5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

May 31, 2018 by Gabriella Sakareza

Di Indonesia sendiri, puasa hanya dijalani selama kurang lebih 12 jam. Itu pun terkadang sulit bagi beberapa orang karena menganggapnya terlalu untuk menahan lapar dan haus. Tapi sepertinya kita harus bersyukur nih dapat waktu hanya kurang lebih 12 jam puasa, karena ternyata ada beberapa negara yang lebih lama waktu puasanya, bahkan hampir 24 jam!

Ya, di berbagai negara lain di dunia ini memiliki jangka waktu yang lama untuk berpuasa. Negara apa saja yang puasanya lebih lama dari Indonesia? Berikut ini adalah 5 negara yang mengalami puasa terlama!

5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

1. Islandia

puasa terlama irlandia img
source: enciety.com

Islandia merupakan negara dengan penduduk Muslim terkecil di dunia, sekitar 0,3 persen atau sebanyak 770 orang penduduk Islandia yang beragama Muslim. Di sana, umat Muslim melakukan puasa selama 22 jam sehari lho! Mereka mulai sahur Pukul 02.00 dan berbuka puasa pada Pukul 24.00 waktu setempat.

2. Swedia

Setelah Irlandia, Swedia jadi negara selanjutnya yang mencatat rekor dengan puasa terlama, yaitu sekitar 20 jam. Mereka memulai sahur pada Pukul 02.30 dan berbuka puasa pada Pukul 22.00. Di Swedia sendiri, ada sekitar 5 persen penduduk Muslim atau sebanyak 500.000 penduduk yang beragama Muslim. Tantangan di sana adalah cuacanya yang panas saat melakukan ibadah puasa.

3. Alaska

puasa terlama alaska img
source: liveaboard.com

Ada yang unik dalam kebiasaan berpuasa dari negara yang memiliki julukan Land of the Midnight Sun ini. Di sini, terdapat 2 kebiasaan dalam melaksanakan puasa.

Pertama, umat Muslim melakukan puasa mengikuti waktu Mekkah, yaitu 15 jam sehari. Namun, sebagian lagi, ada yang mengikuti waktu setempat, di mana saat musim panas mereka bisa berpuasa sampai 20 jam dan saat musim dingin hanya 5 jam.

Jadwal puasa ini sudah sesuai lho dengan keputusan Dewan Masjid Alaska yang mengikuti fatwa Dar al-Ifta al Misriyyah, lembaga hukum Islam yang berpusat di Kairo. Perbedaan yang ada tidak membuat umat Muslim di sana renggang, malah semakin menyatukan komunitas umat Muslim di Alaska.

4. Inggris

Negara yang memiliki jumlah umat Muslim sebanyak 2,7 juta penduduk ini melakukan ibadah puasa selama 18 jam setiap harinya. Hal ini disebabkan karena bulan puasa bersamaan dengan musim panas terpanjang di Inggris.

5. Jerman

source: cnn.com

Sama dengan Inggris, penduduk Muslim di Jerman melakukan puasa selama 18 jam, dimulai saat Sahur pada Pukul 04.00 dan berbuka puasa pada Pukul 22.00. Saat berpuasa, tidak ada aktivitas khusus yang dilaksanakan, mereka tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Walaupun hawa panas menjadi cobaan umat Muslim di Inggris, namun, besarnya toleransi beragama di antara penduduknya membuat umat Muslim dapat beribadah dengan lancar.

Baca juga

Ini Solusinya Bau Mulut Mengganggu Saat Puasa

Tetap Berseri Jalani Puasa Seharian Tanpa Dehidrasi, 12 Jam No Problem!

Related Articles