5 AKTIVITAS KEREN UNTUK FRESH GRADUATES

Feb 24, 2017 by Alifah Puarada

aktivitas fresh graduates img

Sebelum lulus kuliah, sebagian besar di antara kamu pasti sudah membuat ancang-ancang akan langsung melamar kerja ke mana. Sehabis wisuda langsung diterima bekerja. Begitu keinginan sebagian besar mahasiswa.

Akan tetapi menurut riset LinkedIn, hanya 15 % fresh graduates yang langsung diterima kerja usai lulus kuliah. Sebagian besar lulusan baru justru harus menjadi pengangguran selama beberapa waktu.

Jika kamu salah satu fresh graduates yang belum diterima kerja, tidak perlu malu. Kamu tidak sendirian kok. Kamu bisa memanfaatkan waktu senggangmu untuk melakukan hal-hal bermanfaat sehingga waktumu tidak habis sia-sia. Kalau masih bingung mau melakukan apa, di bawah ini ada beberapa alternatif aktivitas yang bisa kamu pertimbangkan sebelum mendapat pekerjaan. Selain bermanfaat, beberapa aktivitas di bawah ini juga keren loh.

Daftar Aktivitas Keren Sebagai Fresh Graduates

Kursus

Kalau selama masa kuliah waktumu habis untuk mengerjakan tugas dan haha hihi bersama teman, sekarang giliran kamu mengembangkan bakat. Kamu bisa kursus bahasa asing, kursus desain grafis, atau kursus bela diri. Selain menambah keterampilan juga nantinya berguna untuk mempercantik resume kamu. Semakin banyak skill kamu semakin tinggi juga daya saing kamu di dunia kerja nanti.

Jangan lupa pilih yang sesuai minat kamu ya ! Apapun pilihan kamu, yang penting lakukan dengan sungguh-sungguh.

Magang atau Kerja Part Time

Kamu yang tidak sabar ingin memasuki dunia kerja, bisa mengikuti program magang yang biasanya digelar perusahaan-perusahaan. Jika belum berani kamu bisa numpang magang di perusahaan oom atau tante kamu.

Nikmati saja walaupun tugas kamu nanti kelihatan sepele. Kamu tetap bisa mempelajari seluk beluk dunia kerja. Pengalaman magang ini juga bisa menjadi nilai tambah di resume kamu nanti.

Alternatif lain, kamu bisa coba-coba bekerja part time. Menjadi shop assistant di konter kecantikan atau waitres di restoran cepat saji. Tidak perlu malu. Kamu bisa belajar banyak hal dari bekerja part time : belajar bergaul, belajar kerja tim, belajar disiplin, belajar cekatan, dan belajar rendah hati.

Menulis

Nah, kalau ini khusus untuk kamu yang suka menulis. Kamu bisa menjadi content writer di berbagai website atau portal online untuk menyalurkan kegemaran menulis kamu. Selain menyalurkan hobi, kamu juga akan mendapat bayaran loh. Lumayan untuk jajan.

Sebagai fresh graduates, kamu juga bisa menulis di blog kamu sendiri. Sambil menulis sambil membangun blog. Selama mengembangkan blog, kamu bisa bergabung di berbagai komunitas bloger untuk belajar bersama. Banyak kesempatan bisa kamu dapatkan dari blogging, mulai dari mengikuti event peluncuran produk, mengikuti lomba blog, atau kesempatan jalan-jalan gratis. Siapa tahu kamu menjadi blogger profesional. Tidak perlu mencari kerja lagi ‘kan ?

Voluntary

Mau melatih jiwa sosial kamu ? Ini jawabannya. Kamu bisa bergabung menjadi relawan di komunitas tertentu yang sesuai dengan minat kamu. Kegiatan voluntary mungkin akan menghabiskan waktu kamu, tapi tentu saja tidak percuma karena banyak sekali yang bisa kamu pelajari. Kamu akan mengenal banyak orang dari berbagai kalangan. Kamu akan belajar bertahan di kondisi yang tidak kondusif (di pengungsian, misalnya). Rasa empati kamu pun akan semakin besar setelah menjadi relawan.

Atau yang paling minim resiko, kamu bisa mencoba menjadi relawan di panti asuhan di daerah sekitarmu atau di sekolah-sekolah di pinggir kota. Kalau niatmu baik, hasilnya akan baik juga.

Travelling

Buat kamu yang biaya bukan masalah, travelling keliling Indonesia akan menyenangkan. Mumpung sedang ada waktu luang, kenapa tidak menjelajah negeri sendiri ? Jangan lupa dokumentasikan kegiatan travelling kamu, siapa tahu direkrut perusahaan wisata.

Related Articles