5 Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Vegetarian

Oct 11, 2017 by carmelw

Saat kamu memutuskan untuk memulai gaya hidup sebagai seorang vegetarian, itu artinya kamu mengambil keputusan untuk menjalani hidup lebih sehat bersama sayur dan buah-buahan. Memang sih, awalnya akan terasa sangat berat dan menantang. Apalagi jika kamu memang doyan mengkonsumsi makanan-makanan enak dan berdaging.

Tapi sebenarnya menjadi seorang vegetarian tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Asalkan kamu rajin untuk mencari tahu bagaimana cara mudah untuk memulainya dan tetap berkomitmen untuk menjalankan pilihan hidup sehatmu secara konstan.

Nah, untuk membantumu mencari tahu bagaimana cara memulai gaya hidup vegetarian, berikut ini tips yang bisa kamu pelajari sebelumnya.

Tips Memulai Gaya Hidup Vegetarian

Punya alasan dan motivasi yang kuat

vegetarian
Sumber: pixabay.com

Mengubah gaya hidup dari yang terbiasa mengkonsumsi makanan berdaging lalu kemudian beralih ke sayur dan buah-buahan memang membutuhkan motivasi yang kuat. Tidak bisa hanya sekedar mengikuti tren yang sedang berkembang saja. Untuk bisa berkomitmen dalam menjalankannya, sangatlah penting untuk mencari tahu alasan paling kuat yang mendorong kamu untuk menjadi seorang vegetarian. Jika hal ini sudah bisa ditemukan, tentunya akan lebih mudah untuk menjalaninya ke tahap yang lebih lanjut.

Carilah informasi sebanyak mungkin

cari informasi sebanyak mungkin img
Sumber: pexels.com

Sebelum memulainya, sebaiknya kamu mencari tahu banyak informasi tentang panduan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan gaya hidup vegetarian termasuk apa keuntungan jika menjalaninya. Bacalah referensi-referensi bagus yang ada di internet atau kamu bisa membeli buku-buku bertema vegetarian supaya kamu tidak kaget saat sudah masuk menjalaninya.

Apalagi di jaman sekarang ini, banyak komunitas atau grup-grup yang berisi para pelaku gaya hidup vegetarian yang terbentuk di media sosial. Di sana kamu dapat saling bertukar informasi untuk mengetahui bagaimana tips, resep, dan berbagai hal yang dapat membuatmu lebih termotivasi.

Praktekkan resep olahan sayur yang enak

vegetarian
Sumber: pexels.com

Sebenarnya banyak lho, olahan makanan tradisional Indonesia yang sangat mendukung untuk pola hidup vegetarian ini, misalnya gado-gado, urap-urap, lalapan, pecel, dan lain sebagainya. Namun, supaya tidak membosankan, cari dan praktekkan berbagai resep olahan sayur yang enak di internet. Cobalah berbagai variasi masakan, dan tetapkan daftar menu yang akan kamu konsumsi secara teratur. Dengan semakin banyaknya resep baru yang kamu temukan, tidak akan adalagi alasan untuk menghentikan gaya hidup sehat sebagai vegetarian hanya karena alasan bosan.

Mulailah secara bertahap

vegetarian
Sumber: pexels.com

Untuk mempermudah mengawali gaya hidup vegetarian, mulailah mengurangi daging-dagingan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak kaget dengan perubahan yang ada dan bisa melakukan penyesuaian. Awalilah dengan mengurangi makanan yang terbuat dari daging merah (golongan berkaki empat). Kemudian dilanjutkan dengan daging lainnya seperti hewan berkaki dua, kemudian hewan laut, dan berbagai olahan turunannya. Termasuk telur, kuah kaldu dan minyak yang telah dipakai untuk menggoreng makanan hewani.

Buat kamu yang mungkin kangen dengan makanan berdaging, saat ini banyak restoran-restoran yang menyajikan makanan tiruan yang hampir mirip dengan aslinya. Biasanya makanan tiruan tersebut dibuat dari bahan pengganti seperti jamur ataupun tepung yang diolah dengan baik hingga rasanya menyerupai daging bebek, empal, sate ayam, dll. Buat pemula, makanan tiruan ini bisa jadi satu cara untuk beradaptasi, lho.

Hindari makanan kemasan dan cepat saji

hindari makanan cepat saji - vegetarian img
Sumber: pexels.com

Menjadi seorang vegetarian bukan berarti hanya mengubah menu dari golongan berdaging ke menu sayuran saja. Tetapi juga menghindari makanan kemasan olahan pabrik dan makanan cepat saji yang meskipun terlihat praktis tetapi juga tidak menyehatkan. Cobalah untuk tetap konsisten dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, protein kedelai, dan makanan bergizi lainnya.

So, ternyata nggak terlalu sulit ya Girls untuk memulai menjalani pola hidup sehat demi kesehatan di masa mendatang. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Related Articles