5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Memutuskan Mengakhiri Hubungan

Apr 20, 2018 by Larissa

Tanpa bisa dicegah, setiap hubungan pasti akan mencapai titik poin di mana kamu akan mulai berpikir “kenapa hubungan ini tidak seperti sebelumnya?”. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti hubungan yang sudah berlangsung sangat lama, kamu tak henti-hentinya bertengkar, atau si pacar sudah mulai berubah. Mau tidak mau, kamu harus menyadari kalau hubungan pasti akan berubah suatu waktu. Tapi, bukan berarti kamu harus menyerah hanya karena sedikit masalah. Lakukan 5 hal ini sebelum kamu memutuskan mengakhiri hubunganmu.

 

Hal yang kamu fikirkan sebelum memutuskan mengakhiri hubungan dengan pasangan :

1. Bicarakan dengan pacarmu

Hal ini terlihat simpel tapi sebenarnya paling jarang dilakukan. Banyak sekali pasangan yang memendam semua unek-unek mereka saat masalah terjadi hingga akhirnya menumpuk dan membuat mereka meledak. Jangan pikir masalah akan selesai jika kamu tidak menyuarakannya. Malahan, kebalikannya akan terjadi. Antara masalah itu akan semakin memburuk dan tak bisa diperbaiki atau kamu menjadi menjauhi dirimu dari pasanganmu. Karena itu, cobalah bicara dengan pacarmu dengan jujur tentang bagaimana perasaanmu terhadap masalah yang mengusikmu. Biarkan dia mengerti dan kalian bisa membuat solusi bersama sebelum pasanganmu memilih untuk memutuskan mengakhiri hubungan.

 

2. Mencari akar permasalahan

Tanyakan pada dirimu sendiri, apa sebenarnya yang menjadi masalah. Lihatlah hubunganmu dengan secara keseluruhan, dan ketahui apakah masalah itu akan membawa masalah yang lebih besar jika dibiarkan. Banyak sebenarnya masalah yang bersifat sementara dan apakah kamu bisa mengontrolnya atau tidak. Untuk menjawab itu mungkin dibutuhkan waktu, tapi setidaknya kamu jadi bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Jika akar permasalahan sudah diketahui, kamu akan bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang tepat.

 

3. Buatlah perubahan

Perubahan sering kali merupakan sesuatu yang sehat. Pasangan yang menikah hingga 50 tahun lamanya pun tidak menjalani hubungan yang begitu-begitu saja. Karena itu, kamu harus tahu bahwa hubungan tidak akan sama karena kamu dan dirinya pun tumbuh menjadi lebih dewasa setiap harinya. Tidak hanya secara fisik, tapi juga secara mental, emosi, dan spiritual. Jika kamu menginginkan pacarmu terus bersikap dan bersifat sama, itu berarti kamu tidak adil karena setiap manusia wajar untuk berubah. Asalkan perubahan itu baik. Justru, perubahan itu adalah hal baik. Jika pacarmu tetap menjadi orang yang sama selama bertahun-tahun, kamu mungkin akan bosan dan berfikir untuk mengakhiri hubungan.

 

4. Ingat apa yang membuatmu mencintainya

Sama seperti kamu sedang menjalani sesuatu yang berat, kamu sebaiknya mengingat kenapa kamu memulai hal itu. Begitu juga dalam hubungan. Jika kamu mulai merasa hubunganmu berat, atau pacarmu mulai berubah, ingatlah saat-saat pertama kamu jatuh hati padanya. Terkadang monotoni dan masalah dalam suatu hubungan bisa membuat orang-orang lupa akan apa yang terjadi pada awal mula. Untuk menjaga “spark” yang muncul saat pertama kali pacaran memang bukan hal yang mudah. Kedua belah pihak tentunya harus sadar sebuah hubungan membutuhkan usaha. Karena itu, ingatlah masa-masa awal kalian saling jatuh cinta, dan mungkin kalian bisa menumbuhkan rasa itu kembali.

 

5. Bayangkan masa depan tanpanya

Berhentilah sejenak dan pikirkan masa depanmu dengan si dia dan tanpa si dia. Perhatikan perasaan apa yang muncul dalam hatimu saat membayangkan keduanya dan bandingkan. Apakah kamu merasa lebih bahagia saat membayangkan hidup dengannya atau tanpanya? Apakah kamu merasakan kekecewaan dan amarah saat membayangkan terus bersamanya atau jika putus dengannya? Percayalah, cara ini sangat ampuh untuk mengetahui apakah keputusanmu untuk meninggalkannya tepat atau tidak.

Related Articles