia bertemu dengan lelaki tampan, Bo, di tempatnya bekerja paruh waktu, kepercayaan dirinya meredup. Padahal Bo sangat menyukainya dan menunjukkan ketertarikan untuk berkencan dengan Will. Tapi kenapa bukannya tambah percaya diri, Will malah tambah minder dan ingin mengubah dirinya?

2. Eleanor & Park

Goodreads

Eleanor mengira dia tidak akan pernah jatuh cinta karena penampilannya yang tidak enak dipandang, bahkan bagi dirinya sendiri. Menurut Eleanor, dirinya yang gemuk, berambut keriting lebat, dan wajah berbintik-bintik tidak pantas menjadi pusat perhatian. Tapi itu semua berubah saat Eleanor bertemu Park di bus sekolahnya. Sejak itu, Eleanor dan Park menjalani persahabatan dan perlahan saling memiliki rasa terhadap satu sama lain. Tapi, apakah mereka tetap bisa bersama saat teman-teman sekolahnya terus menerus mengejek penampilan Eleanor?

3. The DUFF: Designated Ugly Fat Friend

Goodreads

Menurut Bianca, dirinya sama sekali tidak cantik, apalagi jika dibandingkan dengan dua sahabatnya yang merupakan cewek-cewek tercantik di sekolahnya. Terlebih, cowok keren yang dibencinya, Wesley, menganggap Bianca adalah “The Duff” di antara genknya, alias teman yang jelek dan gemuk. Karena itu, wajar saja menurut Bianca tambah membenci Wesley. Tapi perasaannya berubah ketika dia semakin dekat dengan Wesley dan tahu bahwa cowok itu tidaklah sempurna. Bianca pun belajar kalau penampilan luar bukanlah segalanya.

4. Holding Up the Universe

novel remaja Holding Up the Universe img
Goodreads

Libby dikenal sebagai “Remaja Tergemuk Se-Amerika” dan orang-orang tidak pernah mau mengenal dia lebih jauh daripada julukan yang diberikan padanya itu. Mereka hanya ingin melihat penampilan luar Libby saja. Memasuki bangku SMA, Libby memutuskan untuk memulai hidupnya yang baru. Tapi, ternyata masa SMA-nya tidak seperti yang dia inginkan. Dia terus menjadi objek ledekan temannya dan bahkan menjadi objek permainan kejam, yang membuatnya bertemu dengan cowok bernama Jack.

5. The Upside of Unrequited

novel remaja The Upside of Unrequited img
Goodreads

Molly sudah sangat terbiasa patah hati karena dia sudah berkali-kali jatuh cinta, meskipun dia tidak pernah mengutarakan cintanya. Bagaimana tidak? Molly adalah cewek gemuk dan dia yakin dia tidak akan pernah dipandang oleh gebetan-gebetannya, apalagi dipacari. Tapi, saat kembaran Molly dapat pacar dan pacar kembarannya itu punya sahabat yang tampan, Molly langsung naksir. Bahkan Molly berpikir dia mungkin berani untuk mengutarakan perasannya.

Related Articles