5 Cara Pintar dan Elegan Menghadapi Catcalling

Feb 24, 2017 by Kanya Anindita

Hingga saat ini, catcalling masih dianggap sesuatu yang biasa terjadi di jalan atau di tempat umum ketika seorang wanita sedang berjalan baik seorang diri maupun dalam grup. Karena dianggap sebagai sesuatu yang lumrah, orang-orang lupa bahwa catcalling merupakan salah satu tindakan pelecehan seksual kepada kaum wanita. Para pria yang melihat seorang wanita berjalan sendirian menganggap seolah wanita tersebut memang berharap untuk digodai oleh pria-pria yang sedang duduk di pinggir jalan. Bahkan, kaum wanita pun mulai mewajarkan hal ini, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melakukan perlawanan apapun.

Mungkin kebanyakan wanita memilih untuk diam ketika mereka menghadapi catcalling, sebab mereka khawatir akan mendapatkan pelecehan yang lebih parah dari itu. Mereka juga cenderung takut bila mereka mengalami tndakan kekerasan dari para pria yang menggoda mereka. Karena, budaya tercela ini terus dibiarkan, akhirnya masyarakat cenderung lebih menuntut wanita untuk waspada, lebih berhati-hati, dan menjaga kesopanan mereka dalam berpakaian. Sementara pria tidak diberi edukasi mengenai cara menghormati wanita. Sayang sekali, bukan?

Ladies, kini saatnya kita untuk mulai menghapus budaya tercela ini dari kehidupan kita dengan menunjukkan keberanian kita kepada para pria yang melakukan tindakan tidak terpuji ini. Jangan cuma pasrah dan berdiam diri, karena ternyata ada cara-cara pintar dan elegan dalam menghadapi catcalling seperti berikut ini.

Cara Pintar dan Elegan Menghadapi Catcalling

1. Berhenti dan tatap mata orang-orang yang menggodamu beberapa saat lalu melangkah dengan percaya diri.

tatap dengan PD img
Sumber: giphy.com

Ketika kamu mengalami catcalling, mungkin kamu akan lebih memilih untuk cuek dan menghindar dari para pria yang mengganggumu. Tetapi, bila kamu terus diam, kejadian tersebut akan tetap berulang di lain waktu. Ini karena mereka menganggap bahwa kamu merasa baik-baik saja saat mereka menggodamu. Padahal kalau mau jujur, tentunya kamu merasa ingin marah kan? Mulai sekarang, bila hal ini terjadi padamu, cobalah untuk berhenti sejenak dan berani menatap mata mereka dengan tajam. Setelah itu, berjalanlah dengan santai dan percaya diri. Ini akan membuat mereka terdiam dan kamu pun akan merasa lebih baik.

2. Jika mereka memberimu “pujian”, “puji” mereka kembali.

pujian sarkastik pic
Sumber: imgix.net

Memang terkadang para pria melakukan catcalling dengan memuji kelebihan yang kamu punya, seperti betapa manisnya senyummu atau betapa indahnya rambutmu. Tapi, please, jangan pernah terkesan dengan semua rayuan gombal itu, karena yang mereka lakukan itu justru merendahkan, bukan memuji. Jika mereka memberikan “compliment” untukmu, coba lemparkan sebuah “compliment” bernada sarkastik, misalnya begini; “terima kasih, kamu juga keren kalau kamu punya respek.”

3. Rekam mereka dan katakan bahwa kamu akan mengirim video tersebut ke orang tua mereka.

rekam dan ancam saat menghadapi catcalling img
Sumber: fansshare.com

Yang paling menjengkelkan adalah ketika mereka menggodamu beramai-ramai. Tindakan seperti ini selain melecehkan juga menunjukkan betapa pengecutnya mereka. Bila kamu mengalami jenis catcalling seperti ini, jangan takut untuk mengeluarkan kamera dan merekam aksi mereka. Katakan juga pada mereka bahwa kamu akan mengirim video tersebut ke orang tua mereka untuk menunjukkan apa yang telah dilakukan anak-anak mereka terhadap wanita. Jangan takut untuk dikasari, karena sudah pasti mereka akan terkejut dengan sifat beranimu itu. Kamu juga bisa merekam sambil menjauhi mereka, sehingga kamu bisa berlari jika mereka menghampirimu. You can always fight!

4. Membuat mereka malu dengan sindiran yang singkat, padat, dan jelas.

sindiri dengan kalimat singkat img
Sumber: Tumblr

Jika mereka terus menggoda demi mendapatkan perhatianmu, cobalah jawab mereka dengan sebuah sindiran yang pedas. Pastikan bahwa kamu tidak melakukan ceramah atau mengajak mereka berdebat, karena itu hanya akan membuang-buang waktumu (dan kemungkinan mereka malah akan merasa terhibur). Tetapi, kamu cukup mengeluarkan sebuah kalimat pendek seperti, “Saya harap kamu tidak punya ibu atau saudara perempuan.” Kalimat ambigu seperti ini akan membuat mereka diam dan berpikir, kemudian merasa malu setelah mereka mengerti maksudnya.

5. Minta mereka untuk menjaga pandangan dan perilaku mereka.

mengadapi catcalling mintalah mereka bersikap sopan pic
Sumber: notjustrich.com

Ketimbang menuntut kaum wanita untuk pandai menjaga diri mereka saat berada di tempat umum sendirian, mengapa tidak memberikan edukasi bagi kaum pria mengenai cara menghormati wanita? Kalau hal ini masih belum direalisasikan, kamu bisa memulainya sekarang. Ketika mereka melontarkan kata-kata bernada seksisme, melecehkan, atau mengganggu, kamu bisa meminta mereka untuk menjaga pandangan dan perilaku mereka. Mungkin mereka akan tetap menggodamu, tetapi setidaknya kamu sudah melakukan pembelaan terhadap dirimu sekaligus mengajarkan mereka untuk menjaga pandangan dan perilaku.

Jika kamu menghadapi catcalling yang berujung pada tindakan kekerasan baik verbal maupun fisik, jangan ragu untuk segera melaporkannya ke pihak berwajib. Kamu juga bisa membagikan ceritamu itu ke media sosial untuk menginspirasi wanita-wanita lain yang mungkin juga mengalami hal yang sama sepertimu sekaligus mengedukasi kaum pria demi mewujudkan kehidupan sosial yang lebih baik.

Related Articles