5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadikan India sebagai Destinasi Travel

Mar 14, 2017 by Kanya Anindita

Jalan-jalan ke negara-negara Asia seperti Cina, Jepang, dan Korea sudah bukan sesuatu yang baru lagi bagi para pecinta traveling di Indonesia. Maklum saja, sejak dulu negara-negara tersebut memang sangat populer di kalangan traveler. Akan tetapi, nggak semua traveler mampu mengakomodasi tiket dan biaya hidup di negara-negara tersebut. Sayangnya, banyak orang Indonesia yang gemar ikut-ikutan dalam hal traveling. Hanya karena gengsi atau demi dibilang keren, mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk pergi ke negara-negara yang nggak benar-benar ingin mereka kunjungi. Sayang sekali, bukan?

Jika kamu sudah bosan pada destinasi travel yang mainstream dan nggak mau sekedar ikut-ikutan, bagaimana bila kali ini kamu pilih satu tujuan wisata yang berbeda? Salah satu negara Asia yang nggak kalah eksotis dan pastinya nggak terlalu menguras kantong adalah India. India adalah salah satu negara yang jarang dikunjungi oleh turis asal Indonesia. Padahal, India menyimpan sejuta pesona yang nggak bisa ditemukan di negara-negara lain. Penasaran apa saja daya tarik India untuk para penjelajah? Berikut ini adalah lima alasan mengapa kamu harus menjadikan India sebagai destinasi travel jika kamu mengaku sebagai traveler sejati.

5 Alasan India Sebagai Destinasi Travel

1. Keindahan dan keunikan budayanya

Sumber: indi-eye.com

Meskipun India didominasi oleh penganut agama Hindu, namun negara berkembang ini juga memiliki beragam kebudayaan lainnya sangat menarik untuk dipelajari. Selain Hindu, kebudayaan di India juga banyak dipengaruhi oleh agama Budha, Islam, Sikh, Kristen, dan Jainisme. Orang-orang Hindu di India punya tradisi yang berbeda dengan orang-orang Hindu di Bali. Nggak cukup meniliknya di film-film dokumenter tentang India yang ada di YouTube, kamu juga perlu mengunjungi India untuk benar-benar mempelajari kebudayaannya. Yang pasti, kamu akan bisa mendapatkan pengalaman yang sama seperti saat kamu berada di negara-negara lain, termasuk di Indonesia.

2. Keberagaman kulinenya

destinasi travel dengan beragam kuliner img
Sumber: secretfoodtours.com

Nggak melulu masakan berbumbu kari, kuliner India lebih dari itu. Kuliner khas di sana bervariasi di setiap daerah, mirip seperti di Indonesia. Misalnya, makanan khas di Delhi, India Utara, lebih mirip dengan makanan khas Timur Tengah. Roti parantha (roti isi) dan kabab (kebab) merupakan makanan yang populer di India Utara. Sementara di Goa,  India Barat, aneka makanan laut menjadi kuliner khas daerah tropis tersebut. Bagi para pecinta makanan manis, kamu bisa menemukan berbagai toko yang menjajakan makanan-makanan manis khas India, seperti gulab jamun (manisan yang terbuat dari susu), jalebi (mirip pretzel), dan kulfi (es krim khas India) di hampir setiap kota.

3. Ada banyak festival

Sumber: Insight India

India adalah surganya festival.  Ada banyak festival yang bisa disaksikan dan bahkan ikut dirayakan oleh para turis sepanjang tahun. Festival yang paling populer di kalangan turis adalah Holi atau disebut juga dengan Festival Warna. Satu hari menjelang festival ini, orang-orang akan berkumpul dan membuat api unggun berukuran besar yang melambangkan Holika (sosok jahat dalam kepercayaan Hindu) dan saat hari perayaan Holi tiba, mereka akan saling melemparkan bubuk warna-warni kepada satu sama lain sebagai simbolis dalam merayakan kematian Holika. Festival Holi ini berlangsung di bulan Maret (dengan tanggal yang berbeda setiap tahun).

4. Ada berbagai pemandangan alam yang menakjubkan

pemandangan alam menakjubkan pic
Sumber: Wish Bone India

India memiliki semua jenis pemandangan alam yang ingin kamu lihat. Jika kamu menyukai pantai, kamu bisa pergi ke Goa, Gujarat, dan Kerala yang terletak di bagian barat India atau ke Odisha dan Bengal Barat di bagian timur India. Sedangkan bila kamu lebih menyukai pegunungan, kamu bisa melihat pemandangan atau melakukan tracking di Himalaya yang terletak di Himachal Pradesh, India Utara. Di sana kamu juga bisa mengunjungi kuil Dalai Lama dan bertemu dengannyalho!

5. Biaya hidup di sana murah

biaya hidup murah img
Sumber: chriswtanner.com

Yang terakhir dan nggak kalah penting, biaya hidup di India terbilang murah dan bahkan lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup di Indonesia. Ada banyak hotel dan homestay dengan harga murah di sana. Soal makanan, kamu nggak perlu khawatir untuk boros, karena harga makanan di sana sangat ramah di kantong. Transportasi di sana juga murah kok, asal kamu pintar menawar dan nggak asal menerima harga yang dipatok oleh si pengemudi (karena biasanya mereka mematok harga tinggi untuk para turis).

Kurang apa lagi coba? Jadi semakin ingin pergi ke India, kan?

 

Related Articles