5 Jenis Eyeliner, Yang Mana Paling Tepat Untukmu ?

Mar 07, 2017 by Alifah Puarada

Garis mata atau eyeliner sudah menjadi keharusan dalam ritual makeup. Menggunakan eyeliner membuat mata jadi lebih hidup dan terdefinisi. Zaman sekarang, eyeliner adalah barang umum yang hampir setiap wanita punya.

Tahukah kamu, kalau eyeliner sudah ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi ? Pada masa itu, para perempuan Mesir Kuno memberikan warna hijau di bawah kelopak mata, menggelapkan bulu mata, dan mewarnai kelopak mata menggunakan kohl. Pada abad pertama, para perempuan Romawi mulai gemar menggunakan kohl untuk mempercantik mata mereka. Hingga kemudian kohl sebagai eyeliner ini semakin populer. Pada tahun 50an, aktris Audrey Hepburn mulai memperkenalkan rias mata cat eye yang populer sampai sekarang.

Bukan cuma cat eye, gaya eyeliner sekarang sangat beragam. Kalau dikategorikan ada gaya klasik thin line, winged, arabian (eyeliner hitam membingkai mata penuh), dan fantasi (kreasi tidak terbatas). Setiap gaya eyeliner memerlukan jenis eyeliner yang berbeda pula.

Jenis eyeliner apa yang tepat ? Yuk, simak penuturan di bawah ini !

Pilihan Jenis Eyeliner yang Cocok Untukmu

Pensil

Karakteristik : berbentuk seperti pensil, perlu diraut supaya leadnya tetap kondusif. Tapi sekarang banyak juga yang sistemnya retractable, tinggal diputar tanpa perlu diraut. Bentuknya yang ergonomis dan mudah dikontrol membuat eyeliner jenis pensil pilihan paling mudah bagi pemula.

Eyeliner pensil yang ideal adalah yang leadnya empuk creamy dan pigmentasinya bagus. Namun seringnya pensil eyeliner yang terlalu empuk punya masalah susah diraut.

Cocok untuk : memberi garis pada waterline, mengisi tightline, membuat efek smudged eyeliner.

Liquid

Karakteristik : produk berbentuk cairan pekat. Biasanya dikemas dalam pot yang disertai aplikator pada tutupnya. Ada yang menghasilkan finish glossy, ada yang matte, bahkan glittery. Eyeliner liquid populer untuk riasan glamor karena dapat menghasilkan garis mata yang tegas.

Kelebihan liquid eyeliner adalah ketahanannya terhadap air, keringat, dan gesekan. Selain itu juga karena pigmentasinya yang sangat pekat. Namun kekurangannya, aplikator bawaan liquid eyeliner biasanya kurang ergonomis sehingga cukup sulit bagi pemula untuk mengaplikasikannya. Selain itu adalah eyeliner model begini biasanya sulit dikoreksi jika salah merias. Kekurangan lainnya juga eyeliner jenis liquid memiliki POA (Period After Open/masa pakai) hanya tiga bulan.

Cocok untuk : melukis cat eye, winged, eyeliner fantasi, juga untuk menutupi lem bulu mata di atas tightline.

Gel

jenis eyeliner Gel img

Karakteristik : teksturnya agak padat, biasanya dijual dalam kemasan jar kecil dan disertai kuas. Kelebihan eyeliner jenis gel adalah pigmentasinya yang bagus, cenderung tebal, namun hasilnya terlihat natural. Penggunaannya pun relatif lebih mudah. Kekurangannya, gel eyeliner cenderung lebih cepat kering ketika terpapar udara. Dan jika sudah mulai mengering, hasilnya tidak bagus lagi.

Cocok untuk : mengisi tightline, membuat garis mata tebal, atau melukis eyeliner bergaya Arabian.

Pen

Karakteristik : aslinya eyeliner liquid yang dimodifikasi menjadi kemasan mirip spidol. Karena bentuknya menyerupai pen atau spidol, tentu lebih ergonomis sehingga mengaplikasikan eyeliner jadi lebih mudah. Ujung eyeliner biasanya berbentuk felt tip yang kecil dan fleksibel. Pen eyeliner ini menggabungkan kelebihan eyeliner pensil dan liquid sekaligus.

Cocok untuk : membuat garis sangat tipis, melukis detail.

Powder

Powder Eyeliner pic

Karakteristik : bentuknya bubuk, seperti loose powder namun dijual dalam kemasan kecil yang kadang mirip kemasan eyeliner liquid. Orang-orang zaman dahulu menyebutnya “celak”. Kenapa orang-orang zaman dulu ? Karena eyeliner model begini sudah populer sejakgenerasi sebelumnya.

Biasanya aplikator powder eyeliner kaku keras dan kurang nyaman. Pigmentasinya pun tidak sebagus pen atau gel eyeliner. Namun justru bagus untuk pemula karena bisa dibuild pelan-pelan. Eyeliner powder begini juga tidak waterproof, smudgeproof, atau sweatproof.

Related Articles