5 Jajanan Indonesia Yang Murmer Tapi Ikonik!

Apr 18, 2018 by Gabriella Sakareza

Pasti kamu tahu kan kalau kuliner Indonesia itu begitu banyak dan beragam? Bahkan sampai ke luar negeri pun makanan Indonesia memang tetap tidak ada duanya. Termasuk juga jajanan Indonesia. Tidak hanya makanan berat seperti rendang dan nasi goreng saja kok yang hits, jajanan Indonesia juga!

Banyak juga jajanan Indonesia yang pastinya tidak akan kamu temui di manapun. Apalagi kalau jajanan kecil yang biasanya sering kamu temui di sekolah-sekolah, atau di pinggir-pinggir jalan stasiun, terminal atau manapun.

Apa saja ya jajanan Indonesia yang begitu hits dan ikonik? Ini dia!

5 Jajanan Indonesia Yang Murmer Tapi Ikonik

1. Es Campur

source: tripadvisor.com

Secara umum, es campur merupakan makanan dingin berisikan blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu. Biasanya, beda daerah beda pula bahan isi yang digunakan dalam es campur.

Di Medan, es campur berisi kacang merah, pacar cina, dan biji delima. Sedangkan, di Jakarta, es campur diberi tambahan daging buah kelapa dan tapai singkong. Tapi di manapun kamu menikmatinya, rasanya pasti sangat segar, apalagi kalau dinikmati di bawah terik matahari!

2. Es Dawet

jajanan indonesia es dawet img
source” farlys.com

Semangkuk es dawet biasanya disajikan dengan berbagai campuran seperti santan, gula merah, tape, mutiara, agar-agar maupun janggelan. Minuman ini menjadi beberapa ciri khas menu daerah seperti es dawet khas Banjarnegara, Purworejo hingga Solo.

Bahkan sebenarnya beberapa daerah juga mengenal es dawet karena ada banyak perantau dari daerah asal yang menjual es dawet. Tapi es dawet tidak hanya menyegarkan saat musim panas, ternyata es dawet juga menjadi minuman yang sehat dan memiliki banyak manfaat.

3. Cilok dan Cimol

source: njajan.com

Cilok dan Cimol sebenarnya adalah makanan berbasis bahan dasar aci. Namun, cara memasaknya berbeda dan bumbu pendampingnya pun juga berbeda. Cilok artinya aci dicolok, berbentuk bulat dan dimasak dengan cara direbus/dikukus.  Disajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusuk sate, cilok bisa dinikmati dengan saus bumbu kacang maupun kecap, saus dan sambal.

Sedangkan cimol, yang singkatan dari aci digemol, yang memiliki arti bahan tepung kanji (aci) yang dan dibentuk bulat dan digoreng. Cara menikmati cimol biasanya menggunakan bumbu kacang, atau bumbu sambal kering dicampur penyedap rasa. Lapisan luar memang kering, sedangkan bagian dalam cimol sangat kenyal ketika dikunyah di dalam mulut.

4. Martabak

jajanan indonesia martabak img
source: masteresep.com

Makanan berbahan dasar telur ini mungkin kalau dipikir secara logika, harusnya bisa dibuat dimana saja. Namun tetap saja, begitu mendengar kata martabak pasti kamu langsung teringat Indonesia. Biasanya, martabak dinikmati dengan dua jenis, yaitu martabak telur dan martabak manis.

Kini, martabak manis sudah semakin banyak variannya. Tidak hanya coklat, keju dan kacang, tapi sudah bisa dibuat dengan rasa ovomaltine, red velvet, green tea, cadburry, dan lain sebagainya. Dan dengan macam varian tersebut, kamu hanya bisa benar-benar menikmatinya di Indonesia!

5. Telur Gulung

jajanan indonesia cilung img
source: cookpad.com

Sekarang sudah mulai banyak yang menjual telur gulung dengan aneka variasi. Jajanan ini dibuat sangat sederhana, hanya berbahan telur ayam, garam dan tusuk lidi dengan proses menggoreng dengan gaya memutar.

Tak semua orang bisa membuat telur gulung. Diperlukan teknik khusus untuk membuatnya. Beberapa penjual mengatakan telurnya dikocok hingga berbuih dan dituang di atas minyak dan digulung. Minyaknya juga jangan terlalu panas agar mudah digulung.

Baca juga

6 Jajanan Hits Jakarta di Tahun 2018

5 Resep Jajanan Homemade Enak Sehat Ketimbang Beli di Pinggir Jalan

Related Articles