5 Bahan Alami Ampuh Mengusir Ketombe dan Gatal Pada Kulit Kepala

Mar 13, 2017 by carmelw

Salah satu penyebab kurangnya percaya diri pada seorang perempuan adalah ketika mendapati ketombe pada rambutnya. Si putih dandruff yang berupa serpihan kulit mati berwarna putih atau keabu-abuan dan kadang berminyak dapat terlihat dengan jelas  saat menempel pada rambut dan seringkali  berjatuhan di bahu dan akan terlihat sangat jelas apalagi ketika kita sedang mengenakan baju yang berwarna gelap.  

Selain menyebabkan rasa kurang percaya diri karena kehadirannya, biasanya ketombe diikuti dengan rasa gatal yang muncul di kulit kepala yang membuat kita kurang bebas dalam beraktivitas.  Memang sih ketombe ini tidak menular, tetapi harus diwaspadai karena merupakan salah satu masalah pada kulit kepala.

Salah satu hal utama yang menjadi penyebab utama munculnya ketombe adalah pertumbuhan jamur malassezia. Hal ini dipengaruhi oleh kebersihan kulit kepala yang buruk, adanya luka terbuka, dan daya tahan tubuh yang melemah. Selain itu, beberapa kondisi bisa membuat ketombe makin parah. Pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan, mengalami stres, dan terlalu sering atau jarang mencuci rambut bisa berisiko memperparah ketombe yang muncul.

Biasanya penderita ketombe mempercayakan pengendalian ketombe dengan menggunakan shampo anti dandruff, yang kadangkala juga tidak terlalu manjur sehingga membuat kita harus seringkali berganti merk. Alih-alih si ketombe hilang, malah ketidakcocokan bahan yang ada dalam shampo malah membuat ketombe semakin bandel dan mengganggu.

Nah, buat kamu yang sedang resah dengan kehadiran ketombe ini, cobalah untuk melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami ini. Disamping mudah untuk memperolehnya, juga aman bagi kulit kepala dan rambut karena tidak mengandung zat kimia apapun.

Perawatan Alami Untuk Kulit Kepala

Lemon

buah lemon pic
Sumber: twinkleclean.co

Lemon memiliki tingkat keasaman yang dapat membantu menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Hal ini akan mencegah jamur tinggal di kulit kepala dan menghasilkan ketombe. Selain itu lemon juga berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat secara langsung membunuh jamur penyebab ketombe.

Daun pandan

pandan leaves
Sumber: seriouseats.com

Selain dikenal sebagai penyedap dalam membuat kue atau masakan, ternyata daun pandan ini juga ampuh mengendalikan ketombe di kulit kepalamu. Hal ini karena daun pandan  memiliki kandungan mineral alami yang berkhasiat untuk menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya.

Minyak kelapa

Coconut milk and coconut oil on wooden table
Sumber: well-beingsecrets.com

Dipercaya  dapat membantu menghilangkan ketombe dari rambutmu, karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Disamping itu  minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut.

Bawang

bawang
Sumber: dreamicus.com

Memiliki kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada rambut. Namun, tidak banyak yang menyukai cara ini karena bau bawang yang cukup tajam, padahal cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan ketombe. Kalau kamu ingin mencoba menggunakan bawang sebagai perawatan, campurkan jahe danmadu dalam larutannya untuk mengurangi rasa tajam pada bawang.

Jahe

jahe untuk merawat kulit kepala pic
Sumber: authoritynutrition.com

Jahe sering digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe karena memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala yang dapat mengakibatkan ketombe dan menghambat pertumbuhan jamur. Di samping itu jahe juga berkhasiat dalam meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sehingga memicu pertumbuhan rambut yang baru.

Selain ke 5 bahan alami yang disebutkan diatas, yang paling penting dalam perawatan kulit kepala yang berketombe adalah dengan cara :

  1. Rutin mencuci rambut  agar menyegarkan folikel rambut, mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala, dan mencegah bertumpuknya sel-sel kulit kepala yang mati.
  2. Hindari terlalu sering penggunaan produk hair styling seperti gel, spray, dan juga penggunaan hair dryer (pengering rambut) yang dapat membuat kulit kepala kering dan mudah mengelupas.
  3. Diet sehat yang seimbang dan olahraga secara teratur. Nutrisi yang tepat dan olahraga secara teratur adalah dua hal yang paling penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, termasuk dalam mencegah munculnya ketombe.

Jika permasalahan ketombe masih saja membandel dan makin meresahkan, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep untuk mengendalikan jamur di kulit kepalamu. Selamat mencoba !

Related Articles